Telegram Rodja Official

Fiqih Pendidikan Anak

Menjaga Kesehatan Anak

By  |  pukul 8:47 am

Terakhir diperbaharui: Minggu, 30 Desember 2018 pukul 7:13 pm

Tautan: https://rodja.id/25j

Menjaga Kesehatan Anak adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan tentang cara mendidik anak secara Islami (fiqih pendidikan anak). Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abdullah Zaen, M.A. pada 7 Jumadal Akhirah 1438 H / 06 Maret 2017 M.

Download mp3 kajian sebelumnya: Mempersiapkan Anak Untuk Berdakwah

Kajian Tentang Menjaga Kesehatan Anak

Kesehatan jasmani manupun kesehatan rohani adalah dua jenis kesehatan yang sangat diperlukan. Hanya saja pembahasan kita kali ini adalah tentang kesehatan jasmani. Ketika kita membahas tentang kesehatan jasmani, bukan berarti kesehatan rohani tidak penting. Bahkan kesehatan rohani adalah yang paling penting. Dan pembahasan tentang kesehatan rohani telah kita bahas pada pembahasan sebelum-sebelumnya. Tentang akhlak, iman kepada Allah, itu semua adalah bagian dari kesehatan rohani.

Kita semua tahu bahwa tubuh yang sehat adalah nikmat sekaligus amanah dari Allah yang harus kita jaga. Maka dalam sebuah hadits, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjelaskan bahwa mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah subhanahu wa ta’ala dibandingkan dengan mukmin yang lemah. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

اَلْـمُؤْمِنُ الْقَـوِيُّ خَـيْرٌ وَأَحَبُّ إِلَـى اللهِ مِنَ الْـمُؤْمِنِ الضَّعِيْفِ، وَفِـيْ كُـلٍّ خَـيْـرٌ ،

Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah Azza wa Jalla dari pada Mukmin yang lemah; dan pada keduanya ada kebaikan.” (HR. Muslim no. 2664)

Baca Juga:
Syafaat Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam Pada Hari Kiamat

Ketika kita membahas mukmin yang kuat lebih baik dari pada mukmin yang lemah, bukan berarti mukmin yang lemah tidak memiliki kebaikannya. Tapi kita sedang membahas mana yang lebih baik. Mukmin yang lemah juga dicintai oleh Allah. Tapi mana yang lebih dicintai oleh Allah? Tentunya mukmin yang lebih kuat. Mukmin yang lemah mempunyai kebaikan, tapi kebaikan yang ada pada mukmin yang kuat lebih besar dalam mukmin yang lemah.

Maksud kata kuat yang disebutkan dalam hadits ini adalah kekuatan iman. Namun bukan berarti kekuatan fisik tidak terpuji. Kekuatan fisik terpuji. Karena mukmin yang fisiknya kuat, dia berpeluang untuk bisa melakukan ibadah-ibadah yang tidak bisa dilakukan oleh mukmin yang lemah.

Orang yang fisiknya kuat, dia lebih kuat berpuasa dari pada orang yang fisiknya lemah. Berarti ibadahnya bisa lebih banyak dari orang yang fisiknya lemah. Orang yang fisiknya kuat, dia bisa berjihad dijalan Allah dibandingkan orang beriman yang fisiknya lemah. Orang yang fisiknya kuat, maka dia lebih bisa mengikuti kerjabakti membantu orang lain. Sehingga peluang untuk mendapatkan pahala lebih besar dibandingkan mukmin yang lemah.

Maka, kekuatan yang ada dalam hadits ini, walaupun aslinya untuk kekuatan iman, akan tetapi tidak menghalangi untuk dimaksudkan kepada kekuatan fisik. Oleh karena itu kewajiban kita sebagai orang tua adalah menjaga kesehatan fisik anak-anak kita. Karena anak-anak adalah amanah dari Allah subhanahu wa ta’ala agar mereka menjadi mukmin yang kuat, sehat jasmani dan rohani.

Baca Juga:
Meneladani Wara' Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam

Kalau kita perhatikan, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan kaum mukminin agar mereka memiliki olahraga fisik. Ada panahan, berkuda, berenang, dan olahraga-olahraga yang benar-benar membentuk fisik menjadi lebih kuat. Dahulu, beberapa sahabat terbiasa berlatih untuk mempersiapkan fisik mereka. Sehingga ketika suatu saat fisik itu diperlukan, mereka sudah siap. Hal itu menunjukkan bahwa kesehatan harus diperhatikan.

Kesehatan Mulut

Untuk menjaga kesehatan mulut adalah dengan cara membiasakan anak untuk bersiwak. Siwak adalah alat yang digunakan untuk membersihkan gigi.

Menit ke – 12:05

Simak Penjelasan Lengkap dan Download mp3 Kajian Tentang Menjaga Kesehatan Anak

Mari turut membagikan hasil rekaman ataupun link ceramah agama ini melalui jejaring sosial Facebook, TwitterGoogle+ dan yang lainnya agar orang lain bisa turut mengambil manfaatnya. Semoga Allah subhanahu wa ta’ala membalas kebaikan Anda.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: Rodja Official
Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× 2 = 20

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.