Rodja Peduli

Shahiih Al-Bukhaari

Bab Kekhawatiran Seorang Mukmin bila Amalnya Terhapus tanpa Sadar – Hadits 48-49 – Kitab Shahih Bukhari (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

By  |  pukul 9:00 am

Terakhir diperbaharui: Jumat, 03 Juni 2016 pukul 10:32 am

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=19606

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Download ceramah agama dari Kitab Shahih Bukhari yang dibahas dan dikaji oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam. Ceramah agama dan kajian ini membahas hadits-hadits shahih yang terdapat di dalam Kitab Shahih Al-Bukhari. Kitab yang yang sangat populer dan merupakan salah satu kitab paling shahih setelah Al-Quran.

Pada kajian kali ini Ustadz Badrusalam akan membawakan pembahasan tentang “Bab Kekhawatiran Seorang Mukmin bila Amalnya Terhapus tanpa Sadar (Hadits 48-49)“. Kajian ini beliau sampaikan pada Rabu pagi, 7 Jumadal Akhirah 1437 / 16 Maret 2016 di Radio Rodja dan RodjaTV.

Download juga kajian sebelumnya: “Bab Zakat Bagian dari Islam dan Bab Mengiringi Jenazah Bagian dari Iman (Hadits 46-47)

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Kitab Shahih Bukhari

Bab Kekhawatiran Seorang Mukmin bila Amalnya Terhapus tanpa Sadar (Hadits 48-49)

Penjelasan tentang “Bab Kekhawatiran Seorang Mukmin bila Amalnya Terhapus tanpa Sadar” ini merujuk kepada hadits ke-48 dan hadits ke-49 dari kitabul iman.
Hadits ke-48 tersebut adalah:

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَرْعَرَةَ قَالَ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ زُبَيْدٍ قَالَ سَأَلْتُ أَبَا وَائِلٍ عَنْ الْمُرْجِئَةِ فَقَالَ حَدَّثَنِي عَبْدُ اللَّهِ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ سِبَابُ الْمُسْلِمِ فُسُوقٌ وَقِتَالُهُ كُفْرٌ

Baca Juga:
Hukum-Hukum Pakaian dan Hijab Wanita - Bagian ke-3 - Tuntunan Praktis Fiqih Wanita (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)

“Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin ‘Ar’arah berkata, Telah menceritakan kepada kami Syu’bah dari Zubaid berkata: Aku bertanya kepada Abu Wa’il tentang Murji`ah, maka dia menjawab: Telah menceritakan kepadaku Abdullah bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “mencerca orang muslim adalah fasiq dan memeranginya adalah kufur”.”

Kemudian, penjelasan tentang Hadits ke-49 tersebut adalah:

أَخْبَرَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ بْنُ جَعْفَرٍ عَنْ حُمَيْدٍ حَدَّثَنِي أَنَسُ بْنُ مَالِكٍ قَالَ أَخْبَرَنِي عُبَادَةُ بْنُ الصَّامِتِ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خَرَجَ يُخْبِرُ بِلَيْلَةِ الْقَدْرِ فَتَلَاحَى رَجُلَانِ مِنْ الْمُسْلِمِينَ فَقَالَ إِنِّي خَرَجْتُ لِأُخْبِرَكُمْ بِلَيْلَةِ الْقَدْرِ وَإِنَّهُ تَلَاحَى فُلَانٌ وَفُلَانٌ فَرُفِعَتْ وَعَسَى أَنْ يَكُونَ خَيْرًا لَكُمْ الْتَمِسُوهَا فِي السَّبْعِ وَالتِّسْعِ وَالْخَمْسِ

“Telah mengabarkan kepada kami Qutaibah bin Sa’id Telah menceritakan kepada kami Isma’il bin Ja’far dari Humaid, Telah menceritakan kepadaku Anas bin Malik berkata, telah mengabarkan kepadaku ‘Ubadah bin Ash Shamit, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam keluar untuk menjelaskan tentang Lailatul Qodar, lalu ada dua orang muslimin saling berdebat. Maka Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Aku datang untuk menjelaskan Lailatul Qodar kepada kalian, namun fulan dan fulan saling berdebat sehingga akhirnya diangkat (lailatul qodar), dan semoga menjadi lebih baik buat kalian, maka itu intailah (lailatul qodar) itu pada hari yang ketujuh, enam dan lima”.”

Baca Juga:
Mengenal Nama Allah Al-Hasib dan Al-Karim - Kitab Mausu'ah Fiqh Al-Qulub (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

Simak penjelasan tentang bab-bab di atas dengan mendownload rekaman ceramah agama ini sekarang juga atau Anda bisa mendengarkannya langsung melalui player yang tersedia.

Download Kajian Kitab Shahih Bukhari: Bab Kekhawatiran Seorang Mukmin bila Amalnya Terhapus tanpa Sadar (Hadits 48-49)

Jangan lupa untuk ikut membagikan link download kajian ini ke Facebook, Twitter, dan Google+. Insya Allah bermanfaat bagi saudara Muslimin dan bagi amal ibadah kita.

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.