Telegram Rodja Official

Pentingnya Memahami Lafadz dalam Al-Qur’an

By  |  pukul 8:08 am

Terakhir diperbaharui: Kamis, 04 Jumadil awal 1440 / 10 Januari 2019 pukul 7:41 am

Tautan: https://rodja.id/21l

Pentingnya Memahami Lafadz dalam Al-Qur’an merupakan rekaman kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh: Ustadz Abdullah TaslimM.A. dalam pembahasan Kitab Ar-Risalah At-Tabukiyyah karya Imam Ibnu Qayyim Al-Jauziyah rahimahullah. Kajian ini disampaikan pada 18 Dzul Hijjah 1439 H / 30 Agustus 2018 M.

Status Program Kajian Kitab Ar-Risalah At-Tabukiyyah

Status program kajian kitab Ar-Risalah At-Tabukiyyah: AKTIF. Mari simak program kajian ilmiah ini di Radio Rodja 756AM dan Rodja TV setiap Kamis pagi, pukul 07:00 - 08:00 WIB.

Download juga kajian sebelumnya: Ketakwaan Kepada Allah

Kajian Islam Ilmiah Tentang Pentingnya Memahami Lafadz dalam Al-Qur’an – Kitab Ar-Risalah At-Tabukiyyah

Ibnul Qayyim rahimahullahu ta’ala memberikan keterangan tentang pentingnya kita membahas ilmu dan memahaminya dengan benar. Misalnya perbedaan-perbedaan antara kebaikan dan ketakwaan. Atau misalnya perbuatan dosa dan melampaui batas. Hal ini akan banyak memudahkan kita memahami Islam. Agar nantinya kita bisa menghadap Allah subhanahu wa ta’ala di atas ilmu yang jelas untuk keselamatan kita.

Baca Juga:  Sebab-Sebab Seseorang Berpaling dari Kebenaran

Ini adalah pembahasan yang agung, yang dengannya kita bisa mengambil manfaat yang besar dalam memahami lafadz-lafadz Al-Qur’an serta kandungannya. Juga memahami batasan-batasan yang diturunkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala kepada RasulNya. Ketika seseorang memahami petunjuk Allah dengan rinci dan mengetahui perbedaan satu lafadz dengan lafadz yang lain, maka ini adalah sebaik-baik ilmu dan harus diusahakan oleh setiap hamba agar dia bisa memahami firman Allah subhanahu wa ta’ala yang merupakan sebaik-baik petunjuk yang diturunkan kepada manusia.

Inilah ilmu yang bermanfaat. Maka dari itu didalam Al-Qur’an mencela orang-orang yang tidak memiliki pengetahuan tentang batasan-batasan apa yang diturunkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

الْأَعْرَابُ أَشَدُّ كُفْرًا وَنِفَاقًا وَأَجْدَرُ أَلَّا يَعْلَمُوا حُدُودَ مَا أَنزَلَ اللَّـهُ عَلَىٰ رَسُولِهِ ۗ وَاللَّـهُ عَلِيمٌ حَكِيمٌ ﴿٩٧﴾

Orang-orang Arab Badwi itu, lebih sangat kekafiran dan kemunafikannya, dan lebih wajar tidak mengetahui hukum-hukum yang diturunkan Allah kepada Rasul-Nya. Dan Allah Maha mengetahui lagi Maha Bijaksana.” (QS. At-Taubah[9]: 97)

Baca Juga:  Mengenal Nama Allah Al-Hasib dan Al-Karim - Kitab Mausu'ah Fiqh Al-Qulub (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

Jadi, orang yang tidak memahami Al-Qur’an, hal itu bukanlah perkara yang dianggap sepela. Memahami petunjuk dengan rinci akan menghasilkan petunjuk yang rinci pada diri kita. Manusia butuh petunjuk dan butuh rincian agar semakin menguatkan imannya. Sehingga hal itu menjadikan dirinya mudah untuk merenungkan sebaik-baik petunjuk yang dirunkan kepada manusia dalam ayat-ayat Al-Qur’an.

Ketidak tahuan manusia tentang hal ini akan mengandung dua kerusakan besar. 

Pertama, orang ini akan memasukkan kedalam lafadz itu sesuatu yang sebenarnya diluar. Sehingga ada hal-hal yang diluar makna kalimat ini dimasukkan karena kejahilannya. Akibat dari pemahaman yang keliru tentang masalah-masalah Islam ini, banyak orang yang berkata tentang sesuatu padahal Islam berlepas diri dari perbuatan tersebut. Ini termasuk perbuatan yang sangat buruk. Akibat dari ketidakfahaman dan tidak merujuk kepada penjelasan para ulama ahlussunnah wal jama’ah dalam masalah itu.

Baca Juga:  Hukum Menisbatkan Sunnah kepada Selain Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam (Ustadz Kurnaedi, Lc.)

Kedua, seseorang menghilangkan hukum dari lafadz yang ada. Oleh karena itu dia dikatakan telah memisahkan sesuatu yang dikumpulkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala.

Simak Kajian Lengkapnya, Download dan Sebarkan mp3 Ceramah Agama Islam Tentang Pentingnya Memahami Lafadz dalam Al-Qur’an – Kitab Ar-Risalah At-Tabukiyyah

Mari raih pahala dan kebaikan dengan membagikan tautan ceramah agama ini ke Jejaring Sosial yang Anda miliki seperti Facebook, Twitter, Google+ dan yang lainnya. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: Rodja Official
Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

 

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.