Sebab-Sebab Yang Menyempurnakan Hijrah

By  |  pukul 11:20 am

Terakhir diperbaharui: Kamis, 28 Rabiul awwal 1440 / 06 Desember 2018 pukul 8:49 am

Tautan: https://rodja.id/268

Sebab-Sebab Yang Menyempurnakan Hijrah merupakan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh: Ustadz Abdullah TaslimM.A. dalam pembahasan Kitab Ar-Risalah At-Tabukiyyah karya Imam Ibnu Qayyim Al-Jauziyah rahimahullah. Kajian ini disampaikan pada 7 Rabbi’ul Awwal 1440 H / 15 November 2018 M.

Status Program Kajian Kitab Ar-Risalah At-Tabukiyyah

Status program kajian kitab Ar-Risalah At-Tabukiyyah: AKTIF. Mari simak program kajian ilmiah ini di Radio Rodja 756AM dan Rodja TV setiap Kamis pagi, pukul 07:00 - 08:00 WIB.

Download juga kajian sebelumnya: Makna Hijrah Kepada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam

Kajian Islam Ilmiah Tentang Sebab-Sebab Yang Menyempurnakan Hijrah – Kitab Ar-Risalah At-Tabukiyyah

Imam Qatadah bin Di’amah as-Sadusi rahimahullahu ta’ala berkata bahwa ada dua kalimat yang akan Allah tanyakan kepada semua jin dan manusia. Yaitu, apa yang kalian sembah di dunia ini? dan Bagaimana kalian menjawab seruan para Nabi dan para Rasul ‘alaihimush shalatu was salam untuk mengikuti jalan Allah yang lurus?

Baca Juga:  Kisah tentang Berita Bohong yang Menimpa Aisyah radhiyallahu 'anha / Haditsatul Ifki - Bagian ke-2 - Kitab Ahsanul Bayan (Ustadz Kurnaedi, Lc.)

Maka pada kajian kali ini dibahas tentang sikap yang menunjukkan iman yang benar kepada Allah subhanahu wa ta’ala dan RasulNya serta bagaimana sikap yang menggambarkan benarnya pengakuan yang mempersaksikan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai utusan Allah.

Imam Ibnu Qayyim rahimahullahu ta’ala berkata bahwa tidaklah mereka dikatakan beriman dengan benar sampai mereka mau menjadikan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam sebagai hakim pemutus dalam persengketaan mereka. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

فَلَا وَرَبِّكَ لَا يُؤْمِنُونَ حَتَّىٰ يُحَكِّمُوكَ فِيمَا شَجَرَ بَيْنَهُمْ ثُمَّ لَا يَجِدُوا فِي أَنفُسِهِمْ حَرَجًا مِّمَّا قَضَيْتَ وَيُسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Maka demi Rabb-mu, mereka (pada hakikatnya) tidak beriman hingga mereka menjadikan kamu hakim terhadap perkara yang mereka perselisihkan, kemudian mereka tidak merasa keberatan dalam hati mereka terhadap putusan yang kamu berikan, dan mereka menerima dengan sepenuhnya.” (QS. An-Nisa’[4]: 65)

Baca Juga:  Bab Berfatwa Sambil Berdiri di Atas Kendaraan dan Bab Menjawab Fatwa dengan Isyarat Tangan - Hadits 83-86 - Kitab Shahih Bukhari (Ustadz Badrusalam, Lc.)

Dalam ayat ini Allah subhanahu wa ta’ala bersumpah dengan sebesar-besar sumpah. Yaitu sumpah bahwa mereka tidaklah beriman sampai mereka mau mengembalikan hukum kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam semua masalah yang mereka perselisihkan. Yaitu semua masalah yang mereka perdebatkan dalam semua urusan agama ini. Baik itu masalah iman, aqidah, ibadah, masalah sebab-sebab untuk mendekatkan diri kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Adapun untuk urusan dunia, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan:

أَنْتُمْ أَعْلَمُ بِأَمْرِ دُنْيَاكُمْ

“Kamu lebih mengetahui urusan duniamu.”  (HR. Muslim, no. 2363)

Untuk urusan dunia, maka ini tentu bukan haknya untuk dikembalikan kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kecuali urusan-urusan dunia yang menyangkut urusan akhirat.

Baca Juga:  Al-Qur'an Kalamullah Dan Bukan Makhluk - Kitab Al-Ibanah

Simak penjelasannya pada menit ke – 07:50

Simak Kajian Lengkapnya, Download dan Sebarkan mp3 Ceramah Agama Islam Tentang Sebab-Sebab Yang Menyempurnakan Hijrah – Kitab Ar-Risalah At-Tabukiyyah

Mari raih pahala dan kebaikan dengan membagikan tautan ceramah agama ini ke Jejaring Sosial yang Anda miliki seperti Facebook, Twitter, Google+ dan yang lainnya. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: Rodja Official
Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

Telegram Rodja Official

2 Comments

  1. Muhamad Harun

    Kamis, 28 Rabiul awwal 1440 / 06 Desember 2018 at 08:45

    FYI.
    Di souncloud tidak ada fasilitas download..
    Sama dengan materi ustad A Taslim sebelumnya.
    Syukron

    • Admin Radio Rodja

      Kamis, 28 Rabiul awwal 1440 / 06 Desember 2018 at 09:01

      Alhamdulillah sekarang server kita sudah normal dan bisa download lagi.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.