Masjid Al-Barkah

Al-Adabul Mufrad

Bab Nama Zahm

By  |  pukul 4:25 pm

Terakhir diperbaharui: Selasa, 18 Oktober 2022 pukul 7:31 pm

Tautan: https://rodja.id/3lg

Bab Nama Zahm adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Al-Adabul Mufrad. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A. pada Senin, 14 Rabi’ul Awwal 1444 H / 10 Oktober 2022 M.

Kajian Islam Tentang Bab Nama Zahm

Kita sampai pada باب زحم (Bab nama Zahm [crowded/padat/macet/sempit]). Basyir datang menjumpai Nabi ‘Alaihish Shalatu was Salam, Nabi bertanya: “Siapa namamu?”

Ini termasuk adab ketika kita berjumpa dengan orang yang mungkin kita tidak kenal sama namanya. Tak kenal maka tak sayang. Maka Nabi ‘Alaihish Shalatu was Salam memulai dengan bertanya: “Siapa namamu?”

Subhanallah, seringkali kita datang kajian, duduk di masjid menunggu Ustadz datang, kita duduk cukup lama bersamaan di kanan, kiri, depan dan belakang kita. Terkadang sebagian orang sejak awal datang sampai pulang tidak kenal dan tidak mau kenal.

Seharusnya engkau bertanya, menambah saudara, misalnya katakan:

السلآم عليكم، أهلا وسهلا، كيف حالك، مرحبا بك

Misalnya tanya: “Dari mana? Siapa namanya?”, maka tambah saudara satu di kanan. Ke kiri juga seperti itu. Mungkin yang di depannya kalau tidak merepotkan kita tanya juga. Atau yang di belakang kita. Allah itu cinta dengan orang beriman yang humble, yang sahl, hayyin, layyin. 

Maka tatkala engkau tahu bahwa tabiatmu kaku, sulit bergaul, cenderung menjauh dari orang, itu engkau rubah. Minta sama Allah. Salah satu caranya adalah ketika berjumpa dengan orang maka sapa dia lebih dahulu, tebarkan senyum.

Baca Juga:
Khutbah Jumat Tentang Kedudukan Akal Pikiran Dalam Islam

Lihatlah Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bertanya kepada orang ini tentang namnya. Orang itu menjawab: “Namaku Zahm.” Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

بَلْ أَنْتَ بَشِيرٌ

“Akan tetapi namamu Basyir.”

Basyir ini artinya yang berseri-seri, yang membawa kabar gembira. Makanya dikatakan bahwa Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam itu بَشِيرًا وَنَذِيرًا (Beliau pemberi kabar gembira dan pemberi peringatan).

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian dan simak pembahasan yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian tentang “Bab Nama Zahm” yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga menjadi pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.