Pendidikan Mental Anak – Fiqhul Usrah (Ustadz Kholid Syamhudi, Lc.)

By  |  pukul 10:18 am

Terakhir diperbaharui: Rabu, 23 Sya'ban 1439 / 09 Mei 2018 pukul 11:52 am

Tautan: http://rodja.id/1ul

Pendidikan Mental Anak adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam dengan pembahasan Fiqhul Usra (Fiqih Keluarga). Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Kholid Syamhudi, Lc. pada hari Sabtu, 22 Jumadil akhir 1439 H / 10 Maret 2018 M.

Download juga kajian sebelumnya: “Peran Nasihat dalam Pendidikan – Fiqhul Usrah

Kajian Ilmiah Tentang Pendidikan Mental Anak – Fiqhul Usrah

Pendidikan mental sangatlah penting karena menyangkut hati sang anak. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa hati itu menentukan sikap anak tersebut. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

أَلاَ وَإِنَّ فِى الْجَسَدِ مُضْغَةً إِذَا صَلَحَتْ صَلَحَ الْجَسَدُ كُلُّهُ ، وَإِذَا فَسَدَتْ فَسَدَ الْجَسَدُ كُلُّهُ

Baca Juga:  Hak-Hak Allah Arrahman Adalah Tujuan - Kitab Al-Ishbah (Ustadz Abu Ya'la Kurnaedi, Lc.)

Ingatlah bahwa di dalam jasad itu ada segumpal daging. Jika ia baik, maka baik pula seluruh jasad. Jika ia rusak, maka rusak pula seluruh jasad. Ketahuilah bahwa ia adalah hati (jantung)” (HR. Bukhari dan Muslim).

Perhatian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam terhadap hati demikian besarnya. Dan cukuplah Allah subhanahu wa ta’ala menggambarkan kepada kita sebuah amalan yang mulia dalam firmanNya:

قَدْ أَفْلَحَ مَن زَكَّاهَا ﴿٩﴾

sesungguhnya beruntunglah orang yang mensucikan jiwa itu,” (QS. Asy-Syams[91]: 9)

Ini Allah ungkapkan setelah menyampaikan sumpah yang cukup panjang. Menunjukkan pentingnya permasalahan hati bagi seorang muslim. Apalagi dimasa-masa rejama dimana pembentukan mental sangat dibutuhkan.

Baca Juga:  Mukaddimah Kitab Raudhatul Uqala wa Nuzhatul Fudhala

Kalau kita melihat kepada pentingnya amalan hati ini, Allah subhanahu wa ta’ala juga mendidik Nabi kita Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk qiyamul lail. Yang kata Allah subhanahu wa ta’ala bahwa itu sangat penting untuk beliau dalam menaklukkan hati beliau.

Demikian juga kalau kita melihat kepada perbaikan hati yang Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sampaikan dalam banyak hadits-haditsnya. Contohnya saja ketika Nabi berkata kepada Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu:

يَا غُلاَمُ، إِنِّي أُعَلِّمُكَ كَلِمَاتٍ؛ احْفَظِ اللهَ يَحْفَظْكَ، احْفَظِ اللهَ تَجِدْهُ تُجَاهَ

Nak, aku ajarkan kepadamu beberapa untai kalimat: Jagalah Allah, niscaya Dia akan menjagamu. Jagalah Allah, niscaya kau dapati Dia di hadapanmu.

Baca Juga:  Dasar dari Syariat adalah Al-Quran dan Sunnah (Ustadz Kurnaedi, Lc.)

Simak dan download mp3  kajian ilmiah tentang Pendidikan Mental Anak – Fiqhul Usrah


Jangan lupa untuk turut serta berbagi link download ceramah ini di media sosial yang Anda miliki, seperti facebook, twitter, google+, atau pun yang lainnya. Semoga Allah membalas kebaikan Anda dengan pahala berlimpah.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0:00
0:00