Telegram Rodja Official

Tematik

Tafsir Surat Al-Ghasyiyah (Ustadz Abu ‘Abdil Muhsin Firanda Andirja, M.A.)

By  | 

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu ‘Abdil Muhsin Firanda Andirja, M.A.

Sebuah ceramah agama tematik membahas tafsir Al-Qur’an yang disampaikan oleh Ustadz Firanda Andirja pada Senin malam, 9 Jumadal Ula 1435 / 10 Maret 2014, ba’da Maghrib hingga Isya’ di Masjid Al-Barkah, Komplek Rodja, Cileungsi, Bogor. Silakan simak langsung rekaman kajian yang berjudul “Tafsir Surat Al-Ghasyiyah” ini atau download sekarang juga.

Rekaman video: Ustadz Firanda Andirja, M.A. – Tafsir Surat Al-Ghasyiyah

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Tafsir Surat Al-Ghasyiyah

Al-Ghasyiyah (dalam salah satu pendapat) adalah salah satu nama dari nama-nama hari kiamat. Al-Ghasyiyah (الغاشية) dari kalimat (kata) ghasyiyah (غاشية) yang artinya “meliputi”, artinya tatkala tiba hari kiamat maka kedahsyatan / kengerian hari kiamat akan meliputi seluruh manusia; tidak ada manusia yang selamat dari kengerian hari kiamat. Oleh karena itu, dikatakan nama yang lain dari hari akhirat atau hari kiamat adalah ath-thommah (الطَّامَّةُ), sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta’ala: “فَإِذَا جَاءتِ الطَّامَّةُ الْكُبْرَى“, “Dan tatkala datang malapetaka besar yang meliputi (segala manusia),” (An-Nazi’at [79]: 34).

Sebagian ulama dari kalangan ahli tafsir, menyatakan bahwasanya Al-Ghasyiyah adalah nama dari nama-nama neraka Jahannam, karena Allah Ta’ala berfirman: “… وَتَغْشَى وُجُوهَهُمْ النَّارُ, “… (Pada hari kiamat kelak,) wajah-wajah mereka (para penghuni neraka Jahannam) akan diliputi oleh api neraka Jahannam,” (Q.S. Ibrahim [14]: 50).

Baca Juga:
Syarah Aqidah Ahlus Sunnah wal Jama’ah - Tabligh Akbar Surabaya 2016 (Ustadz Yazid 'Abdul Qadir Jawas)

Surat Al-Ghosyiyah adalah Surat yang diberikan perhatian khusus oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. Oleh karenanya, kita dapati dalam hadits-hadits, Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam membacakan Surat Al-Ghasyiyah serta Surat Al-A’la dalam shalat Jum’at, demikian juga dalam shalat ‘Ied. Tatkala kaum Muslimin banyak berkumpul, maka Nabi membacakan Surat Al-A’la dan Surat Al-Ghasyiyah, karena dua surat ini mengingatkan kepada kaum Muslimin.

Simak lebih lanjut sebuah tema yang sangat menarik tentang Tafsir Surat Al-Ghasyiyah yang disampaikan oleh Ustadz Firanda Andirja atau silakan download kajian ini sekarang juga.

Download Ceramah Agama: Ustadz Abu ‘Abdil Muhsin Firanda Andirja – Tafsir Surat Al-Ghasyiyah

Mari kita share ke Facebook, Twitter, dan Google+. Semoga bermanfaat untuk kita dan saudara-saudara kita yang lain. Jazakumullahu khoiron.

7 Comments

  1. rifka rifana

    Selasa, 02 Desember 2014 at 3:31 PM

    Makasih pak ustad atas pembelajaran nya

  2. Aep darmawan

    Minggu, 25 Mei 2014 at 2:46 PM

    Mohon izin download kajiannya pak ustadz

  3. ummu 'ammar

    Jumat, 14 Maret 2014 at 11:35 PM

    Ustdz,ana mhn izn dwnld…Afwan..

  4. Edi Mawanto

    Rabu, 12 Maret 2014 at 4:18 PM

    ijin download ust..

    • yunasril

      Rabu, 06 Agustus 2014 at 4:44 AM

      ijin download ustadz

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.