Masjid Al-Barkah

Al-Adabul Mufrad

Bab Orang Yang Namanya Syihab

By  |  pukul 1:19 pm

Terakhir diperbaharui: Selasa, 27 September 2022 pukul 2:04 pm

Tautan: https://rodja.id/3kp

Bab Orang Yang Namanya Syihab adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Al-Adabul Mufrad. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A. pada Senin, 22 Safar 1444 H / 19 September 2022 M.

Kajian Islam Tentang Bab Orang Yang Namanya Syihab

Pembahasan kita masih berkaitan dengan bagaimana Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam merubah nama-nama buruk yang dimiliki para sahabat. Karena kita tahu banyak di antara mereka adalah orang-orang yang hidup dimasa jahiliyah, dimana orang tua mereka juga belum kenal Islam, sehingga mereka memberikan nama sesuai dengan tadisi dan budaya yang ada pada waktu itu.

Tatkala Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam diutus, maka beliau berusaha untuk memperbaiki yang buruk dan menyempurnakan yang kurang. Adapun kita yang sudah tumbuh besar dari keluarga muslim, maka jangan sembarangan memberikan nama, jangan mengulangi kesalahan yang dilakukannya orang-orang jahiliyah. Tapi banyak di antara kita yang memang tidak belajar dengan serius tentang urusan agama. Sampai urusan pemberian nama ini ada aturannya.

Al-Imam Bukhari Rahimahullahu Ta’ala menyebutkan باب شهاب (Bab orang yang namanya Syihab). Sampai hari ini ada orang yang memakai nama Syihab. Ternyata nama ini termasuk nama yang dirubah oleh Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

Baca Juga:
Perumpamaan Hati Manusia Bagaikan Tanah

Syihab bisa berarti potongan bintang yang terpisahkan dari bintang aslinya, atau api. Ternyata nama ini nama yang tidak baik. Mungkin untuk sebagian orang mengatakan baik, tapi karena Nabi ‘Alaihish Shalatu was Salam merubahnya, maka berarti itu termasuk nama yang perlu dirubah. Walaupun kita tahu ada sebagian sahabat yang menolak ketika namanya dirubah.

عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا: ذُكِرَ عِنْدَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رجلٌ يُقَالُ لَهُ: شِهَابٌ. فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: “بَلْ أنت هشام”.

“Dari ‘Aisyah Radhiyallahu ‘Anha: ‘Disebutkan di sisi Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam ada satu orang yang namanya Syihab.’ Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam berkata: ‘Akan tetapi engkau adalah Hisyam.'” (HR. Bukhari)

Hisyam artinya yang menghancurkan roti. Ini adalah sebuah ungkapan untuk menyebutkan kedermawanan seorang. Dimana Hisyam adalah orang yang suka berbagi memberikan makanan kepada orang lain. Tentunya ini suatu nama yang indah yang menunjukkan kepada kemuliaan hati dan jiwa manusia sehingga dia suka berbagi dengan orang lain.

Jangan pernah mengatakan “apa arti sebuah nama”, karena nama itu memiliki arti. Seseorang ingin dipanggil dengan nama-nama yang indah dan seseorang memberikan nama karena ingin sesuatu.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian dan simak pembahasan yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian

Baca Juga:
Bagaimana Cara Mengganti Shalat Yang Tertinggal Tanpa Udzur?

Mari turut membagikan link download kajian tentang “Bab Orang Yang Namanya Syihab” yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga menjadi pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.