Telegram Rodja Official

Mutiara Sahur

Keutamaan Bulan Ramadhan

By  | 

Keistimewaan Bulan Ramadhan merupakan untaian mutiara sahur dan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. Kajian ini disampaikan pada 9 Ramadhan 1439 H / 25 Mei 2018 M.

Download kajian sebelumnya: Tiga Macam Kesabaran Ketika Puasa

Ceramah Agama Islam Tentang Keutamaan Bulan Ramadhan

Diantara keistimewaan bulan puasa adalah pintu-pintu dibuka, pintu neraka ditutup, setan-setan akan diikat, pintu-pintu rahmat akan dibuka, pintu-pintu langit juga akan dibuka, dan Malaikat menyeru, “wahai yang menginginkan kebaikan, kemarilah. Wahai yang menginginkan keburukan, tahanlah.” Dan setiap malam bulan ramadhan, Allah memerdekakan hamba-hambaNya dari api neraka. Hal ini ditunjukkan oleh hadits Abu Hurairah dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِذَا كَانَ أَوَّلُ لَيْلَةٍ مِنْ شَهْرِ رَمَضَانَ صُفِّدَتْ الشَّيَاطِيْنُ وَمَرَدَةُ الْجِنِّ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ فَلَمْ يُفْتَحْ مِنْهَا بَابٌ وَفُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ فَلَمْ يُغْلَقْ مِنْهَا بَابٌ وَيُنَادِيْ مُنَادٍ يَا بَاغِيَ الْخَيْرِ أَقْبِلْ وَيَا بَاغِيَ الشَّرِّ أَقْصِرْ وَلِلَّهِ عُتَقَاءُ مِنَ النَّارِ وَذَلِكَ كُلَّ لَيْلَةٍ

Jika malam pertama ramadhan datang, maka setan-setan, dan jin-jin durhaka dibelenggu; pintu-pintu neraka ditutup.Maka tak ada satu pintu(nya) pun yang terbuka; pintu-pintu surga dibuka. Maka tak ada suatu pintu pun yang ditutup; Seorang pemanggil memanggil, “Wahai pencari kebaikan, menghadaplah; wahai pencari kejelekan, berhentilah”. Allah memiliki hamba-hamba yang dimerdekakan dari neraka. Demikian itu pada setiap malam“. (HR. Tirmidzi)
Maka ini menunjukkan keutamaan yang luar biasa. Bulan ramadhan ini saatnya untuk berbuat baik. Jangan kita terus tenggelam dalam maksiat. Saatnya kita memperbaiki diri dan kembali kepada Allah. Saatnya kita mensucikan diri dari kotoran-kotoran dosa untuk kemudian setelah ramadhan kita lebih bertakwa lagi kepada Allah subhanahu wa ta’ala.

 

Baca Juga:
Hadits Arbain Ke 3 - Rukun Islam dan Meninggalkan Shalat

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam juga menyebutkan bahwa setiap malam bulan ramadhan Allah memerdekakan hamba-hambaNya dari api neraka. Dan inilah lafadz yang shahih. Adapun lafadz yang diriwayatkan oleh Abu Huzaimah bahwa ramadhan terbagi menjadi tiga, sepuluh pertama rahmat, sepuluh yang kedua ampunan, sepuluh yang ketiga adalah pemerdekaan dari api neraka. Ketahuilah bahwa hadits tersebut mungkar (periwayatan perawi yang dhoif dan bertabrakan dengan perawi yang lebih tsiqoh).

Simak Penjelasan Lengkapnya dan Download mp3 Ceramah Agama Islam Tentang Keutamaan Bulan Ramadhan

Mari raih pahala dan kebaikan dengan membagikan tautan ceramah agama Keistimewaan Bulan Ramadhan ke Jejaring Sosial yang Anda miliki seperti Facebook, Twitter, Google+ dan yang lainnya. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: Rodja Official
Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

Lihat Juga: Radio Streaming, Khutbah Jumat, Ceramah Agama, Ceramah Lucu, Khutbah Idul Adha, Kultum, Ceramah Singkat, Shalawat, Shalat JenazahRukun IslamRukun Iman, Ziarah Kubur, Shalat Berjamaah, Amar Ma’ruf Nahi Munkar, Belajar Bahasa Arab,

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.