Telegram Rodja Official

Keutamaan dan Kemuliaan Ilmu

Perintah Dari Nabi Untuk Menyebarkan Ilmu

By  |  pukul 9:47 am

Terakhir diperbaharui: Selasa, 14 Juli 2020 pukul 11:04 am

Tautan: https://rodja.id/2ow

Perintah Dari Nabi Untuk Menyebarkan Ilmu adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Keutamaan dan Kemuliaan Ilmu. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abdullah TaslimM.A. pada Kamis, 18 Dzulqa’dah 1441 H / 9 Juli 2020 M.

Ceramah Agama Islam Tentang Perintah Dari Nabi Untuk Menyebarkan Ilmu

Alhamdulillah, saat kita masih menjelaskan segi-segi atau beberapa poin penting yang menunjukkan keutamaan dan kemuliaan ilmu. Sekarang kita memasuki segi yang ke-42.

Al-Imam Ibnul Qayyim Rahimahullahu Ta’ala di segi yang ke-42 ini menjelaskan tentang perintah dari Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam untuk menyebarkan ilmu kepada umat atau generasi yang datang setelahnya. Perintah ini disampaikan di hadapan para sahabat Radhiyallahu Ta’ala ‘Anhum Ajma’in untuk mereka sampaikan kepada generasi yang datang setelahnya sehingga sampai di akhir zaman umatnya Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam akan senantiasa mendapatkan bimbingan ilmu yang bersumber dari petunjuk Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, dari wahyu Allah Subhanahu wa Ta’ala, sehingga kebaikan tetap ada pada diri mereka bagi orang-orang yang tentu mau mempelajarinya. Maka dengan perintah ini menunjukkan keutamaan dan kemuliaan ilmu.

Kita lihat apa yang disampaikan oleh Imam Ibnul Qayyim Rahimahullahu Ta’ala dalam poin ini, kata beliau:

Baca Juga:
Menegakkan Keadilan Karena Allah Subhanahu wa Ta'ala

Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam memerintahkan kepada kita untuk menyampaikan ilmu (petunjuk) yang beliau bawa dari sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dan di dalam hadits yang shahih riwayat Imam Al-Bukhari dan Muslim dari sahabat yang mulia ‘Abdullah Ibnu ‘Amr Radhiyallahu Ta’ala ‘Anhuma beliau berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

بلِّغُوا عَنِّي ولَوْ آيَةً، وحَدِّثُوا عنْ بَنِي إسْرَائيل وَلا حَرجَ، ومنْ كَذَب علَيَّ مُتَعمِّداً فَلْيتبَوَّأْ مَقْعَدهُ مِنَ النَّار

“Sampaikanlah petunjuk dariku meskipun satu ayat dan ceritakanlah tentang Bani Israil dan tidak mengapa. Dan barangsiapa yang berdusta atas namaku dengan sengaja hendaknya dia menempatkan tempat duduknya dari api neraka.” (HR. Bukhari Muslim)

Ini sabda Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam untuk menyampaikan ilmu dari beliau, tentu saja seperti yang sudah kita terangkan. Banyak orang yang salah memahami hadits ini: “Sampaikanlah dariku meskipun satu ayat”, maka sebagian orang beralasan bahwa tidak perlu belajar dan cukup mendengar ada sebuah ayat Al-Qur’an atau sebuah hadits, sampaikan saja. Alasan mereka adalah karena kita diperintahkan untuk menyampaikan dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam meskipun satu ayat.

Maka kita katakan, perintah ini betul dan haditsnya kita baca sekarang, hadits shahih riwayat sahabat Abdullah bin ‘Amr bin ‘Ash Radhiyallahu Ta’ala ‘Anhuma. Tapi ketika Anda menyampaikan tanpa ilmu, hanya sekedar membaca terjemahan atau secara lafadz saja Anda sampaikan, siapa yang menjamin Anda benar-benar menyampaikan dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam? Bisa jadi Anda menyampaikan dari pemikiran sendiri, dari hawa nafsu sendiri, akhirnya salah pemahamannya, berarti Anda tidak menyampaikan dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, Anda menyampaikan dari pemahaman Anda sendiri.

Baca Juga:
Cara Agar Sholat Khusyu'

Semua ilmu, yang dalam urusan dunia saja kalau kita ingin sampaikan kepada orang lain kita betul-betul harus memahaminya. Bahkan sekarang syaratnya orang harus menjadi ahli dulu baru bisa menyampaikan, baru bisa memberikan bimbingan atau menyampaikan ilmu tersebut kepada orang lain. Apalagi ilmu agama yang berhubungan dengan masalah iman, perkara-perkara yang ghaib, yang berhubungan dengan masalah halal dan haram. Bagaimana Anda menyampaikan hanya sekedar mendengar, padahal Anda belum memahami.

Jadi maksud “menyampaikan dariku” yaitu dari Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam; lafadznya dari Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dan pemahamannya juga dari Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, bukan dari pemahaman atau pikiran masing-masing manusia.

Download mp3 dan simak penjelasan lengkapnya..

Download MP3 Kajian Tentang Perintah Dari Nabi Untuk Menyebarkan Ilmu

Download mp3 kajian yang lain di mp3.radiorodja.com

Mari turut membagikan link download kajian Perintah Dari Nabi Untuk Menyebarkan Ilmu yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pembuka pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: Rodja Official
Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

Baca Juga:
Akhlak Pengemban Al-Quran Beserta Doa Penyejuk Hati dan Pikiran

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

43 + = 48

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.