Kesempurnaan Sifat-Sifat Allah

By  |  pukul 3:53 pm

Terakhir diperbaharui: Selasa, 19 Rabiul awwal 1440 / 27 November 2018 pukul 7:01 pm

Tautan: https://rodja.id/23t

Kesempurnaan Sifat-Sifat Allah merupakan rekaman kajian Islam yang disampaikan oleh: Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan, M.A. dalam pembahasan Syarah Aqidah Thahawiyah karya Imam Ath-Thahawi rahimahullah. Kajian ini disampaikan pada 10 Shafar 1440 H / 19 Oktober 2018 M.

Status Program Kajian Kitab Syarah Aqidah Thahawiyah

Status program Kajian Syarah Aqidah Thahawiyah: AKTIF. Mari simak program kajian ilmiah ini di Radio Rodja 756AM dan Rodja TV setiap Jum'at pagi, pukul 06:00 - 07:30 WIB.

Download kajian sebelumnya: Keagungan dan Kesempurnaan Allah

Kajian Tentang Kesempurnaan Sifat-Sifat Allah – Syarah Aqidah Thahawiyah

Allah subhanahu wa ta’ala tetap dan senantiasa memiliki sifat-sifatNya. Maha Mendahului sebelum Dia menciptakan. Sifat Allah subhanahu wa ta’ala tidaklah bertambah dengan keberadaan makhluk. Dan sebagaimana Dia dengan sifat-sifatNya Azali, maka dia senantiasa juga dengan sifat-sifatNya selama-lamanya. Allah subhanahu wa ta’ala tidaklah menyandang nama Al-Khaliq (Sang Pencipta) setelah menciptakan makhluk. Begitu juga Allah subhanahu wa ta’ala tidaklah memiliki nama Al-Bari (Pencipta Yang Mengadakan) setelah Allah yang menciptakan makhluk. Allah subhanahu wa ta’ala memiliki seluruh makna sifat-sifat yang berkaitan dengan rububiyah Allah yang sebelumnya belum ada makhluk. Dan Allah memiliki sifat atau makna Al-Khaliq (Sang Pencipta) yang sebelumnya belum ada ciptaan. Allah berhak memiliki nama ini sebelum Allah menciptakan atau menghidupkan mereka.

Baca Juga:  Tawadhu - Bagian ke-1 - Bimbingan Islam (Ustadz Jazuli, Lc.)

Yang demikian itu semuanya bahwa Allah adalah Maha Kuasa atas segala sesuatu dan seluruh makhluk butuh kepadaNya. Dan segala perkara, bagi Allah sangat mudah. Allah tidak butuh kepada sesuatu apapun, tidak ada sesuatupun yang serupa denganNya, dan Dialah yang Maha Mendengar dan Maha Melihat.

Imam Ath-Thahawi rahimahullah ingin menjelaskan bahwa Allah subhanahu wa ta’ala memiliki sifat yang sempurna dengan kesempurnaan yang mutlak. Kesempurnaan tersebut ada bersama diri Allah secara Azali. Allah telah ada dan tidak satupun makhluk sebelum Allah. Adanya Allah, memiliki sifat yang sempurna. Dan kesempurnaan tersebut tidaklah dimiliki oleh Allah setelah Allah menciptakan makhluknya. Artinya kesempurnaan tersebut senantiasa menyertai diri Allah subhanahu wa ta’ala.

Maka aqidah ahlussunnah meyakini Allah Maha Sempurna. Nama Allah Al-Khaliq (Sang Pencipta) dan juga Al-Bari (Pencipta Yang Mengadakan), semua itu telah dimiliki oleh Allah sebelum Allah subhanahu wa ta’ala menciptakan makhluk.

Baca Juga:  Disyariatkannya Wali Dalam Pernikahan Wanita - Tuntunan Praktis Fiqih Wanita

Berbeda dengan keyakinan Mu’tazilah, Ahlul Kalam, bahwa nama dan sifat tersebut belum dimiliki oleh Allah kecuali bila Allah telah menciptakan. Ini jelas aqidah yang batil. Tentunya Maha Suci Allah dari keyakinan yang seperti itu.

Simak Penjelasan Lengkapnya dan Download MP3 Kajian Tentang Kesempurnaan Sifat-Sifat Allah – Syarah Aqidah Thahawiyah

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link kajian yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah subhanahu wa ta’ala membalas kebaikan Anda.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: Rodja Official
Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Baca Juga:  Indahnya Islam (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.