Rodja Peduli

Fiqih Do'a dan Dzikir

Bacaan Dzikir Sore – Mensyukuri Nikmat Ukhrawi

By  |  pukul 3:50 pm

Terakhir diperbaharui: Selasa, 11 Januari 2022 pukul 8:43 am

Tautan: https://rodja.id/3ci

Bacaan Dzikir Sore – Mensyukuri Nikmat Ukhrawi merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Fiqih Doa dan Dzikir yang disampaikan oleh Ustadz Abdullah Zaen, M.A. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Senin, 30 Jumadil Awal 1443 H / 3 Januari 2022 M.

Kajian Tentang Bacaan Dzikir Sore – Mensyukuri Nikmat Ukhrawi

Di antara bacaan yang dianjurkan untuk rutin kita baca di sore hari, yaitu bacaan:

أَمْسَيْنَا عَلَى فِطْرَةِ اْلإِسْلاَمِ وَعَلَى كَلِمَةِ اْلإِخْلاَصِ، وَعَلَى دِيْنِ نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَعَلَى مِلَّةِ أَبِيْنَا إِبْرَاهِيْمَ، حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا كَانَ مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ

“Sore ini kami berpegang dengan fitrah Islam, dan berpegang dengan kalimat tauhid, dan berpegang dengan agama Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, dan berpegang dengan agama ayah kita Ibrahim yang tegak di atas jalan yang lurus dan tunduk, dan beliau tidak termasuk golongan kaum musyrikin.” (HR. Ahmad)

Dalil landasan dibacanya dzikir ini setiap sore adalah sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan sanadnya dinilai Shahih oleh Imam Al-Iraqi dan Syaikh Al-Albani, dari seorang sahabat Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam yang bernama Abdurrahman bin Abza Radhiyallahu Ta’ala ‘Anhu. Beliau menjelaskan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam apabila masuk waktu sore maka beliau membaca dzikir tadi.

Baca Juga:
Ancaman Dari Menuntut Ilmu Karena Mengharapkan Selain Allah

Inti dari dzikir ini adalah kita diajak oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam untuk merenungi nikmat yang Allah berikan kepada kita, terutama nikmat-nikmat yang bersifat ukhrawi. Dimana nikmat ukhrawi ini lebih mahal dari nikmat duniawi. Hal ini karena nikmat ukhrawi diberikan oleh Allah kepada orang-orang yang dicintai olehNya.

Nikmat duniawi ketika diberikan kepada seseorang, itu tidak serta-merta menjadi bukti bahwa orang itu dicintai sama Allah. Tapi kalau kita ingin tahu seseorang dicintai oleh Allah atau tidak, maka lihat orang itu diberi nikmat ukhrawi sama Allah atau tidak.

Setiap sore dan pagi kita diajak untuk merenungi nikmat-nikmat yang bersifat ukhrawi. Hal ini supaya kita tergerak untuk bersyukur. Karena seringkali hidup seseorang tidak nyaman karena kurang syukur. Kalau hidup kita terasa sempit, tidak tenang, gelisah, itu biasanya karena kurang syukur.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajiannya. Download juga mp3 bacaan dzikir pagi dan petang.

Download mp3 Kajian Bacaan Dzikir Sore – Mensyukuri Nikmat Ukhrawi

Mari turut membagikan link download kajian “Bacaan Dzikir Sore – Mensyukuri Nikmat Ukhrawi” ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga menjadi pembuka pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Baca Juga:
Hak Kehormatan - Tabshiratul Anam (Ustadz Kurnaedi, Lc.)

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.