Rodja Peduli

Shahih At-Targhib wa At-Tarhib

Wudhu Menggugurkan Dosa

By  |  pukul 8:21 am

Terakhir diperbaharui: Sabtu, 23 Oktober 2021 pukul 9:51 am

Tautan: https://rodja.id/392

Wudhu Menggugurkan Dosa merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah كتاب صحيح الترغيب والترهيب (kitab Shahih At-Targhib wa At-Tarhib) yang disampaikan oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Rabu, 13 Rabiul Awal 1443 H / 20 Oktober 2021 M.

Download kajian sebelumnya: Agungnya Wudhu

Hadits ke-184

Dari Utsman bin Affan Radhiyallahu Ta’ala ‘Anhu, bahwasanya beliau meminta air untuk berwudhu, lalu beliau berwudhu. Kemudian setelah selesai berwudhu beliau pun tertawa, lalu beliau berkata kepada sahabat-sahabatnya:

ألا تسألوني ما أضحكني

“Tidakkah kalian bertanya kepadaku apa yang membuat aku tertawa?”

Mereka berkata: “Apa yang membuat kau tertawa wahai Amirul Mukminin?”

Utsman berkata:

رأيت رسول الله صلى الله عليه وسلم توضأ كما توضأت ثم ضحك فقال ألا تسألوني ما أضحكك فقالوا ما أضحكك يا رسول الله فقال إن العبد إذا دعا بوضوء فغسل وجهه حط الله عنه كل خطيئة أصابها بوجهه فإذا غسل ذراعيه كان كذلك وإذا طهر قدميه كان كذلك

“Aku melihat Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam berwudhu seperti wudhuku tadi, kemudian beliau tertawa. Lalu beliau bersabda: ‘Tidakkah kalian bertanya kepadaku apa yang membuat aku tertawa?’ Maka para sahabat berkata: ‘Apa yang membuatmu tertawa wahai Rasulullah?’ Maka Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: ‘Sesungguhnya seorang hamba apabila dia meminta air wudhu lalu ia mencuci wajahnya, maka Allah akan gugurkan semua kesalahan yang dilakukan oleh wajahnya. Apabila ia mencuci dua tangannya sampai siku-siku, maka demikian pula. Apabila ia mencuci dua kakinya, maka demikian pula.'” (HR. Ahmad dengan sanad yang jayyid, demikian pula Abu Ya’la, Al-Bazzar dengan sanad yang shahih)

Baca Juga:
Kaidah Yang Berkaitan dengan Kaidah Adat Kebiasaan Bisa Dijadikan Sandaran Hukum

Al-Bazzar memberikan tambahan:

فإذا مسح رأسه كان كذلك

“Apabila ia mengusap kepalanya, maka demikian pula.”

Hadits ke-185

Menit ke-3:31 Dari ‘Abdullah Ash-Shanabihi Radhiyallahu Ta’ala ‘Anhu, bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

إذا توضأ العبد فمضمض خرجت الخطايا من فيه فإذا استنثر خرجت الخطايا من أنفه فإذا غسل وجهه خرجت الخطايا من وجهه حتى تخرج من تحت أشفار عينيه فإذا غسل يديه خرجت الخطايا من يديه حتى تخرج من تحت أظفار يديه فإذا مسح برأسه خرجت الخطايا من رأسه حتى تخرج من أذنيه فإذا غسل رجليه خرجت الخطايا من رجليه حتى تخرج من تحت أظفار رجليه ثم كان مشيه إلى المسجد وصلاته نافلة

“Apabila seorang hamba berwudhu lalu ia berkumur-kumur, maka keluarlah dosa-dosa dari mulutnya. Apabila ia menghirup air ke hidung dan mengeluarkannya, akan keluarlah dosa-dosanya dari hidungnya. Apabila ia mencuci wajahnya, akan keluarlah dosa-dosa dari wajahnya. Hingga dasa-dosa itu keluar dari kelopak matanya. Apabila dia mencuci dua tangannya, keluarlah dosa-dosa dari dua tangannya tersebut, hingga dosa-dosa itu keluar dari bawah kuku-kuku tangannya tersebut. Apabila ia mengusap kepala, maka keluarlah dari kepala itu dosa-dosanya, hingga ia keluar dari dua telinganya. Apabila ia mencuci dua kakinya, keluarlah dosa-dosa dari dua kakinya, sehingga dosa-dosa itu keluar dari bawah kuku-kuku kakinya. Kemudian perjalanannya dia ke masjid dan shalatnya juga menjadi tambahan untuk dia.” (HR. Imam malik, An-Nasa’i, Ibnu Majah, Al-Hakim berkata shahih sesuai syarat Bukhari dan Muslim dan tidak ada illat padanya)

Baca Juga:
Tafsir Al-Qur’an Surat Luqman Bagian 5

Dua hadits ini menunjukkan bahwasanya wudhu itu masyaAllah bisa menggugurkan dosa. Kalau kita berkumur-kumur saja, maka dosa-dosa kecil yang dilakukan oleh lisan akan keluar. Setiap kali kita berwudhu bayangkan berapa banyak dosa-dosa yang digugurkan oleh Allah. Semakin seseorang sering berwudhu -apalagi ditambah dengan shalat wudhu- maka masyaAllah itu menjadi sebuah keutamaan yang agung dan besar.

Maka dari itulah orang yang mengetahui tentang keutamaan agung dari berwudhu seperti ini, maka dia tidak akan malas berwudhu. Tentunya ini bagi mereka yang mengharapkan ampunan Allah dan berharap agar dosa-dosanya digugurkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Bagaimana pembahasan lengkapnya? Mari download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download mp3 Kajian Wudhu Menggugurkan Dosa

Mari turut membagikan link download kajian “Wudhu Menggugurkan Dosa” yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.