Rodja Peduli

Mencetak Generasi Rabbani

Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Anak

By  |  pukul 4:10 pm

Terakhir diperbaharui: Jumat, 12 Maret 2021 pukul 12:56 pm

Tautan: https://rodja.id/2zt

Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Anak merupakan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh Ustadz Abu Ihsan Al-Atsaary dalam pembahasan Mencetak Generasi Rabbani. Kajian ini disampaikan pada Selasa, 25 Rajab 1442 H / 09 Maret 2021 M.

Kajian sebelumnya: Mempersiapkan Anak Untuk Berdakwah

Kajian Islam Ilmiah Tentang Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Anak

Jasmani termasuk nikmat dan amanah dari Allah Subhanahu wa Ta’ala yang wajib kita syukuri. Dan salah satu bentuk mensyukuri jasmani yang Allah berikan ini adalah dengan menjaga kesehatannya. Kesehatan adalah rezeki dari Allah Subhanahu wa Ta’ala yang mana seperti rezeki-rezeki yang lain, yaitu harus diupayakan dan diikhtiarkan, tidak mungkin turun begitu saja.

Ada di sana tips-tips menjaga kesehatan, terutama di sini yang kita bicarakan adalah kesehatan jasmani. Walaupun di sana ada yang namanya kesehatan rohani. Tapi pembahasan di dalam bab ini adalah tentang menjaga kesehatan jasmani.

Tentunya dengan sehat kita bisa melakukan banyak aktifitas dan kegiatan dan kita bisa berbuat karena kita sehat. Kalau sakit, mungkin kita hanya bisa terbaring lemah di tempat tidur. Demikian juga anak yang sehat, dia cenderung bisa berprestasi dan berkarya.

Selalu orang tua, mereka juga harus memperhatikan pendidikan jasmani dan kesehatan anak. Tentunya dengan memperhatikan hal tersebut, seorang mukmin akan menjadi lebih kuat dan orang mukmin yang kuat itu lebih baik dan lebih dicintai Allah daripada mukmin yang lemah.

Baca Juga:
Akibat Lisan Yang Suka Melaknat dan Mencela

Maka orang tua wajib menjaga kesehatan jasmani anak-anak mereka sehingga mereka bisa tumbuh menjadi mukmin yang sehat jasmani dan rohaninya. Orang tua perlu melakukan beberapa perkara-perkara syar’i yang diharapkan dengan itu dapat membimbing anak-anak kita suapaya terbiasa menjaga kesehatan jasmaninya sejak kecil.

Kesadaran menjaga kesehatan juga harus ditumbuhkan dari kecil. Di antara kegiatan positif yang terkait dengan pendidikan jasmani dan kesehatan anak yang juga termasuk adab Islami contohnya adalah bersiwak, menjaga kesehatan mata, menjaga kebersihan, mengetahui aturan makan dan minum yang sesuai dengan sunnah, aturan yang berkaitan dengan tidur, baik itu tidur malam hari maupun siang hari dan tidur-tidur yang dimakruhkan, segera berobat apabila sakit, menjauhkan anak dari penyakit-penyakit menular, melakukan aktivitas-aktivitas yang bisa mempertahankan dan memelihara kesehatan kita seperti berolahraga.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian dan simak pembahasan yang penuh manfaat ini.

Download mp3 Kajian

Lihat juga: Cara Mendidik Anak dan Pentingnya Mencetak Generasi Rabbani

Mari turut membagikan hasil rekaman ataupun link kajian “Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Anak” ini melalui jejaring sosial Facebook, Twitter dan yang Anda miliki, agar orang lain bisa turut mengambil manfaatnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Baca Juga:
Mendidik Anak Agar Kreatif

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.