Rodja Peduli

Mencetak Generasi Rabbani

Pentingnya Adab Meminta Izin Bagi Anak

By  |  pukul 10:50 am

Terakhir diperbaharui: Senin, 19 April 2021 pukul 8:10 am

Tautan: https://rodja.id/319

Pentingnya Adab Meminta Izin Bagi Anak merupakan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh Ustadz Abu Ihsan Al-Atsaary dalam pembahasan Mencetak Generasi Rabbani. Kajian ini disampaikan pada Selasa, 01 Ramadhan 1442 H / 13 April 2021 M.

Kajian sebelumnya: Mengembangkan Potensi dan Bakat Anak

Kajian Islam Ilmiah Tentang Pentingnya Adab Meminta Izin Bagi Anak

Kita telah sampai pada anak dan pendidikan seksual, atau التربية الجنسية. Ini adalah satu bagian dalam pendidikan. Sebagian orang mungkin menganggap ini adalah sesuatu yang tabu untuk dibicarakan sehingga ditutup-tutupi dan cenderung disembunyikan. Sebagian lagi terlalu vulgar dan tidak memandang tingkatan usia dalam menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan seksual.

Islam sebagai agama yang komplit tentunya juga membicarakan hal ini. Dorongan seksual adalah terpatri/difitrahkan/diciptakan Allah pada jiwa manusia sebagai salah satu sebab kelangsungan hidup. Sehingga kita bisa melanjutkan garis keturunan.

Allah menjadikan masa tertentu pada manusia untuk mulai bisa merasakan hal ini. Dorongan seksual adalah sesuatu yang fitrah, maka jangan buru-buru disikapi secara negatif. Kita perlu berdialog dari hati ke hati dengan anak tentang hasrat yang mungkin mulai dia rasakan, terutama terhadap lawan jenis. Dampingi serta berikan pengarahan, jagalah agar kecenderungan itu berjalan normal, supaya mencegah pembangkit dari luar yang dapat menyebabkan penyimpangan perilaku pada anak.

Baca Juga:
Hak Ilmu - Bagian ke-2 - Tabshiratul Anam (Ustadz Kurnaedi, Lc.)

Adab isti’dzan (meminta izin)

Yang dilihat dan didengar bisa mempengaruhi diri dan pikiran. Adapun meminta izin ini diwajibkan untuk menjaga pandangan. Maka kita jauhkan anak-anak kita dari hal-hal yang tidak boleh mereka lihat.

Adab meminta izin harus dibiasakan dari kecil. Ini untuk melatih anak-anak agar jangan mengarahkan pandangan kepada hal-hal yang tidak dibolehkan. Semua itu umantuk menjaga pandangan mata dari hal-hal yang berbahaya bagi hati/pikiran. Sebab gambaran-gambaran itu terekam dan terus muncul dalam pikiran.

Kenalkan kepada anak bahwa meminta izin ini perlu mereka patuhi untuk menjaga pandangan, sehingga dari kecil mereka terbiasa menjaga pandangan. Maka ajarkan kepada anak adab meminta izin ketika hendak masuk ke kamar orang tua, ke kamar saudara, apalagi rumah orang lain. Bimbing anak-anak untuk memulai dengan salam, baru kemudian minta izin masuk. Jelaskan bahwa ucapan salam berbeda dengan meminta izin.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَدْخُلُوا بُيُوتًا غَيْرَ بُيُوتِكُمْ حَتَّىٰ تَسْتَأْنِسُوا وَتُسَلِّمُوا عَلَىٰ أَهْلِهَا ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ

Wahai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memasuki rumah yang bukan rumahmu sebelum meminta izin dan memberi salam kepada penghuninya. Yang demikian itu lebih baik bagimu agar kamu selalu ingat.” (QS. An-Nur[24]: 27)

Ini adab yang Allah ajarkan kepada manusia di dalam Al-Qur’an. Di sini Allah membedakan antara salam dan isti’dzan.

Baca Juga:
Biografi Imam Al-Baghawi

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download dan simak kajian lengkapnya.

Download mp3 Kajian

Lihat juga: Cara Mendidik Anak dan Pentingnya Mencetak Generasi Rabbani

Mari turut membagikan hasil rekaman ataupun link kajian “Pentingnya Adab Meminta Izin Bagi Anak” ini melalui jejaring sosial Facebook, Twitter dan yang Anda miliki, agar orang lain bisa turut mengambil manfaatnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.