Rodja Peduli

Keutamaan dan Kemuliaan Ilmu

Orang Yang Tidak Berilmu Mudah Disesatkan

By  |  pukul 10:30 am

Terakhir diperbaharui: Selasa, 17 Agustus 2021 pukul 6:47 pm

Tautan: https://rodja.id/35k

Orang Yang Tidak Berilmu Mudah Disesatkan adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Keutamaan dan Kemuliaan Ilmu. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abdullah TaslimM.A. pada Kamis, 3 Muharram 1443 H / 12 Agustus 2021 M.

Ceramah Agama Islam Tentang Orang Yang Tidak Berilmu Mudah Disesatkan

Sudah kita bahas di pertemuan yang lalu ketika Ali bin Abi Thalib membagi manusia menjadi tiga golongan. Sudah kita bahas yang pertama ulama rabbani, yang kedua seorang penuntut ilmu yang selalu di atas jalan keselamatan, dan yang ketiga adalah orang-orang yang rendah dan hina karena mereka tidak berilmu dan juga tidak berusaha mempelajarinya.

Sifat golongan yang ketiga ini adalah mengikuti setiap orang yang menyeru tanpa paham mana yang benar dan mana yang salah. Mereka mempertimbangkan mana seruan yang paling keras dan paling menarik, itulah yang diikuti. Hal ini karena mereka tidak punya ukuran untuk menilai mana yang benar dan mana yang salah. Sehingga wajar mereka gampang disesatkan dan dibawa kepada penyimpangan. Artinya siapa saja yang berteriak dan menyeru mereka, maka mereka akan mengikutinya. Ini golongan yang terbanyak di kalangan manusia.

Jadi, sama saja seruan tersebut benar atau salah. Karena mereka tidak punya ilmu tentang seruan yang mereka dengarkan apakah itu benar atau atau salah. Maka ini harus kita perhatikan, karena ini menyangkut masalah keselamatan kita di akhirat nanti.

Baca Juga:
Sifat Malu Dalam Islam

Orang-orang yang seperti ini akan mudah ditarik kesana kemari. Makanya mereka ini paling disukai oleh setan. Mereka mudah disesatkan dan mudah menjadikan orang lain ikut karena mereka jumlahnya paling banyak. Mereka-mereka ini adalah manusia yang paling membahayakan dan mengancam kebaikan agama Islam. Hal ini karena jumlahnya paling banyak.

Inilah jawaban kenapa Al-Qur’an selalu mencela orang-orang kebanyakan di muka bumi? Jawabannya adalah karena sifat mereka rata-rata seperti ini. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَإِن تُطِعْ أَكْثَرَ مَن فِي الْأَرْضِ يُضِلُّوكَ عَن سَبِيلِ اللَّهِ

Kalau kalian mengikuti kebanyakan manusia di muka bumi ini, mereka akan menyesatkan kamu dari jalan Allah Subhanahu wa Ta’ala…” (QS. Al-An’am[6]: 116)

Inilah orang-orang yang mudah diperangkap oleh setan untuk mengikuti tipu dayanya dan merekalah jumlahnya yang paling banyak sehingga paling membahayakan bagi agama.

Bagaimana penjelasan selanjutnya? Mari download mp3 kajian dan simak penjelasan yang penuh manfaat ini..

Download MP3 Kajian

Read

Mari turut membagikan link download kajian “Orang Yang Tidak Berilmu Mudah Disesatkan” yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pembuka pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Baca Juga:
Objek Pembagian Pada Syuf'ah

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.