Telegram Rodja Official

Shahiih Al-Bukhaari

Bab Meninggalkan Perkara yang Mashlahat untuk Menghindari Mudharat yang Lebih Besar – Hadits 126-128 – Kitab Shahih Bukhari (Ustadz Badrusalam, Lc.)

By  |  pukul 10:34 am

Terakhir diperbaharui: Jumat, 14 Februari 2020 pukul 5:01 pm

Tautan: http://rodja.id/10b

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Download ceramah agama dari Kitab Shahih Bukhari yang dibahas dan dikaji oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam. Ceramah agama dan kajian ini membahas hadits-hadits shahih yang terdapat di dalam Kitab Shahih Al-Bukhari. Kitab yang yang sangat populer dan merupakan salah satu kitab paling shahih setelah Al-Quran.

Pada kajian kali ini Ustadz Badrusalam akan membawakan pembahasan tentang “Bab Meninggalkan Perkara yang Mashlahat untuk Menghindari Mudharat yang Lebih Besar (126-128)“. Kajian ini beliau sampaikan pada Rabu pagi, 9 Jumadal Akhirah 1438 / 8 Maret 2017 di Radio Rodja dan RodjaTV.

Download juga kajian sebelumnya: “Bab Bertanya Sambil berdiri kepada Seorang Alim yang Sedang Duduk (123-125)

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Kitab Shahih Bukhari: Bab Meninggalkan Perkara yang Mashlahat untuk Menghindari Mudharat yang Lebih Besar (126-128)

Dalam hadits yang ke 126, dikatakan bahwa:

حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ مُوسَى عَنْ إِسْرَائِيلَ عَنْ أَبِي إِسْحَاقَ عَنْ الْأَسْوَدِ قَالَ قَالَ لِي ابْنُ الزُّبَيْرِ كَانَتْ عَائِشَةُ تُسِرُّ إِلَيْكَ كَثِيرًا فَمَا حَدَّثَتْكَ فِي الْكَعْبَةِ قُلْتُ قَالَتْ لِي قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَا عَائِشَةُ لَوْلَا قَوْمُكِ حَدِيثٌ عَهْدُهُمْ قَالَ ابْنُ الزُّبَيْرِ بِكُفْرٍ لَنَقَضْتُ الْكَعْبَةَ فَجَعَلْتُ لَهَا بَابَيْنِ بَابٌ يَدْخُلُ النَّاسُ وَبَابٌ يَخْرُجُونَ فَفَعَلَهُ ابْنُ الزُّبَيْرِ

Baca Juga:
Memuliakan Orang yang Tua hingga Hukum Orang Muda Berbicara jika Orang Tua Tidak Bicara - Bab 164-166 - Hadits 357-360 - Kitab Al-Adab Al-Mufrad (Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A.)

“Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullah bin Musa dari Isra’il dari Abu Ishaq dari Al Aswad berkata, Ibnu Az Zubair berkata kepadaku, “‘Aisyah banyak merahasiakan (hadits) kepadamu. Apa yang pernah dibicarakannya kepadamu tentang Ka’bah?” Aku berkata, “Aisyah berkata kepadaku, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata kepadaku:

“Wahai ‘Aisyah, kalau bukan karena kaummu masih dekat zaman mereka, Az Zubair menyebutkan, “Dengan kekufuran, maka Ka’bah akan aku rubah, lalu aku buat dua pintu untuk orang-orang masuk dan satu untuk mereka keluar.” Di kemudian hari hal ini dilaksanakan oleh Ibnu Zubair.””

Simak penjelasan dari hadits tersebut di dalam rekaman kajian Kitab Shahih Bukhari dengan pembahasan tentang “Bab Bertanya Sambil berdiri kepada Seorang Alim yang Sedang Duduk” berikut ini. Semoga bermanfaat

Download Kajian Kitab Shahih Bukhari: Bab Meninggalkan Perkara yang Mashlahat untuk Menghindari Mudharat yang Lebih Besar (126-128)


Jangan lupa untuk ikut membagikan link download kajian ini ke Facebook, Twitter, dan Google+. Insya Allah bermanfaat bagi saudara Muslimin dan bagi amal ibadah kita.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

14 − = 12

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.