Telegram Rodja Official

Memperbaiki Rumah dan Biaya Untuk Pembangunan – Bab 209-212 – Hadits 446-449 – Kitab Al-Adab Al-Mufrad (Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A.)

By  |  pukul 8:53 am

Terakhir diperbaharui: Rabu, 08 Shafar 1440 / 17 Oktober 2018 pukul 7:37 am

Tautan: http://rodja.id/1jn

Kajian Kitab Adabul Mufrad oleh: Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A.

Berikut ini merupakan rekaman kajian kitab Adabul Mufrad karya Imam Bukhari rahimahullah, yang disampaikan oleh Ustadz Syafiq Basalamah. Kajian ini beliau sampaikan secara live di Radio Rodja dan Rodja TV pada Senin malam, 11 Muharram 1439 H / 02 Oktober 2017, pukul 20:00-21:30 WIB.

Pada kajian kali ini Ustadz Syafiq akan membahas tentang “Memperbaiki Rumah dan Biaya Untuk Pembangunan (Bab 209-212 – Hadits 446-449)“. Semoga bermanfaat.

Download juga kajian sebelumnya: “Orang-Orang yang Membuang-Buang Harta – Bab 208 – Hadits 444 – Kitab Al-Adab Al-Mufrad (Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A.)

Program Kajian Kitab Adabul Mufrad - Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A. di Radio Rodja

Simak program ini di Radio Rodja dan Rodja TV setiap:Senin malam, 20:00-21:30 WIB

Status program Kajian Kitab Adabul Mufrad: AKTIF

Ringkasan Kajian Kitab Adabul Mufrad: Memperbaiki Rumah dan Biaya Untuk Pembangunan (Bab 209-212 – Hadits 446-449)

BAB 209. Memperbaiki Rumah

Hadits 446:
‘Abdullah bin Yusuf menceritakan kepada kami, ia berkata: Al-Laits menceritakan kepada kami, ia berkata: Ibnu ‘Ajlan menceritakan kepada kami dari Zaid bin Aslam, dari ayahnya ia berkata:
Umar berkata di atas mimbar,”Wahai manusia perbaikilah tempat tinggal kalian dan takutlah (berhati-hatilah) kalian terhadap ular-ular yang bersembunyi sebelum mereka menakuti kalian karena tidak akan tampak jelas bagi kalian siapa yang selamat darinya. Dan kita demi Allah belum pernah berdamai dengan mereka sejak kita memusuhi mereka.

Baca Juga:  Kewajiban Menolong Orang yang Teraniaya dan Memohon kepada Allah Agar Menjadikan Akhlaknya Baik - Bab 143-144 - Hadits 305-308 - Kitab Al-Adab Al-Mufrad (Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A.)

Kandungan hadits:

  1. Hadits ini menganjurkan agar memperbaiki dan membangun rumah sehingga menentramkan dan menenangkan jiwa orang yang tinggal di dalamnya.
  2. Anjuran agar membunuh ular ular yang muncul di rumah-rumah karena mereka adalah musuh orang-orang Islam.

Anjuran ini juga berlaku untuk kaum muslimin yang tinggal di rumah kontrakan. Agar rumah tidak menjadi sarang ular dan hewan-hewan lain yang tidak perlu ada di rumah seorang muslim. Memperbaiki disini bukan dalam artian merenovasi rumah menjadi mewah sehingga membuat orang yang melihatnya menjadi kagum. Memperbaiki rumah cukup sampai pada tingkat nyaman dan aman. Salah satu tujuannya adalah menjaga adalah menjaga rumah dari binatang-binatang yang bisa membahayakan anggota keluarga muslim.

Baca Juga:  Pelecehan dan Menghamburkan Harta - Bab 206-207 - Hadist 441-443 - Kitab Al-Adab Al-Mufrad (Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A.)

Dari perkara ini kita juga bisa mengambil faedah bahwa Islam tidak hanya berbicara masalah akhirat namun Islam juga berbicara tentang masalah-masalah dunia.

Bab 210. Biaya Untuk Pembangunan

Hadits 447:

‘Abdullah bin Musa menceritakan kepada kami dari Isra’il, dari Abu Ishaq, dari Haritsah bin Mudharrib:
Khabba berkata,”Sesungguhnya seseorang diberi pahala dalam segala hal, kecuali pembangunan.”

Kandungan Hadits:
Hukum yang tersebut dalam Hadits ini berlaku pada pembangunan yang tidak diniatkan untuk bertaqarrub atau mendekatkan diri kepada Allah atau melebihi kebutuhan.

Dengarkan penjelasan lengkapnya dan download MP3 kajian Kitab Adabul Mufrad: Memperbaiki Rumah dan Biaya Untuk Pembangunan (Bab 209-212 – Hadits 446-449)

Baca Juga:  Hak Nasihat dan Adab Memberi Nasihat - Bagian ke-2 - Tabshiratul Anam (Ustadz Kurnaedi, Lc.)

Jangan lupa untuk membagikan rekaman kajian ini ke saudara-saudara kita atau teman-teman kita baik itu melalui Facebook, Twitter, Google+, atau media yang lainnya agar kebaikan ini tidak berhenti begitu saja. Jazakumullahu khairan
[stumble]

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.