Telegram Rodja Official

Shahiih Al-Bukhaari

Bab Pertanyaan Malaikat Jibril kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang Iman, Islam, Ihsan, dan Hari Kiamat – Hadits 50 – Kitab Shahih Bukhari (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

By  |  pukul 8:30 am

Terakhir diperbaharui: Jumat, 03 Juni 2016 pukul 10:32 am

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=19725

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Download ceramah agama dari Kitab Shahih Bukhari yang dibahas dan dikaji oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam. Ceramah agama dan kajian ini membahas hadits-hadits shahih yang terdapat di dalam Kitab Shahih Al-Bukhari. Kitab yang yang sangat populer dan merupakan salah satu kitab paling shahih setelah Al-Quran.

Pada kajian kali ini Ustadz Badrusalam akan membawakan pembahasan tentang “Bab Pertanyaan Malaikat Jibril kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang Iman, Islam, Ihsan, dan Hari Kiamat (Hadits 50)“. Kajian ini beliau sampaikan pada Rabu pagi, 14 Jumadal Akhirah 1437 / 23 Maret 2016 di Radio Rodja dan RodjaTV.

Download juga kajian sebelumnya: “Bab Kekhawatiran Seorang Mukmin bila Amalnya Terhapus tanpa Sadar (Hadits 48-49)

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Kitab Shahih Bukhari

Bab Pertanyaan Malaikat Jibril kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang Iman, Islam, Ihsan, dan Hari Kiamat (Hadits 50)

Penjelasan tentang “Bab Pertanyaan Malaikat Jibril kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang Iman, Islam, Ihsan, dan Hari Kiamat” ini merujuk kepada hadits ke-50 dan hadits ke-51 dari kitabul iman.
Hadits ke-50 tersebut adalah:

Baca Juga:
Ajaran Madzhab Imam Syafi'i yang Ditinggalkan: Larangan Pengagungan Kuburan, Bid'ahnya Tahlilan, dan Haramnya Ngalap Berkah yang Tidak Syar'i (Ustadz Abu Abdil Muhsin Firanda Andirja, M.A.)

حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ قَالَ حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ أَخْبَرَنَا أَبُو حَيَّانَ التَّيْمِيُّ عَنْ أَبِي زُرْعَةَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَارِزًا يَوْمًا لِلنَّاسِ فَأَتَاهُ جِبْرِيلُ فَقَالَ مَا الْإِيمَانُ قَالَ الْإِيمَانُ أَنْ تُؤْمِنَ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَبِلِقَائِهِ وَرُسُلِهِ وَتُؤْمِنَ بِالْبَعْثِ قَالَ مَا الْإِسْلَامُ قَالَ الْإِسْلَامُ أَنْ تَعْبُدَ اللَّهَ وَلَا تُشْرِكَ بِهِ شَيْئًا وَتُقِيمَ الصَّلَاةَ وَتُؤَدِّيَ الزَّكَاةَ الْمَفْرُوضَةَ وَتَصُومَ رَمَضَانَ قَالَ مَا الْإِحْسَانُ قَالَ أَنْ تَعْبُدَ اللَّهَ كَأَنَّكَ تَرَاهُ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ تَرَاهُ فَإِنَّهُ يَرَاكَ قَالَ مَتَى السَّاعَةُ قَالَ مَا الْمَسْئُولُ عَنْهَا بِأَعْلَمَ مِنْ السَّائِلِ وَسَأُخْبِرُكَ عَنْ أَشْرَاطِهَا إِذَا وَلَدَتْ الْأَمَةُ رَبَّهَا وَإِذَا تَطَاوَلَ رُعَاةُ الْإِبِلِ الْبُهْمُ فِي الْبُنْيَانِ فِي خَمْسٍ لَا يَعْلَمُهُنَّ إِلَّا اللَّهُ ثُمَّ تَلَا النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ { إِنَّ اللَّهَ عِنْدَهُ عِلْمُ السَّاعَةِ } الْآيَةَ ثُمَّ أَدْبَرَ فَقَالَ رُدُّوهُ فَلَمْ يَرَوْا شَيْئًا فَقَالَ هَذَا جِبْرِيلُ جَاءَ يُعَلِّمُ النَّاسَ دِينَهُمْ قَالَ أَبُو عَبْد اللَّهِ جَعَلَ ذَلِك كُلَّهُ مِنْ الْإِيمَانِ

“Telah menceritakan kepada kami Musaddad berkata, Telah menceritakan kepada kami Isma’il bin Ibrahim telah mengabarkan kepada kami Abu Hayyan At Taimi dari Abu Zur’ah dari Abu Hurairah berkata; bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pada suatu hari muncul kepada para sahabat, lalu datang Malaikat Jibril ‘alaihissalam yang kemudian bertanya:

“Apakah iman itu?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab: “Iman adalah kamu beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, pertemuan dengan-Nya, Rasul-Rasul-Nya, dan kamu beriman kepada hari berbangkit”.

Baca Juga:
Makna Hadits Jika Kalian Tidak Berbuat Dosa Allah Akan Hilangkan Kalian

(Jibril ‘alaihissalam) berkata: “Apakah Islam itu?” Jawab Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam: “Islam adalah kamu menyembah Allah dan tidak menyekutukannya dengan suatu apapun, kamu dirikan shalat, kamu tunaikan zakat yang diwajibkan, dan berpuasa di bulan Ramadlan”.

(Jibril ‘alaihissalam) berkata: “Apakah ihsan itu?” Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam menjawab: “Kamu menyembah Allah seolah-olah melihat-Nya dan bila kamu tidak melihat-Nya sesungguhnya Dia melihatmu”.

(Jibril ‘alaihissalam) berkata lagi: “Kapan terjadinya hari kiamat?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab: “Yang ditanya tentang itu tidak lebih tahu dari yang bertanya. Tapi aku akan terangkan tanda-tandanya; (yaitu); jika seorang budak telah melahirkan tuannya, jika para penggembala unta yang berkulit hitam berlomba-lomba membangun gedung-gedung selama lima masa, yang tidak diketahui lamanya kecuali oleh Allah”.

Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam membaca: “Sesungguhnya hanya pada Allah pengetahuan tentang hari kiamat” (QS. Luqman: 34).

Setelah itu Jibril ‘alaihissalam pergi, kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata; “hadapkan dia ke sini.” Tetapi para sahabat tidak melihat sesuatupun, maka Nabi bersabda; “Dia adalah Malaikat Jibril datang kepada manusia untuk mengajarkan agama mereka.” Abu Abdullah berkata: “Semua hal yang diterangkan Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam dijadikan sebagai iman.”

Kemudian, penjelasan tentang Hadits ke-51 akan dijelaskan pada pertemuan selanjutnya, insya Allah.

Simak penjelasan tentang bab di atas dengan mendownload rekaman ceramah agama ini sekarang juga atau Anda bisa mendengarkannya langsung melalui player yang tersedia.

Baca Juga:
Jumlah Rakaat Shalat Malam

Download Kajian Kitab Shahih Bukhari: Bab Pertanyaan Malaikat Jibril kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang Iman, Islam, Ihsan, dan Hari Kiamat (Hadits 50)

Jangan lupa untuk ikut membagikan link download kajian ini ke Facebook, Twitter, dan Google+. Insya Allah bermanfaat bagi saudara Muslimin dan bagi amal ibadah kita.

1 Comment

    Leave a Reply

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    59 + = 60

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.