Telegram Rodja Official

Khutbah Jumat

Larangan Berburuk Sangka / Su’udzan – Khutbah Jumat (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

By  |  pukul 1:50 pm

Terakhir diperbaharui: Jumat, 01 April 2016 pukul 2:17 pm

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=19914

Khutbah Jumat oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Download khutbah Jumat yang disampaikan oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam di Masjid Al-Barkah, Komplek Rodja, Kp. Tengah, Cileungsi, Bogor pada Jumat, 23 Jumadal Akhirah 1437 / 1 April 2016. Pada khutbah jumat ini, beliau menyampaikan tema tentang “Tips Agar Istiqamah dalam Berdoa“. Mari kita simak dan download khutbah Jumat ini, semoga bermanfaat.

Download juga khutbah Jumat sebelumnya: Tips Agar Istiqamah dalam Berdoa – Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

[sc:konten-alamat-masjid-al-barkah]

Ringkasan Khutbah Jumat: Larangan Berburuk Sangka / Su’udzan

Sesungguhnya di antara akhlak yang diajarkan oleh Al-Quran adalah yaitu agar kita menjauhi buruk sangka (su’udzan). Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اجْتَنِبُوا كَثِيراً مِّنَ الظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ إِثْمٌ وَلَا تَجَسَّسُوا وَلَا يَغْتَب بَّعْضُكُم بَعْضاً أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَن يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتاً فَكَرِهْتُمُوهُ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ تَوَّابٌ رَّحِيمٌ

“Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.” (QS Al-Hujurat [49]: 12)

Baca Juga:
Ini Bukan Ajaran Islam - Bagian ke-1 (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)

Berburuk sangka kepada orang yang tidak berhak untuk kita berburuk sangka kepadanya merupakan perkara yang dilarang dan termasuk dosa. Karena di dalam buruk sangka terdapat padanya jenis tuduhan kepada seorang muslim yang tidak melakukan perbuatan yang tidak melakukan hal yang ia sangka tersebut.

Menuduh seorang muslim dengan sesuatu yang buruk merupakan perkara yang dilarang di dalam Islam. Dan hal itu termasuk jalan setan untuk menumbuhkan benih-benih permusuhan di antara kaum muslimin.

Simak penjelasan selengkapnya tentang “Larangan Berburuk Sangka / Su’udzan” di dalam rekaman khutbah Jumat berikut ini.

Dengarkan dan Download Khutbah Jumat Masjid Al-Barkah: Larangan Berburuk Sangka / Su’udzan

Jangan lupa untuk ikut membagikan link download khutbah Jum’at ini, kepada saudara Muslimin kita baik itu melalui Facebook, Twitter, atau Google+ Anda. Semoga Allah membalas kebaikan Anda.

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

30 − 28 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.