Telegram Rodja Official

Larangan Berburuk Sangka, Memata-matai, dan Mencari-cari Kesalahan Orang Lain – Prinsip Dasar Islam (Ustadz Fachrudin Nu’man, Lc.)

By  |  pukul 6:36 pm

Terakhir diperbaharui: Rabu, 21 Sya'ban 1438 / 17 Mei 2017 pukul 3:15 pm

Tautan: http://rodja.id/1az

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Fachrudin Nu’man, Lc.

Download ceramah agama Prinsip Dasar Islam yang dibahas dan dikaji oleh Ustadz Abu Ismail Fachrudin Nu’man. Kajian ini beliau sampaikan pada Selasa sore, 19 Sya’ban 1438 / 16 Mei 2017 di Radio Rodja dan RodjaTV. Pada kajian kali ini Ustadz Fachrudin akan membawakan pembahasan tentang “Larangan Berburuk Sangka, Memata-matai, dan Mencari-cari Kesalahan Orang Lain“.

Ceramah agama ini disarikan dari buku “Prinsip Dasar Islam” menurut Al-Quran dan As-Sunnah yang shahih karya Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas hafidzahullahu Ta’ala. Buku tersebut menjelaskan prinsip-prinsip dasar agama Islam yang wajib diketahui oleh setiap muslim dan muslimah.

Baca Juga:  Menanamkan Sifat Amar Ma'ruf Nahi Munkar kepada Anak (Ustadz Kholid Syamhudi, Lc.)

(Download juga kajian sebelumnya: Larangan Berdebat, Berkhianat, dan Durhaka)

Ringkasan Ceramah Agama: Ustadz Fachrudin Nu’man – Larangan Berburuk Sangka, Memata-matai, dan Mencari-cari Kesalahan Orang Lain

Di antara bentuk keindahan Islam adalah adanya larangan-larangan yang harus dihindari oleh setiap muslim dan muslimah.

Di antara larangan yang akan dibahas di kajian kali ini adalah:

– Islam melarang berburuk sangka, memata-matai, dan mencari-cari kesalahan orang lain. Allah Ta’ala berfirman:

Baca Juga:  Adab Berhubungan Intim - Bagian ke-5 - Bimbingan Islam (Ustadz Jazuli, Lc.)

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اجْتَنِبُوا كَثِيراً مِّنَ الظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ إِثْمٌ وَلَا تَجَسَّسُوا وَلَا يَغْتَب بَّعْضُكُم بَعْضاً أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَن يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتاً فَكَرِهْتُمُوهُ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ تَوَّابٌ رَّحِيمٌ

“Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.” (QS Al-Hujurat [49]: 12)

– Islam melarang membuat tato, mengerik bulu wajah, mencuku alis, menyambung rambut, dan memakai pakaian yang tidak menutup aurat.

Baca Juga:  Nasihat Ulama seputar Pembinaan Anak Usia Dini - Bagian ke-1 (Ustadz Kholid Syamhudi, Lc.)

Bagaimana penjelasan mengenai poin-poin di tersebut? Simak selengkapnya di dalam rekaman kajian berikut ini. Semoga bermanfaat.

Download Ceramah Agama: Ustadz Fachrudin Nu’man – Larangan Berburuk Sangka, Memata-matai, dan Mencari-cari Kesalahan Orang Lain


Jangan lupa untuk ikut membagikan link download kajian ini ke Facebook, Twitter, dan Google+. Semoga bisa menjadi pembuka pintu kebaikan bagi orang lain.

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.