Rodja Peduli

Kaidah Fiqih - Mandzuumah Ushuulil Fiqhi wa Qawaa'idihi

Kaidah Fiqih: Tunaikanlah Amanah kepada Orang yang telah Mengamanahimu dan Jangan Mengkhianati Orang yang Mengkhianatimu – Bait 75 (Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc.)

By  |  pukul 10:40 am

Terakhir diperbaharui: Sabtu, 22 Maret 2014 pukul 10:33 am

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=5186

Kajian kaidah fiqih oleh: Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc.

Download kajian Kaidah Fiqih yang disampaikan Ustadz Kurnaedi pada Kamis pagi, 5 Rabi’ul Akhir 1435 / 6 Februari 2014 di studio Radio Rodja dan RodjaTV. Pembahasan kaidah fiqih ini, diambil dari kitab Mandzumah Ushulil Fiqhi wa Qawaidihi (منظومة أصول الفقه وقواعده), melanjutkan kajian pekan lalu, masih membahas tentang amanah, yaitu “Tunaikanlah Amanah kepada Orang yang telah Mengamanahimu dan Jangan Mengkhianati Orang yang Mengkhianatimu“, bait ke-75.

[sc:status-kaidah-fiqih-ustadz-kurnaedi-2013]

Ringkasan Kajian Kaidah Fiqih

Bait ke-75: Tunaikanlah Amanah kepada Orang yang telah Mengamanahimu, Jangan Mengkhianati Orang yang Mengkhianatimu karena Sesungguhnya Dia telah Binasa (أدِّ الأمانَ للذي قدْ أَمَّنَكْ ولا تخنْ مَنْ خان فهْو قد هَلَكْ)

[06:18]
Bait ini menjelaskan kepada kita tentang kaidah yang besar, kaidah yang sangat penting sekali yang harus kita perhatikan. Satu sisi, menjelaskan wajibnya menyampaikan amanah. Sisi yang lain, menjelaskan haramnya berkhianat walaupun kepada orang yang curang, licik, dan berkhianat kepada Anda. Kenapa demikian? Karena dia adalah orang yang binasa.

Baca Juga:
Keberlangsungan Sebuah Amalan Lebih Kuat dari Sekedar Memulai - Kaidah Praktis Memahami Fiqih Islami (Ustadz Abu Ya'la Kurnaedi, Lc.)

Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin rahimahullah:

وهذه أيضاً قاعدة مهمة: أنه يجب على الإنسان أن يؤدي الأمانة لمن أَمَّنَه على أي حال كان؛ سواء كانت وديعة أو عارية أو إجارة. بل حتى الكلام إذا أَمَّنَك عليه، فالواجب أن تؤدي الأمانة.

“Ini juga adalah merupakan kaidah yang sangat penting: Wajib atas seseorang untuk menunaikan amanah kepada orang-orang yang telah mempercayainya / yang berhak mendapatkan amanah tersebut dalam kondisi apapun; sama saja apakah bentuknya itu berupa titipan (titipan barang, dst), pinjaman, atau sewa-menyewa. Bahkan sampai yang namanya perkataan / salam, apabila ada orang yang menitipkan amanah kepada Anda, maka wajib Anda untuk menunaikan amanah tersebut.”

Dst.

Alhamdulillah, mari kita download ceramah dari kaidah-kaidah fiqih yang InsyaAllah sangat bermanfaat untuk kehidupan kita.

Download Kajian Kaidah Fiqih, Kitab Mandzumah Ushul Al-Fiqh wa Qawa’idihi: Bait 75 – Tunaikanlah Amanah kepada Orang yang telah Mengamanahimu dan Jangan Mengkhianati Orang yang Mengkhianatimu

Silakan bagikan tautan ini ke Facebook, Twitter, dan Google+ kamu. Jazakumullahu khoiron.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.