Telegram Rodja Official

Hakikat Cinta dan Benci dalam Islam (Ustadz Abdullah Taslim, M.A.)

By  |  pukul 7:10 am

Terakhir diperbaharui: Rabu, 09 Jumadil akhir 1435 / 09 April 2014 pukul 2:20 pm

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=4625

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abdullah Taslim, M.A.

Ceramah agama ini adalah yang disampaikan pada Rabu pagi, 7 Shafar 1435 / 11 Desember 2013, pukul 05:30-07:00 WIB, menggantikan jadwal kajian kitab Al-Irsyad ila Shahih Al-I’tiqad. Kajian tematik yang dibawakan oleh Ustadz Abdullah Taslim, M.A. ini, bertemakan sangat menarik, yaitu Hakikat Cinta dan Benci dalam Islam.

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Hakikat Cinta dan Benci dalam Islam

Dalam kajian ini, saya (Ustadz Abdullah Taslim, Ed) akan meringkas sebuah pembahasan yang disampaikan oleh Imam Ahlus Sunnah, Imam Ibnul Qayyim bin Syamsuddin Al-Jauziyyah dalam kitab beliau, Fawaidul Fawaid, tentang salah satu makna dari surga dunia, tentang salah satu sebab yang menjadikan hati orang yang beriman tenang.

Baca Juga:  Orang-Orang yang Tertipu (Ustadz Abu Fairuz Ahmad Ridwan, M.A.)

Orang yang mengenal Allah Subahanahu wa Ta’ala dengan kesempurnaan rahmatNya dan kebaikanNya merasa hatinya beristirahat, tidak memikirkan berbagai macam resiko, dan pasrah kepada pilihan dari Dzat yang Maha Mengetahui segala sesuatu sebelum maupun sesudah terjadinya, dibandingkan dengan seseorang yang menyibukkan pikirannya padahal dia tidak mengetahui akibat dari segala sesuatu. Itulah keadaan manusia.

Maka dari itu, agama Islam mengajarkan kepada kita, sebab yang akan menjadikan hati kita tenang dalam segala bentuk keyakinan yang diajarkan dalam Islam. Allah Subhanahu wa Ta’ala yang menurunkan agamanya, Maha Mengetahui, bahwa manusia membutuhkan sesuatu yang menjadikan diri mereka hidup dalam kebahagiaan dan kegembiraan, asal mereka tahu dan mau menempuh cara yang ditentukan dalam syariat Islam tersebut.

Baca Juga:  Bagaimana Kita Menyambut Bulan Ramadhan - Mutiara Sahur (Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A.)

Firman Allah Subhanahu wa Ta’ala yang disebutkan dalam Al-Qur’an, ketika Allah Subhanahu wa Ta’ala menyebutkan tentang pensyariatan jihad.

كُتِبَ عَلَيْكُمُ الْقِتَالُ وَهُوَ كُرْهٌ لَّكُمْ وَعَسَى أَن تَكْرَهُواْ شَيْئاً وَهُوَ خَيْرٌ لَّكُمْ وَعَسَى أَن تُحِبُّواْ شَيْئاً وَهُوَ شَرٌّ لَّكُمْ وَاللّهُ يَعْلَمُ وَأَنتُمْ لاَ تَعْلَمُونَ (البقرة: ٢١٦)

“Diwajibkan atas kamu berperang, padahal berperang itu adalah sesuatu yang kamu benci. Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (Q.S. Al-Baqarah [2]: 216)

Dan seterusnya.

Simak penjelasan lebih lanjut dari taushiyah berharga dan menenteramkan jiwa bersama Ustadz Abdullah Taslim, M.A.. Silakan download MP3 ceramah agama Islamnya.

Baca Juga:  Berdoa Hanya kepada Allah Ta'ala (Ustadz Yazid Abdul Qadir Jawas)

Download Ceramah Agama: Ustadz Abdullah Taslim – Hakikat Cinta dan Benci dalam Islam

Mari bagikan kepada saudara-saudara kita. Silakan gunakan menu media sosial (like, tweet, dan +1) yang telah disediakan untuk berbagi ke media sosial. Jazakumullahu khoiron.

Telegram Rodja Official

2 Comments

    Tinggalkan Balasan

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.