Masjid Al-Barkah

Menguak Misteri Kesyirikan

Pengertian dan Hukum Syirik Kecil

By  |  pukul 9:32 am

Terakhir diperbaharui: Kamis, 24 Maret 2022 pukul 9:53 am

Tautan: https://rodja.id/3et

Pengertian dan Hukum Syirik Kecil adalah ceramah agama dan kajian Islam ilmiah yang  disampaikan oleh Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc. langsung dari Masjid Al-Barkah, Cileungsi. Pada Sabtu, 10 Dzul Qa’idah 1440 H / 13 Juli 2019 M.

Download kajian sebelumnya: Macam-Macam Syirik Beserta Contoh-Contoh Perbuatan Syirik

Kajian Tentang Pengertian dan Hukum Syirik Kecil

Tema yang kita angkat pada kali ini adalah lanjutan dari kajian-kajian yang sudah kita mulai dan terputus dengan beberapa moment yang ada. Yaitu kajian dengan tema Menguak Misteri Kesyirikan. Ini adalah pertemuan yang ke-4.

Pada petemuan Misteri Kesyirikan Bagian 1, saya membahas tentang pengertian kesyirikan baik secara bahasa atau secara istilah syariat. Dan saya sebutkan pada pertemuan tersebut bahwa pengertian secara istilah syariat yaitu ada tiga pengertian, kemudian sudah saya sebutkan juga pengertian yang menyimpang pada kesyirikan. Pada pertemuan itu juga, saya menyebutkan tentang buruknya kesyirikan.

Lalu setelah itu, pada bagian yang ke-2 kita membahas tentang sarana-sarana yang menghantarkan seseorang kepada kesyirikan.

Kemudian pada pertemuan yang ke-3 kita membahas tentang macam-macam kesyirikan. Dimana kesyirikan menjadi 2, yaitu syirik besar dan syirik kecil. Pada pertemuan ini kita sudah membahas syirik besar. Bahwasannya kita katakan syirik besar terbagi pada tiga kesyirikan. Syirik dalam rububiyyah, syirik dalam nama-nama dan sifat-sifat Allah, dan syirik dalam uluhiyyah.

Baca Juga:
Lailatul Qadar

Pada petemuan yang ke-4 ini kita memulai membahas tentang pembagian syirik menjadi syirik asghar.

1. Pengertian Syirik Asghar

Pengertian syirik asghar disebutkan oleh Syaikh Sulaiman bin Abdullah bin Muhammad bin Abdul Wahhab At-Tamimi Rahimahullahu Ta’ala yang merupakan cucu dari Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab Rahimahullahu Ta’ala yang mempunyai kitab sangat terkenal dalam Kitab Syarah Kitab Tauhid, yaitu Taisir al-‘Aziz al-Hamid (Syarah Kitab Tauhid). Beliau mengatakan pengertian syirik kecil ini. Yaitu segala sesuatu yang merupakan sarana kepada syirik akbar dan dilarang oleh syariat serta dinamai oleh syariat sebagai perbuatan syirik.

Tiga poin dari pengertian syirik asghar yang insyaAllah mengumpulkan seluruh kata yang diperlukan dalam pengertian dan menolak kata-kata yang tidak diperlukan dalam pengertian tersebut.

Seperti hadits Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dalam riwayat Imam Ath-Thabrani, dari Rafi bin Khadij bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

أَخْوَفَ مَا أَخَافُ عَلَيْكُمْ الشِّرْكُ الْأَصْغَرُ

“Sesuatu yang paling aku takutkan atas umatku syirik kecil.”

Lihat di situ, Rasul Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dalam hadits ini menamai dia sebagai syirik. Kemudian para sahabat bertanya:

وَمَا الشِّرْكُ الْأَصْغَرُ

“Apa itu syirik asghar?”

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menjawab:

الرِّيَاءُ

“Dia adalah riya’”

Berarti riya’ adalah syirik asghar. Karena dinamai oleh syariat sebagai perbuatan syirik sebagaimana pengertian yang sudah kita sebutkan tadi. Begitu juga dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud, Imam Tirmidzi, Imam Ahmad, Imam Hakim, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

Baca Juga:
Orang Berakal Selalu Memeriksa Niat

مَنْ حَلَفَ بِغَيْرِ اللَّهِ فَقَدْ أَشْرَكَ

“Barangsiapa yang bersumpah dengan nama selain Allah, maka sungguh dia telah melakukan kesyirikan.”

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menyebut bahwa hal itu adalah perbuatan syirik. Dinamai oleh syariat sebagai perbuatan syirik. Maka kita katakan bahwa pengertian syirik asghar adalah (1) segala sesuatu yang menghantarkan kepada syirik akbar, (2) dilarang oleh syariat, (3) dinamai oleh syariat sebagai perbuatan syirik.

2. Hukum Syirik Asghar

Kalau kita berbicara hukum, maka berarti kita kembalikan kepada permasalahan definisi hukum secara ushul fiqh. Para ulama mengatakan bahwa hukum secara ushul fiqh defenisinya adalah redaksi dari Allah yang berhubungan dengan perbuatan hamba yang dibebani ibadah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Maka ketika kita berbicara hukum syirik asghar, berarti dia adalah redaksi dari Allah yang berkaitan dengan hamba yang diwajibkan beribadah tentang menjauhi syirik asghar.

Apa hukum syirik asghar? Simak pada menit ke-13:51

Simak dan Download mp3 Kajian Tentang Pengertian dan Hukum Syirik Kecil

Mari turut membagikan hasil rekaman ataupun link ceramah agama ini melalui jejaring sosial Facebook, Twitter dan yang lainnya agar orang lain bisa turut mengambil manfaatnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Baca Juga:
Aqidah Intisari Dakwah

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.