Masjid Al-Barkah

Fiqih Pendidikan Anak

Mengungkapkan Kecintaan Kepada Anak

By  |  pukul 2:13 pm

Terakhir diperbaharui: Senin, 03 Oktober 2022 pukul 9:18 am

Tautan: https://rodja.id/3kw

Mengungkapkan Kecintaan Kepada Anak ini merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Fiqih Pendidikan Anak yang disampaikan oleh Ustadz Abdullah Zaen, M.A. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Senin, 1 Safar 1444 H / 29 Agustus 2022 M.

Kajian Tentang Mengungkapkan Kecintaan Kepada Anak

Tema mengungkapkan kecintaan kepada anak ini perlu diangkat karena banyak orang tua yang mengeluhkan tentang sikap anaknya. Yaitu banyak anak yang lebih dekat kepada teman-temannya dibandingkan kepada orang tuanya. Buktinya adalah anak-anak itu lebih mendengar apa kata temannya dibanding apa kata orang tuanya. Padahal bisa jadi teman itu baru dikenal beberapa hari. Sedangkan orang tuanya sudah kenal bertahun-tahun.

Kok bisa anak kita lebih mendengar omongan orang yang baru dikenal berapa hari dan tidak mendengarkan omongan orang yang sudah dikenalnya bertahun-tahun? Kenapa ini bisa terjadi?  Tidak cukup kita hanya sekedar marah, menggerutu dan protes. Tapi kita harus mencari tahu kira-kira sebabnya apa. Setelah kita temukan sebabnya apa maka kita carikan solusinya.

Kemungkinan ada banyak faktor yang menyebabkan anak memiliki sikap seperti tadi. Dan salah satu faktor terbesarnya adalah karena anak ini kurang mendapatkan kasih sayang dari orang tuanya. Sehingga ketika dia ketemu teman yang pintar berbicara, mengungkapkan perasaan, membujuk, memenuhi keinginan anak kita, dia mendapatkan sesuatu yang selama ini tidak dia dapatkan.

Baca Juga:
Khutbah Jumat: Mengagungkan Perintah dan Larangan Allah

Jika pemicunya anak tidak merasakan kasih sayang dari orang tuanya, maka solusinya adalah bagaimana orang tua bisa mengirimkan pesan kepada anaknya bahwa ayah dan ibu sangat sayang kepada anak tersebut.

Cinta itu aslinya di hati. Makanya ada orang yang mengaku dengan lisannya cinta padahal sebenarnya tidak cinta. Karena tempatnya di hati, tentu yang tahu hanya Allah. Karena Allah yang mengetahui isi hati kita. Kemudian yang mengetahui lagi adalah kita yang menyimpan perasaan tersebut.

Anak yang tidak tahu isi hati kita itu perlu kita kasih tahu. Hal ini supaya anak tahu. Karena ketika cinta itu kita rahasiakan di dalam hati -padahal kita sangat sayang kepada anak- anak akan berfikir bahwa orang tuanya tidak menyayanginya.

Bagaimana cara memberitahu cinta kita kepada anak? Mari download mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download mp3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian “Mengungkapkan Kecintaan Kepada Anak” ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga menjadi pembuka pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Baca Juga:
Tata Cara Shalat Jenazah

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.