Telegram Rodja Official

Kisah Terbunuhnya Khalifah Ali bin Abi Thalib

By  |  pukul 11:42 am

Terakhir diperbaharui: Senin, 14 Muharram 1440 / 24 September 2018 pukul 12:59 pm

Tautan: https://rodja.id/208

Kisah Terbunuhnya Khalifah Ali bin Abi Thalib merupakan kajian Islam yang disampaikan oleh: Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A. dalam pembahasan Faedah-Faedah Sejarah Islam. Kajian ini disampaikan pada 12 Dzul Hijjah 1439 H/ 24 Agustus 2018 M.

Download juga kajian sebelumnya: Syiah dimasa Ali bin Abi Thalib

Kajian Tentang Kisah Terbunuhnya Khalifah Ali bin Abi Thalib

Setelah berbagai fase dalam penyelesaian masalah yang beliau hadapai dimasa kekhalifahan beliau. Mulai dari terjadinya perang jamal, perang shiffin, perang nahrawan melawan Khawarij. Tentara beliau semakin hari semakin banyak yang berkurang. Karena ada beberapa indikator yang menyebabkan meraka tidak begitu loyal kepada Ali bin Abi Thalib.

Baca Juga:  Kejujuran Dalam Menunaikan Amanah - Kitab Ahsanul Bayan (Ustadz Abu Ya'la Kurnaedi, Lc.)

Pertama, kebiasaan orang yang mengaku dari penolong Ali bin Abi Thalib yaitu orang-orang Syiah dari penduduk kufah adalah berkhianat. Maka dalam ungkapan Ali bin Abi Thalib, dia membandingkan antara bagaimana kesetiaan tentara Muawiyyah dengan pasukan Ali bin Abi Thalib. Bahkan Ali mengatakan, “Saya bersedia menggantikan satu orang dari pasukan Muawiyyah dengan empat puluh orang dari golongan kalian.” Hal ini karena Ali bin Abi Thalib melihat pasukan Muawiyyah begitu setia, patuh dan tunduk terhadap perintah Muawiyyah. Sedangkan pasukan Ali penuh dengan orang-orang yang memang suka berkhianat, licik dan seterusnya. Memang kalau kita lihat peta dari pasukan Ali bin Abi Thalib, dalam tentara beliau terdapat berbagai macam latar belakang. Diantaranya adalah orang-orang yang memang ikut dalam pemberontakan dan pembunuhan terhadap khalifah Utsman bin Affan. Merekalah yang selalu membuat masalah dalam pasukan Ali bin Abi Thalib.

Baca Juga:  Wajib Berlaku Adil Terhadap Yang Menyelisihi Kita - Al-Ishbah (Ustadz Kurnaedi, Lc.)

Hari demi hari, kondisi ini lebih parah dan ditambah lagi setelah Ali bin Abi Thalib selesai memerangi orang-orang khawarij, beliau ingin menundukkan Muawiyyah. Dalam hal ini, sebagian besar pasukan khalifah Ali bin Abi Thalib tidak bersemangat untuk mengikuti pertempuran lagi. Mereka ingin lari dari permasalahan atau fitnah yang terjadi.

Simak Penjelasan Lengkapnya dan Download MP3 Kajian Tentang Kisah Terbunuhnya Khalifah Ali bin Abi Thalib

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link kajian yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Baca Juga:  Berlemah Lembut - Bab 217 - Hadits 466 - Kitab Al-Adab Al-Mufrad (Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A.)

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: Rodja Official
Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

Pencarian: Kapan Terbunuhnya Khalifah Ali, Terbunuhnya Khalifah Ali bin Abi Thalib, Kisah Terbunuhnya Khalifah Ali bin Abi Thalib, Sejarah Terbunuhnya Khalifah Ali, Terbunuhnya Khalifah Ali bin Abi Thalib. 

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.