Pembahasan Sifat-Sifat Allah

By  |  pukul 3:28 pm

Terakhir diperbaharui: Selasa, 19 Rabiul awwal 1440 / 27 November 2018 pukul 7:01 pm

Tautan: https://rodja.id/23r

Pembahasan Sifat-Sifat Allah merupakan rekaman kajian Islam yang disampaikan oleh: Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan, M.A. dalam pembahasan Syarah Aqidah Thahawiyah karya Imam Ath-Thahawi rahimahullah. Kajian ini disampaikan pada 25 Muharram 1440 H / 05 Oktober 2018 M.

Status Program Kajian Kitab Syarah Aqidah Thahawiyah

Status program Kajian Syarah Aqidah Thahawiyah: AKTIF. Mari simak program kajian ilmiah ini di Radio Rodja 756AM dan Rodja TV setiap Jum'at pagi, pukul 06:00 - 07:30 WIB.

Download kajian sebelumnya: Penjelasan Tauhid dan Pembagiannya

Kajian Tentang Pembahasan Sifat-Sifat Allah – Syarah Aqidah Thahawiyah

Aqidah Ahlussunnah wal jama’ah yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah subhanahu wa ta’ala. Maha Dahulu tanpa permulaan, Maha Abadi tanpa kesudahan, Dia tidak akan fana dan tidak akan tidak boeh tidak punah, tidak akan terjadi kecuali apa yang Dia kehendaki, tidak dijangkau oleh angan-angan dan tidak pula dijangkau oleh akal dan fikiran manusia, tidak serupa dengan makhluk.

Sebagaimana yang telah dijelaskan, bahwa diantara tauhid yang wajib kita imani adalah tauhid asma wa sifat(meyakini keesaan Allah subhanahu wa ta’ala didalam nama-nama dan sifat-sifatNya). Allah subhanahu wa ta’ala yang memiliki asma’ul husna, nama-nama yang terbaik dan sifat-sifat yang sempurna, tidak ada yang serupa dengan Allah subhanahu wa ta’ala didalam sifat-sifatNya.

Baca Juga:  Hukum Menikah dengan Saudara Sepersusuan

Allah yang Maha Sempurna, Allah yang Maha Mulia, memiliki sifat-sifat dan nama-nama yang telah dijelaskan oleh Allah subhanahu wa ta’ala didalam Al-Qur’an dan juga yang telah dijelaskan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam didalam hadits-haditsnya.

Landasan Aqidah Dalam Mengimani Sifat-Sifat Allah

PertamaAhlussunnah wal jama’ah mengimani seluruh nama-nama dan sifat-sifat Allah yang tertera didalam Al-Qur’an. Menetapkan semua hal itu sebagaimana tertera didalam Al-Qur’an dan hadits-hadits yang shahih tanpa diselewengkan atau ditakwil. Tidak diingkari nama-nama, sifat-sifat dan hakikatnya. Juga tidak diselewengkan dan diserupakan dengan sifat-sifat makhluk serta tidak menanyakan tentang hakikat-hakikatnya.

Itulah yang wajib kita pahami. Bahwa seluruh yang tertera didalam Al-Qur’an dan hadits tentang sifat-sifat Allah wajib kita imani.

Kedua, bahwa tidak boleh kita serupakan sifat tersebut dengan sifat makhluk. Artinya, bahwa didalam mengimani dan menetapkan sifat-sifat tersebut, sifat tersebut tidak serupa dengan sifat seorangpun dari makhluk.

Baca Juga:  Bab Asma'ul Husna - Bagian ke-3 - Kitab Al-Qaulul Mufid (Ustadz Abu Haidar As-Sundawy)

Ketiga, kita tidak membahas tentang hakikatnya. Karena yang demikian itu adalah perkara yang tidak bisa dicerna oleh nalar dan akal kita.

Oleh karena itu, kita wajib mengikuti apa yang telah dijelaskan oleh para ulama Ahlussunnah wal jama’ah sesuai dengan Al-Qur’an dan Sunnah. Mengimani apa yang tertera dalam Al-Qur’an, sebagaimana yang telah dijelaskan oleh Allah subhanahu wa ta’ala, begitu juga mengimani apa yang telah dijelaskan oleh Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam hadits-haditsnya yang shahih.

Sifat-Sifat Allah Subhanahu wa Ta’ala

Diantara sifat-sifat Allah subhanahu wa ta’ala adalah Yang Maha Awal. Yang tidak ada seorang pun sebelumnya. Dan Allah Yang Maha Kekal tanpa kesudahan. Ini adalah makna dari nama Allah subhanahu wa ta’ala yang tertera dalam firmanNya:

هُوَ الْأَوَّلُ وَالْآخِرُ وَالظَّاهِرُ وَالْبَاطِنُ ۖ وَهُوَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ ﴿٣﴾

Baca Juga:  Ciri-Ciri Ahlul Bid'ah Bagian 2

Dialah Yang Awal dan Yang Akhir Yang Zhahir dan Yang Bathin; dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu.” (QS. Al-Hadid[57]: 3)

Waktu dan tempat tidak meliputi Allah subhanahu wa ta’ala. Allah yang menciptakan segala sesuatu, tempat dan waktu. Tidak ada yang mendahului Allah subhanahu wa ta’ala. Dan keberadaan Allah akan abadi tanpa kesudahan.

Simak Penjelasan Lengkapnya dan Download MP3 Kajian Tentang Pembahasan Sifat-Sifat Allah – Syarah Aqidah Thahawiyah

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link kajian yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah subhanahu wa ta’ala membalas kebaikan Anda.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: Rodja Official
Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.