Rodja Peduli

Zadul Mustaqni

Syarat Sah Jual Beli, Harga Barang Harus Jelas – Kitab Zadul Mustaqni (Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A.)

By  |  pukul 10:00 am

Terakhir diperbaharui: Kamis, 18 Mei 2017 pukul 11:06 am

Tautan: http://rodja.id/1b4

Kajian oleh: Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A.

Berikut ini merupakan rekaman kajian kitab زاد المستقنع في اختصار المقنع atau populer dengan sebutan Kitab Zadul Mustaqni, kajian ini mengambil pembahasan khusus yaitu yang berkaitan dengan Jual Beli. Kitab ini merupakan kitab fiqih Madzhab Hanbali, karya Syaikh Syarifuddin Abu Naja Musa bin Ahmad Al-Hajawi rahimahullah dan merupakan ringkasan dari Kitab Al-Muqni karya Ibnu Qudamah rahimahullah.

Kajian ini disampaikan oleh Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A. pada Kamis pagi, 21 Syaban 1438 / 18 Mei 2017. Pada pertemuan kali ini beliau akan membahas Kitab Jual Beli yaitu tentang “Syarat Sah Jual Beli, Harga Barang Harus Jelas“.

Download kajian sebelumnya: Hukum Jual Beli Kepala, Kulit, dan Gajih Hewan

(Download juga: kitab Kitab Zadul Mustaqni – Format PDF)
di sini

Ringkasan Kajian Kitab Zadul Mustaqni (Kitab Jual Beli) – Syarat Sah Jual Beli, Harga Barang Harus Jelas

Salah satu syarat dalam jual beli adalah harga barang harus jelas dan diketahui. Sebagian para ulama menjelaskan bahwa harga tidak mesti dengan mata uang. Karena di sebagian daerah ada yang menggunakan tolak ukurnya adalah barang tapi ada juga dengan mata uang.

Baca Juga:
Bab Hibah - Bagian ke-1 - Kitab Matan Abu Syuja' (Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A.)

Adapun jika harganya menggunakan mata uang maka harganya harus jelas. Dan hal ini sangat penting diketahui oleh setiap orang yang melakukan transaksi atau muamalah jual beli.

Simak penjelasan lengkapnya mengenai syarat jual beli ini di dalam rekaman kajian yang disampaikan oleh Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A. berikut ini. Semoga bermanfaat.

Download Kajian Kitab Zadul Mustaqni (Kitab Jual Beli) – Syarat Sah Jual Beli, Harga Barang Harus Jelas


Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link download kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.