Rodja Peduli

Shahiih Al-Bukhaari

Bab Bertanya Sambil berdiri kepada Seorang Alim yang Sedang Duduk – Hadits 123-125 – Kitab Shahih Bukhari (Ustadz Badrusalam, Lc.)

By  |  pukul 9:06 am

Terakhir diperbaharui: Rabu, 22 Februari 2017 pukul 9:06 am

Tautan: http://rodja.id/xg

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Download ceramah agama dari Kitab Shahih Bukhari yang dibahas dan dikaji oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam. Ceramah agama dan kajian ini membahas hadits-hadits shahih yang terdapat di dalam Kitab Shahih Al-Bukhari. Kitab yang yang sangat populer dan merupakan salah satu kitab paling shahih setelah Al-Quran.

Pada kajian kali ini Ustadz Badrusalam akan membawakan pembahasan tentang “Bab Bertanya Sambil berdiri kepada Seorang Alim yang Sedang Duduk (123-125)“. Kajian ini beliau sampaikan pada Rabu pagi, 25 Jumadal Ula 1438 / 22 Februari 2017 di Radio Rodja dan RodjaTV.

Download juga kajian sebelumnya: “Bab Diam untuk Mendengarkan Ulama (121-122)

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Kitab Shahih Bukhari: Bab Bertanya Sambil berdiri kepada Seorang Alim yang Sedang Duduk (123-125)

Dalam hadits yang ke 123, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

حَدَّثَنَا عُثْمَانُ قَالَ أَخْبَرَنَا جَرِيرٌ عَنْ مَنْصُورٍ عَنْ أَبِي وَائِلٍ عَنْ أَبِي مُوسَى قَالَ جَاءَ رَجُلٌ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ مَا الْقِتَالُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ فَإِنَّ أَحَدَنَا يُقَاتِلُ غَضَبًا وَيُقَاتِلُ حَمِيَّةً فَرَفَعَ إِلَيْهِ رَأْسَهُ قَالَ وَمَا رَفَعَ إِلَيْهِ رَأْسَهُ إِلَّا أَنَّهُ كَانَ قَائِمًا فَقَالَ مَنْ قَاتَلَ لِتَكُونَ كَلِمَةُ اللَّهِ هِيَ الْعُلْيَا فَهُوَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ

Baca Juga:
Perkara-Perkara yang Bisa Menumbuhkan Iman - Bagian ke-2 - Kitab At-Taudhih Wal Bayan Li Syajaratil Iman (Ustadz Abdullah Taslim, M.A.)

“Telah menceritakan kepada kami ‘Utsman berkata, telah menceritakan kepada kami Jarir dari Manshur dari Abu Wa’il dari Abu Musa berkata, “Seorang laki-laki datang menemui Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah yang disebut dengan perang fi sabilillah (di jalan Allah)? Sebab di antara kami ada yang berperang karena marah dan ada yang karena semangat?” Beliau lalu mengangkat kepalanya ke arah orang yang bertanya, dan tidaklah beliau angkat kepalanya kecuali karena orang yang bertanya itu berdiri. Beliau lalu menjawab: “Barangsiapa berperang untuk meninggikan kalimat Allah, maka dia perperang di jalan Allah ‘Azza wa Jalla.”

Simak penjelasan dari hadits tersebut di dalam rekaman kajian Kitab Shahih Bukhari dengan pembahasan tentang “Bab Bertanya Sambil berdiri kepada Seorang Alim yang Sedang Duduk” berikut ini. Semoga bermanfaat

Download Kajian Kitab Shahih Bukhari: Bab Bertanya Sambil berdiri kepada Seorang Alim yang Sedang Duduk (123-125)


Jangan lupa untuk ikut membagikan link download kajian ini ke Facebook, Twitter, dan Google+. Insya Allah bermanfaat bagi saudara Muslimin dan bagi amal ibadah kita.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 + 2 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.