Masjid Al-Barkah

Riyadhus Shalihin

Hadits Wajibnya Zakat

By  |  pukul 9:13 am

Terakhir diperbaharui: Sabtu, 11 Juni 2022 pukul 2:42 pm

Tautan: https://rodja.id/3h7

Hadits Wajibnya Zakat adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Riyadhus Shalihin Min Kalam Sayyid Al-Mursalin. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Mubarak Bamualim, Lc., M.H.I. pada Selasa 7 Dzulqa’dah 1443 H / 7 Juni 2022 M.

Kajian sebelumnya: Penekanan Kewajiban Menunaikan Zakat

Hadits Wajibnya Zakat

عن جرير بن عبد الله -رضي الله عنه- قال: بَايَعْتُ رسول الله -صلى الله عليه وسلم- على إِقَام الصَّلاَة، وإِيتَاء الزَّكَاة، والنُّصح لِكُلِّ مُسلم.

Dari Jarir bin Abdillah Radhiyallahu ‘Anhu, beliau berkata: “Aku membaiat Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam untuk menegakkan shalat, menunaikan zakat, dan menasihati setiap orang muslim.” (Muttafaqun ‘alaihi)

Hadits ini menjelaskan tentang apa saja yang menjadi perjanjian antara beliau dengan Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam ketika beliau membaiat Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

Hadits ini menjelaskan kepada kita tentang baiat. Bahwa seseorang kalau sudah membaiat Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dengan sesuatu yang dibaiatnya maka dia harus melaksanakan isi dari baiat tersebut.

Abu Bakar Ash-Shiddiq Radhiyallahu ‘Anhu ketika menjadi khalifah mengganti Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam setelah beliau wafat, maka Abu Bakar melanjutkan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Di antaranya adalah beliau memerangi orang-orang yang tidak membayar zakat. Karena di antara baiat mereka kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam adalah menunaikan zakat.

Baca Juga:
Orang yang Mencintai Suatu Kaum dan Keutamaan Orang yang Lebih Tua - Bab 162-163 - Hadits 351-356 - Kitab Al-Adab Al-Mufrad (Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A.)

Oleh karena itu beliau menganggap bahwa menunaikan adalah sesuatu yang besar. Sehingga orang-orang yang tidak mau menunaikan zakat setelah wafatnya Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam diperangi oleh Abu Bakar Radhiyallahu ‘Anhu. Ini adalah penekanan tentang wajibnya zakat.

Hadits ini juga menjelaskan kepada kita tentang kewajiban menegakkan shalat, menunaikan zakat dan menasihati seorang muslim. Ini adalah perjanjian kita dengan Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

Memberi nasihat kepada setiap muslim adalah merupakan perjanjian seorang muslim dengan Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Makanya seorang muslim harus mencintai saudaranya. Jika saudaranya melakukan kesalahan maka diingatkannya.

Inilah manhaj yang diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam kepada para sahabat. Makanya para sahabat dahulu begitu. Karena mereka sudah membaiat Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam akan berbuat ikhlas menasihati setiap muslim, maka manhaj salaf ini tidak sekedar kita mengeluarkan dalil dari lisan tetapi tidak mengerjakan dan tidak mengetahui hak-hak sesama muslim.

Bagaimana beratnya pemilik harta di dunia yang terkena wajib zakat namun tidak menunaikannya? Mari download dan simak mp3 kajian kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian tentang “Hadits Wajibnya Zakat” yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda. Jazakumullahu Khairan.

Baca Juga:
Khutbah Jumat: Memanfaatkan Bulan Ramadhan Sebaik-Baiknya

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.