Rodja Peduli

Faedah Sejarah Islam

Biografi Imam Ibnu Mandah

By  |  pukul 1:25 pm

Terakhir diperbaharui: Selasa, 13 April 2021 pukul 2:55 pm

Tautan: https://rodja.id/313

Biografi Imam Ibnu Mandah merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Faidah-Faidah Sejarah Islam yang disampaikan oleh Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Jum’at, 21 Rajab 1442 H / 05 Maret 2021 M.

Download juga kajian sebelumnya: Biografi Imam Al-Khaththabi

Kajian Tentang Biografi Imam Ibnu Mandah

Kita telah membahas biografi beberapa ulama, juga membahas bagaimana proses dan perjuangan mereka untuk meraih ilmu dan mendakwahkannya kepada umat manusia. Tentu yang sangat kita rasakan adalah ilmu yang telah mereka wariskan kepada umat melalui tulisan mereka.

Melalui tulisan mereka inilah kita akan mengetahui pemahaman mereka terhadap agama yang mulia ini. Dan juga kita dapat memverifikasi atau menguji pemahaman ulama-ulama setelah mereka dan tentu pemahaman kita sendiri.

Banyak orang-orang yang mencoba memutarbalikkan dan mengaburkan sejarah. Terutama sejarah pemahaman agama ini, yaitu dari segi bersambungnya tongkat estafet pemahaman Salaf dari generasi ke generasi. Ada yang mencoba membatasi bahwa pemahaman Salaf ini adalah hasil dari ajaran yang dibawa oleh Ibnu Taimiyah atau Muhammad Muhammad bin Abdul Wahab, lalu mereka menyebut sebagai orang-orang Wahabi dan seterusnya.

Hal ini memang tidak asing. Sepanjang sejarah, memang orang-orang yang bersebrangan dengan paham Ahlus Sunnah wal Jama’ah memberikan berbagai laqob (gelar/penamaan) untuk membuat orang lari dari mengambil ilmu dari mereka.

Baca Juga:
Dalil Bahwa Al-Qur'an Kalamullah Dan Bukan Makhluk Bagian 4 - Kitab Al-Ibanah

Di antara sebutkan/gelar-gelar yang familiar sekarang ini adalah mereka mengkaitkan antara pemahaman Salaf dengan tuduhan sebagai kelompok yang radikal ataupun dituduh sebagai kelompok Wahabi dan seterusnya, sementara mereka tidak mencoba meneliti dan menelaah apa sebenarnya disampaikan oleh para ulama tentang aqidah Ahlus Sunnah wal Jama’ah tersebut.

Kalau kita lihat apa yang disampaikan oleh Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab ataupun Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah, tentu mereka berdua tidaklah maksum, sama dengan ulama-ulama yang lainnya, pasti punya kelemahan, kesalahan, dan kekeliruan pendapat. Namun yang menjadi persoalan adalah yang tidak salah dalam mengikuti para ulama Salaf lalu dikritik, disalahkan, dianggap sebagai pencetusan karya pikiran mereka.

Ketika kita membaca karya-karya para ulama, di situlah akan terlihat benarkah apa yang dituduhkan tersebut atau hanya sebagai fitnah untuk menghalangi orang-orang dalam mengikuti dakwah salafiyah ini.

Ini pentingnya kita mengenal karya para ulama. Sehingga kita bisa menilai apakah bersambung atau tidak  pemahaman kita itu kepada para ulama-ulama yang terdahulu. Di antaranya Ibnu Mandah yang hidup pada abad ke-4 Hijriyah. Beliau memiliki karya fenomenal di dalam pembahasan aqidah Ahlus Sunnah wal Jama’ah, utamanya yaitu kitab Al-Iman, At-Tauhid, juga ada kitab yang khusus membantah paham Jahmiyah yang mengingkari Allah Subhanahu wa Ta’ala memiliki sifat-sifat ‘uluw, istiwa’ dan sifat-sifat yang lainnya.

Baca Juga:
Perjalanan Ruh Setelah Terpisah dari Jasadnya

Biografi Imam Ibnu Mandah

Beliau adalah Abu Abdillah Muhammad bin Ishaq bin Muhammad bin Yahya bin Mandah. Tahun kelahiran beliau 310 atau 311 H. Ayahnya adalah seorang ulama, sehingga semenjak kecil dia sudah mendapat perhatian dan arahah dari orang tuanya untuk mencintai nilai-nilai ketakwaan dan sunnah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

Tentu ini mengandung pelajaran pentingnya pendidikan sejak kecil untuk anak-anak kita. Karena kalau dia sudah beranjak dewasa, itu akan sangat sulit untuk mengarahkannya.

Apa faedah-faedah menarik dari biografi Imam Ibnu Mandah? Mari download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian

Untuk mp3 kajian  yang lain silahkan kunjungi mp3.radiorodja.com

Mari turut membagikan link download kajian tentang “Biografi Imam Ibnu Mandah” yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.