Rodja Peduli

Fiqih Pendidikan Anak

Menjaga Kesehatan Mata Anak

By  |  pukul 9:12 am

Terakhir diperbaharui: Minggu, 30 Desember 2018 pukul 7:13 pm

Tautan: https://rodja.id/25k

Menjaga Kesehatan Mata Anak adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan tentang cara mendidik anak secara Islami (fiqih pendidikan anak). Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abdullah Zaen, M.A. pada 21 Jumadal Akhirah 1438 H / 20 Maret 2017 M.

Download mp3 kajian sebelumnya: Menjaga Kesehatan Anak

Kajian Tentang Menjaga Kesehatan Mata Anak

Mata merupakan salah satu diantara nikmat Allah yang terbesar. Bukan hanya keindahannya, tapi juga fungsinya. Ketika Allah menguji kita dengan tidak bisa melihat, kita bisa membayangkan bagaimana sulitnya kita. Kita tidak bisa melihat hijaunya pepohonan, sawah yang menguning, bagaimana tampan dan cantiknya rupa anaknya, tidak bisa melihat Al-Qur’an kecuali dengan huruf braille. Jadi mata adalah nikmat yang terbesar. Maka dalam salah satu ayat Al-Qur’an, Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

أَلَمْ نَجْعَل لَّهُ عَيْنَيْنِ ﴿٨﴾

Bukankah Kami telah memberikan kepadanya dua buah mata,” (QS. Al-Balad[90]: 8)

Pada ayat ini Allah sedang mengingatkan tentang nikmat tersebut. Bahwa mata yang ada dalam wajah kita adalah pemberian Allah subhanahu wa ta’ala. Allah kuasa untuk tidak memberikan mata itu kepada orang lain. Maka bisa saja bayi yang terlahir dalam keadaan tidak memiliki mata. Maka beruntunglah orang yang menggunakan nikmat mata ini untuk jalan kebaikan dan merugilah orang yang menggunakan nikmat mata, lisan dan nikmat-nikmat yang lainnya untuk jalan keburukan.

Baca Juga:
Wajibnya Mentaati Dan Meneladani Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam

Mata dan lisan ini bisa menghantarkan ke surga, juga bisa menghantarkan kita ke neraka. Bagaimana kita mau menggunakannya saja? Lisan yang Allah berikan, kalau kita berikan untuk berdzikir, membaca Al-Qur’an, berdakwah, amar ma’ruf nahi munkar, maka itu insyaAllah akan memudahkan jalan kita ke surga. Tapi jika lisan ini kita gunakan untuk menyakiti orang lain, menggunjing, berdusta, mencela orang lain, maka yang seperti ini, dikhawatirkan akan menghantarkan pelakunya ke neraka.

Maka gunakanlah untuk membaca Al-Qur’an, membaca kitab-kitab agama, untuk hal-hal yang bisa menambah keimanan kita, melihat indahnya dan agungnya ciptaan-ciptaan Allah subhanahu wa ta’ala yang kemudian membuat iman kita semakin bertambah. Juga pertahankanlah kesehatan mata ini.

Oleh karena itu anak dan orang tua perlu mengetahui cara untuk menjaga mata dengan benar. Ada tiga poin yang dibahas dalam kajian ini. Yaitu:

Hindarkan Cidera Mata

Kita sebagai orang tua harus hati-hati menutup yang kira-kira akan membahayakan anak kita. Apalagi anak kita masih kecil yang belum tahu apa-apa. Termasuk juga hal-hal yang bisa membuat mata cidera adalah debu. Kita perlu biasakan anak kita untuk menghindarkan mata anak kita dari debu.

Menit ke – 10:14

Simak Penjelasan Lengkap dan Download mp3 Kajian Tentang Menjaga Kesehatan Mata Anak

Baca Juga:
Aqidah Imam Bukhari

Mari turut membagikan hasil rekaman ataupun link ceramah agama ini melalui jejaring sosial Facebook, TwitterGoogle+ dan yang lainnya agar orang lain bisa turut mengambil manfaatnya. Semoga Allah subhanahu wa ta’ala membalas kebaikan Anda.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.