Telegram Rodja Official

Bersegera Kepada Perintah Allah dan RasulNya – Kitab Ahsanul Bayan (Ustadz Kurnaedi, Lc.)

By  |  pukul 5:42 am

Terakhir diperbaharui: Jumat, 28 Jumadil akhir 1439 / 16 Maret 2018 pukul 6:21 am

Tautan: http://rodja.id/1qe

Bersegera Kepada Perintah Allah dan RasulNya merupakan bagian dari kajian kitab “أحسن البيان من مواقف أهل الإيمان” “Ahsanul Bayan min Mawaqifi Ahlil Iman” karya Syaikh Abu Islam Shalih bin Thaha Abdul Wahid rahimahullah, yang disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. Kajian ini disampaikan pada 24 Jumadil akhir 1439 H / 12 Maret 2018 M.

Kitab ini membahas tentang nasihat-nasihat serta ibroh dari kisah-kisah yang disebutkan di dalam Al-Quran dan Hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Download kajian sebelumnya tentang Sikap Mendengar dan Taatnya Sahabat Kepada Allah dan RasulNya – Kitab Ahsanul Bayan

Download kitab أحسن البيان من مواقف أهل الإيمان” versi PDF di sini

Kajian Tentang Bersegera Kepada Perintah Allah dan RasulNya – Kitab Ahsanul Bayan

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman dalam surat Al-Anfal ayat ke-24:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَجِيبُوا لِلَّـهِ وَلِلرَّسُولِ إِذَا دَعَاكُمْ لِمَا يُحْيِيكُمْ ۖ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّـهَ يَحُولُ بَيْنَ الْمَرْءِ وَقَلْبِهِ وَأَنَّهُ إِلَيْهِ تُحْشَرُونَ ﴿٢٤﴾

Baca Juga:  Beribadah dengan Nama dan Sifat Allah - Bagian 5 - Kitab Mausu'ah Fiqh Al-Qulub (Ustadz Badrusalam, Lc.)

Hai orang-orang yang beriman, penuhilah seruan Allah dan seruan Rasul apabila Rasul menyeru kamu kepada suatu yang memberi kehidupan kepada kamu, ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah membatasi antara manusia dan hatinya dan sesungguhnya kepada-Nya-lah kamu akan dikumpulkan.” (QS. Al-Anfal [8]: 24)

Allah menyeru hamba-hambaNya yang beriman. Ini merupakan nama-nama yang paling dicintai oleh orang-orang yang beriman. Disini yang memanggil adalah Allah subhanahu wa ta’ala. Allah memanggil dengan sifat iman. Karena hanya orang-orang yang berimanlah yang akan memenuhi panggilan dan seruan Allah subhanahu wa ta’ala. Hal ini sebagaimana firman Allah dalam surat Asy-Syura’ ayat ke-26:

وَيَسْتَجِيبُ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَيَزِيدُهُم مِّن فَضْلِهِ ۚ وَالْكَافِرُونَ لَهُمْ عَذَابٌ شَدِيدٌ ﴿٢٦﴾

dan Dia memperkenankan (doa) orang-orang yang beriman serta mengerjakan amal yang saleh dan menambah (pahala) kepada mereka dari karunia-Nya. Dan orang-orang yang kafir bagi mereka azab yang sangat keras.” (QS. Asy-Syura’ [8]: 24)

Disini Allah mengatakan kepada kita bahwa orang yang akan memenuhi panggilan Allah hanya orang-orang beriman. Dan balasan memenuhi panggilan Allah adalah surga. Dalam surat Ar-Ra’d ayat ke-18 Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

Baca Juga:  Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah: Hadits 994-998 - TPP: Hukuman bagi Pedagang yang Tidak Jujur, Kondisi Arwah Orang-Orang yang Beriman, hingga Tali Iman yang Paling Kuat (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

لِلَّذِينَ اسْتَجَابُوا لِرَبِّهِمُ الْحُسْنَىٰ ۚ وَالَّذِينَ لَمْ يَسْتَجِيبُوا لَهُ لَوْ أَنَّ لَهُم مَّا فِي الْأَرْضِ جَمِيعًا وَمِثْلَهُ مَعَهُ لَافْتَدَوْا بِهِ ۚ أُولَـٰئِكَ لَهُمْ سُوءُ الْحِسَابِ وَمَأْوَاهُمْ جَهَنَّمُ ۖ وَبِئْسَ الْمِهَادُ ﴿١٨﴾

Bagi orang-orang yang memenuhi seruan Tuhannya, (disediakan) pembalasan yang baik. Dan orang-orang yang tidak memenuhi seruan Tuhan, sekiranya mereka mempunyai semua (kekayaan) yang ada di bumi dan (ditambah) sebanyak isi bumi itu lagi besertanya, niscaya mereka akan menebus dirinya dengan kekayaan itu. Orang-orang itu disediakan baginya hisab yang buruk dan tempat kediaman mereka ialah Jahanam dan itulah seburuk-buruk tempat kediaman.” (QS. Ar-Ra’d [13]: 18)

Dalam surat Asy-Syura’ ayat ke-47 Allah subhanahu wa ta’ala juga berfirman:

اسْتَجِيبُوا لِرَبِّكُم مِّن قَبْلِ أَن يَأْتِيَ يَوْمٌ لَّا مَرَدَّ لَهُ مِنَ اللَّـهِ ۚ مَا لَكُم مِّن مَّلْجَإٍ يَوْمَئِذٍ وَمَا لَكُم مِّن نَّكِيرٍ ﴿٤٧﴾

Patuhilah seruan Tuhanmu sebelum datang dari Allah suatu hari yang tidak dapat ditolak kedatangannya. Kamu tidak memperoleh tempat berlindung pada hari itu dan tidak (pula) dapat mengingkari (dosa-dosamu).” (QS. Asy-Syura’ [8]: 47)

Baca Juga:  Syirik Perkara Yang Merusak Ubudiyah - Kitab Al-'Ubudiyah (Ustadz Abdullah Taslim, M.A.)

Ketahuilah hamba-hamba Allah, bahwa kesempatan bisa jadi tidak akan berulang. Sesungguhnya jika Allah membukakan kepadamu pintu kebaikan, hendaknya bersegera untuk melakukan kebaikan itu. Karena pada hari ini ada kehidupan, bisa jadi besok kematian. Dan perlu diketahui jatah oksigen kita terbatas. Semakin hari, semakin mendekati habisnya hatah oksigen kita.

Ketika pintu kebaikan itu dibuka dan seorang hamba tidak bersegera untuk memenuhinnya, maka Allah subhanahu wa ta’ala memberikan sanksi dengan mengharamkan dari kebaikan tersebut. Dan Allah lah yang membatasi seseorang dari hatinya.

Simak Penjelasan Lengkap dan Download Kajian Tentang Bersegera Kepada Perintah Allah dan RasulNya – Kitab Ahsanul Bayan


Mari raih pahala dan kebaikan dengan membagikan tautan ceramah agama ini ke Jejaring Sosial yang Anda miliki seperti Facebook, Twitter, Google+ dan yang lainnya. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: Rodja Official
Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

Download: Khutbah Jumat, Ceramah Agama, Khutbah Idul Adha, kultum, ceramah singkat

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.