Masjid Al-Barkah

Mendidik Anak Tanpa Amarah

Jadilah Ayah Bunda Yang Selalu Dirindukan

By  |  pukul 2:39 pm

Terakhir diperbaharui: Kamis, 25 Agustus 2022 pukul 2:47 pm

Tautan: https://rodja.id/3jk

Jadilah Ayah Bunda Yang Selalu Dirindukan merupakan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh Ustadz Abu Ihsan Al-Atsaary dalam pembahasan Mendidik Anak Tanpa Amarah. Kajian ini disampaikan pada Selasa, 17 Muharram 1444 H / 16 Agustus 2022 M.

Kajian sebelumnya: Tidak Ada Kesempurnaan di Dunia

Jadilah Ayah Bunda Yang Selalu Dirindukan

Sebelumnya kita telah bahas bahwa kadang-kadang kenyataan yang kita terima berbeda dari apa yang kita harapkan. Kita mungkin merasa sesak dengan kekurangan pada anak kita bandingkan dengan anak-anak yang lainnya. Terkadang ini mendorong orang tua untuk marah karena kekecewaan dari apa yang dia dapatkan dari anaknya. Tapi ingatlah disana banyak orang yang anaknya lebih parah daripada anak kita, lebih susah untuk dididik dan diarahkan.

Bersyukurlah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala atas apa yang telah Allah berikan kepada kita. Ingat bahwa musibah apapun bisa saja menimpa, dan dunia jauh dari sempurna. Maka didalam bab dunia kita lihat orang yang di bawah, jangan lihat orang yang ada di atas.

Rezeki manusia tidak sama, demikian juga tantangan dalam mendidik anak juga tidak sama. Anak telah membawa rezeki yang Allah tuliskan baginya. Dan rezeki manusia tentunya berbeda-beda. Maka jangan mengeluh dengan kekurangan-kekurangan yang ada pada anak. Kita bersyukur karena masih diberi anak keturunan. Disana banyak pasangan-pasangan yang sangat menginginkan anak keturunan tapi belum dianugerahi Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Baca Juga:
Hukum-Hukum Pernikahan, Perceraian dan Rujuk - Tuntunan Praktis Fiqih Wanita (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)

Maka kita mendapat amanah yang agung itu embanlah dengan sebaik-baiknya, jangan suka mengeluh. Lakukanlah tugas dan tanggungjawab kita itu dengan penuh ketulusan dan keikhlasan. Kita berharap pahala di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala dari semua jerih payah yang sudah kita lakukan untuk mendidik.

Memang mendidik itu tidak semudah yang diucapkan dan dibayangkan. Namun bersabarlah, mudah-mudahan Allah Subhanahu wa Ta’ala memberikan kesuksesan setelah kesabaran.

Itu poin yang kita bahas sebelumnya, supaya kita bisa lebih menerima ketetapan takdir yang Allah tuliskan. Kemudian berusahalah, mudah-mudahan Allah mudahkan kita kepada apa yang kita harapkan.

Jadilah Ayah Bunda Yang Selalu Dirindukan

Jadilah ayah bunda yang selalu dirindukan, jangan suka marah-marah. Karena anak tidak memerlukan marah kita. Dan mereka tidak mengharapkan kemarahan kita. Sangat buruk apabila anak justru berharap marah orang tuanya. Maka jadilah orang tua yang selalu dirindukan.

Setiap anak sangat mendambakan ayah dan bunda yang memiliki sifat lemah-lembut lagi penyayang. Lemah-lembut dan penyayang adalah sifat yang dicintai Allah dan disukai oleh manusia. Pada hakekatnya setiap jiwa menyukai kelembutan dan siapa saja suka diperlakukan dengan lemah-lembut.

Maka dari itu ketika Nabi perintahkan kepada para pemuda untuk mencari calon pendamping hidup, salah satu sifat yang disebutkan Nabi adalah al-wadud, yaitu seorang wanita yang lemah-lembut dan penyayang. Ini merupakan salah satu sifat yang dimiliki oleh wanita-wanita Quraisy.

Baca Juga:
Khiyar Karena Ada Perbedaan Waktu Atau Persyaratannya - Kitab Zadul Mustaqni (Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A.)

Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mengatakan:

تَزَوَّجُوْا الْوَدُوْدَ الْوَلُوْدَ

“Nikahilah wanita yang memiliki sifat penyayang.” (HR. Bukhari)

Bukan berarti ayah tidak perlu memiliki sifat itu, tapi Nabi mengkhususkan ini untuk ibu karena ibu banyak berinteraksi dengan anak. Maka Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menekankan agar mencari calon ibu bagi anak-anak kita yang memiliki sifat penyayang. Sehingga dia menjadi ibu yang selalu dekat dan dirindukan oleh anak-anaknya.

Lihat juga: Kriteria Pasangan Dalam Islam

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download dan simak mp3 kajiannya.

Download mp3 Kajian

Mari turut membagikan hasil rekaman ataupun link kajian “Jadilah Ayah Bunda Yang Selalu Dirindukan” ini melalui jejaring sosial Facebook, Twitter dan yang Anda miliki, agar orang lain bisa turut mengambil manfaatnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.