Masjid Al-Barkah

Keutamaan dan Kemuliaan Ilmu

Ilmu Membuahkan Keyakinan

By  |  pukul 11:00 am

Terakhir diperbaharui: Jumat, 15 April 2022 pukul 4:44 pm

Tautan: https://rodja.id/3fq

Ilmu Membuahkan Keyakinan adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Keutamaan dan Kemuliaan Ilmu. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abdullah TaslimM.A. pada Kamis, 05 Ramadhan 1443 H / 07 April 2022 M.

Kajian sebelumnya: Keterikatan Antara Ilmu dan Dakwah

Ceramah Agama Islam Tentang Ilmu Membuahkan Keyakinan

Keyakinan di hati merupakan sebesar-besar sebab yang menghidupkan hati manusia. Keyakinan menjadikan manusia bisa meraih kedudukan iman yang tinggi di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala. Maka ilmu akan membuahkan keyakinan dengan izin Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Ibnul Qayyim Rahimahullahu Ta’ala menjelaskan bahwa seandainya tidak ada faedah daripada mempelajari ilmu agama kecuali hanya ilmu membuahkan keyakinan -yang mana keyakinan ini adalah sebesar-besar kehidupan bagi hati manusia, dengan keyakinan inilah hati akan menjadi kuat, kemudian bisa melakukan amalan-amalan hati yang merupakan amalan-amalan yang paling tinggi dalam Islam, dan semua sebab-sebab yang menghidupkan hati- maka cukuplah ini merupakan keagungan, kemuliaan dan keutamaan yang sangat besar.

Oleh karena itu Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam banyak ayat-ayat Al-Qur’an memuji hamba-hamba yang memiliki keyakinan. Di dalam Al-Qur’an Allah Subhanahu wa Ta’ala memuji menyebutkan keutamaan mereka.

Kita harus ingat bahwa keyakinan yakni ilmu yang benar-benar merasuk kedalam hati sehingga menjadikan hamba tersebut yakin, ini akan menjadi sebab hamba tersebut beramal dengan ikhlas, karena dia yakin dengan balasan yang Allah Subhanahu wa Ta’ala siapkan baginya lebih tinggi mulia daripada perhiasan palsu dunia yang nampak di hadapannya. Dengan ini dia akan bisa bersandar dengan sepenuhnya kepada Allah, bisa akan melaksanakan shalat dengan khusyuk. Semua ini adalah hasil dari keyakinan yang keyakinan ini merupakan buah daripada ilmu.

Baca Juga:
Shalat Witir

Allah memuji orang-orang yang yakin di dalam Al-Qur’an:

…وَبِالْآخِرَةِ هُمْ يُوقِنُونَ

“Dan mereka adalah orang-orang yang yakin terhadap kehidupan di akhirat.” (QS. Al-Baqarah[2]: 4)

Juga firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:

…كَذَٰلِكَ نُفَصِّلُ الْآيَاتِ لِقَوْمٍ يَعْلَمُونَ

“Demikianlah Kami menjelaskan ayat-ayat Kami bagi orang-orang yang yakin.” (QS. Al-A’raf[7]: 32)

Orang-orang yang yakin dipuji karena merekalah yang bisa mengambil pelajaran dari penjelasan ayat-ayat Al-Qur’an.

Juga firman Allah ketika menyebutkan tentang hamba dan Nabi yang dicintaiNya, yaitu Nabi Ibrahim ‘Alaihish Shalatu was Salam. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَكَذَٰلِكَ نُرِي إِبْرَاهِيمَ مَلَكُوتَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَلِيَكُونَ مِنَ الْمُوقِنِينَ

“Dan demikianlah Kami memperlihatkan kepada Nabi Ibrahim kerajaan langit-langit dan bumi agar dia termasuk orang-orang yang memiliki keyakinan.” (QS. Al-An’am[6]: 75)

Di ayat-ayat lain Allah Subhanahu wa Ta’ala mencela orang-orang yang tidak punya keyakinan. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

… أَنَّ النَّاسَ كَانُوا بِآيَاتِنَا لَا يُوقِنُونَ

“Sesungguhnya mereka orang-orang yang tidak yakin terhadap ayat-ayat Kami.” (QS. An-Naml[27]: 82)

Ini jelas merupakan celaan. Menunjukkan orang-orang yang memiliki keyakinan dipuji oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan pujian yang tinggi.

Jika keyakinan telah merasuk dan menyentuh hati manusia, maka hati itu akan dipenuhi dengan cahaya dan akan hilang darinya segala bentuk keraguan dan kebimbangan. Hati akan diselamatkan dari penyakit-penyakit yang membinasakannya, hati akan dipenuhi dengan syukur kepada Allah, selalu mengingat Allah, mencintai dan takut kepadaNya. Maka hati akan hidup di atas petunjuk Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Baca Juga:
Pemerintahan Al-Qa'im Biamrillah

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian dan simak penjelasan yang penuh manfaat ini..

Download MP3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian “Ilmu Membuahkan Keyakinan” yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pembuka pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.