Telegram Rodja Official

Shahiih Al-Bukhaari

Bab Berfatwa Sambil Berdiri di Atas Kendaraan dan Bab Menjawab Fatwa dengan Isyarat Tangan – Hadits 83-86 – Kitab Shahih Bukhari (Ustadz Badrusalam, Lc.)

By  | 

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Download ceramah agama dari Kitab Shahih Bukhari yang dibahas dan dikaji oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam. Ceramah agama dan kajian ini membahas hadits-hadits shahih yang terdapat di dalam Kitab Shahih Al-Bukhari. Kitab yang yang sangat populer dan merupakan salah satu kitab paling shahih setelah Al-Quran.

Pada kajian kali ini Ustadz Badrusalam akan membawakan pembahasan tentang “Bab Berfatwa Sambil Berdiri di Atas Kendaraan dan Bab Menjawab Fatwa dengan Isyarat Tangan (Hadits 83-86)“. Kajian ini beliau sampaikan pada Rabu pagi, 4 Muharram 1438 / 5 Oktober 2016 di Radio Rodja dan RodjaTV.

Download juga kajian sebelumnya: “Bab Diangkatnya Ilmu dan Munculnya Kebodohan hingga Bab Keutamaan Ilmu (Hadits 80-82)

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Kitab Shahih Bukhari

Bab Berfatwa Sambil Berdiri di Atas Kendaraan dan Bab Menjawab Fatwa dengan Isyarat Tangan (Hadits 83-86)

Hadits ke-83

Penjelasan tentang “Bab Berfatwa Sambil Berdiri di Atas Kendaraan” ini merujuk kepada hadits ke-83 dari kitabul ilmi.
Hadits ke-83 tersebut adalah:

Baca Juga:
Tunduk dan Merendahkan Diri kepada Allah dalam Beribadah - Kitab Al-'Ubudiyah (Ustadz Abdullah Taslim, M.A.)

حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ قَالَ حَدَّثَنِي مَالِكٌ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ عِيسَى بْنِ طَلْحَةَ بْنِ عُبَيْدِ اللَّهِ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرِو بْنِ الْعَاصِ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَقَفَ فِي حَجَّةِ الْوَدَاعِ بِمِنًى لِلنَّاسِ يَسْأَلُونَهُ فَجَاءَهُ رَجُلٌ فَقَالَ لَمْ أَشْعُرْ فَحَلَقْتُ قَبْلَ أَنْ أَذْبَحَ فَقَالَ اذْبَحْ وَلَا حَرَجَ فَجَاءَ آخَرُ فَقَالَ لَمْ أَشْعُرْ فَنَحَرْتُ قَبْلَ أَنْ أَرْمِيَ قَالَ ارْمِ وَلَا حَرَجَ فَمَا سُئِلَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ شَيْءٍ قُدِّمَ وَلَا أُخِّرَ إِلَّا قَالَ افْعَلْ وَلَا حَرَجَ

“Telah menceritakan kepada kami Isma’il berkata, Telah menceritakan kepadaku Malik dari Ibnu Syihab dari ‘Isa bin Thalhah bin Ubaidillah dari Abdullah bin ‘Amru bin Al ‘Ash; bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berdiri di Mina pada haji wada’ memberi kesempatan kepada manusia untuk bertanya kepada beliau. Lalu datanglah seseorang dan berkata: “Aku tidak menyadari, ternyata saat aku mencukur rambut aku belum menyembelih.”

Maka Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sembelihlah, tidak apa-apa” Kemudian datang orang lain dan berkata: “Aku tidak menyadari, ternyata ketika berkurban aku belum melempar (jumrah) “. Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “lemparlah dan tidak apa-apa”. Dan tidaklah Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam ditanya tentang sesuatu perkara sebelum dan sesudahnya kecuali beliau menjawab: “Lakukanlah dan tidak apa-apa”.”

Simak penjelasan tentang bab di atas dengan mendownload rekaman ceramah agama ini sekarang juga atau Anda bisa mendengarkannya langsung melalui player yang tersedia.

Baca Juga:
Syarah Aqidah Salaf - Bagian ke-4 - Bekasi 1438 / 2017 (Ustadz Abdul Hakim Amir Abdat)

Download Kajian Kitab Shahih Bukhari: Bab Berfatwa Sambil Berdiri di Atas Kendaraan dan Bab Menjawab Fatwa dengan Isyarat Tangan (Hadits 83-86)


Jangan lupa untuk ikut membagikan link download kajian ini ke Facebook, Twitter, dan Google+. Insya Allah bermanfaat bagi saudara Muslimin dan bagi amal ibadah kita.

Telegram Rodja Official

1 Comment

    Tinggalkan Balasan

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.