Telegram Rodja Official

Khutbah Jumat

Adakah Amalan Khusus di Bulan Rajab? – Khutbah Jumat (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

By  |  pukul 12:41 pm

Terakhir diperbaharui: Jumat, 15 April 2016 pukul 1:22 pm

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=20237

Khutbah Jumat oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Download khutbah Jumat yang disampaikan oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam di Masjid Al-Barkah, Komplek Rodja, Kp. Tengah, Cileungsi, Bogor pada Jumat, 8 Rajab 1437 / 15 April 2016. Pada khutbah jumat ini, beliau menyampaikan tema tentang “Adakah Amalan Khusus di Bulan Rajab?“. Mari kita simak dan download khutbah Jumat ini, semoga bermanfaat.

Download juga khutbah Jumat sebelumnya: Larangan Berburuk Sangka / Su’udzan – Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

[sc:konten-alamat-masjid-al-barkah]

Ringkasan Khutbah Jumat: Adakah Amalan Khusus di Bulan Rajab?

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam diutus oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala untuk menjelaskan perihal ibadah. Karena Allah Subhanahu wa Ta’ala ingin diibadahi dengan apa yang Allah cintai dan ridhai, bukan diibadahi dengan selera-selera manusia. Maka dari itu Allah Subhanahu wa Ta’ala mengutus Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk menjelaskan bagaimana ibadah yang Allah cintai dan ridhai tersebut.

Maka kewajiban kita adalah untuk ittiba’, yaitu mengikuti Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam tata cara ibadah. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

قُلْ إِن كُنتُمْ تُحِبُّونَ اللّهَ فَاتَّبِعُونِي يُحْبِبْكُمُ اللّهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَاللّهُ غَفُورٌ رَّحِيمٌ

Baca Juga:
Istiqamah yang Diharapkan dari Seorang Hamba adalah Sesuai dengan Contoh Nabi dalam Beragama - Kitab 10 Kaidah Istiqamah (Ustadz Arman Amri, Lc.)

“Katakanlah: “Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu.” Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS ALi Imran [3]: 31)

Kita di bulan Rajab sebuah bulan yang Allah Ta’ala agungkan di dalam Al-Quran bersama tiga bulan yang lainnya. ِAllah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِندَ اللّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْراً فِي كِتَابِ اللّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَات وَالأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلاَ تَظْلِمُواْ فِيهِنَّ أَنفُسَكُمْ وَقَاتِلُواْ الْمُشْرِكِينَ كَآفَّةً كَمَا يُقَاتِلُونَكُمْ كَآفَّةً وَاعْلَمُواْ أَنَّ اللّهَ مَعَ الْمُتَّقِينَ

“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram . Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.” (QS At-Taubah [9]: 36)

Yang perlu kita ketahui tentang bulan Rajab adalah bahwa tidak ada amalan khusus di bulan Rajab karena tidak ada satu pun hadits yang shahih, bahkan rata-rata haditsnya palsu. Hal ini sebagaimana telah dijelaskan oleh Al-Hafidz Ibnu Hajar Al-Asqalani rahimahullah di dalam kitabnya Tabyinul ‘Ajab Bima Warada Fi Fadhli Rajab. Baik itu yang disebut sebagai puasa Rajab atau yang lainnya.

Baca Juga:
Sifat Istiqamah - Aktualisasi Akhlak Muslim (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)

Simak penjelasan selengkapnya tentang “Adakah Amalan Khusus di Bulan Rajab?” di dalam rekaman khutbah Jumat berikut ini.

Dengarkan dan Download Khutbah Jumat Masjid Al-Barkah: Adakah Amalan Khusus di Bulan Rajab?

Jangan lupa untuk ikut membagikan link download khutbah Jum’at ini, kepada saudara Muslimin kita baik itu melalui Facebook, Twitter, atau Google+ Anda. Semoga Allah membalas kebaikan Anda.

5 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

67 − = 60

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.