Masjid Al-Barkah

Syarah Aqidah Ahlus Sunnah wal Jama'ah

Menegakkan Syari’at Allah Subhanahu wa Ta’ala

By  |  pukul 1:50 pm

Terakhir diperbaharui: Rabu, 23 November 2022 pukul 12:35 pm

Tautan: https://rodja.id/3n2

Menegakkan Syari’at Allah Subhanahu wa Ta’ala adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Syarah Aqidah Ahlus Sunnah wal Jama’ah. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Yazid bin ‘Abdul Qadir Jawas pada Sabtu, 11 Rajab 1443 H / 12 Februari 2022 M.

Kajian sebelumnya: Berhukum dengan Apa Yang Diturunkan Allah Subhanahu wa Ta’ala

Menegakkan Syari’at Allah Subhanahu wa Ta’ala

6. Usaha untuk menegakkan syari’at Allah Subhanahu wa Ta’ala di negeri yang syari’at itu tidak diterapkan dan upaya untuk memulai kembali kehidupan secara Islami diatas manhaj Nubuwwah yang dapat mempersatukan kaum muslimin dan mempertautkan kalimat mereka adalah kewajiban syar’i yang terkandung dalam manhaj taghyir Rabbani (metode merubah keadaan masyarakat menurut syari’at Allah Subhanahu wa Ta’ala).

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

إِنَّ اللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّىٰ يُغَيِّرُوا مَا بِأَنفُسِهِمْ

“Sesungguhnya Allah tidak akan merubah keadaan suatu kaum sebelum mereka merubah keadaan diri mereka sendiri.” (QS. Ar-Ra’d[13]: 11)

Asalkan usaha itu tidak dilakukan dengan cara hizbiyyah (kelompok/golongan yang mempunyai prinsip dan tujuan tertentu) yang rusak, atau ashabiyyah (fanatisme kelompok) yang merugikan!

Usaha menegakkan syari’at Islam harus dilakukan dengan dakwah yang aman dan benar, dengan ilmu yang bermanfaat, dengan keyakinan dan kesabaran, serta tetap berpegang teguh kepada Al-Qur’an dan As-Sunnah menurut pemahaman Salafush Shalih.

Baca Juga:
Sifat-Sifat Istri Shalihah

Di samping itu, dibutuhkan kerjasama dalam kebaikan dan taqwa, saling menasihati dengan kebenaran dan kesabaran dengan membersihkan noda-noda yang mengotori aqidah kaum Muslimin, serta mendidik mereka di atas manhaj yang haq (benar).

Setiap muslim selalu mendambakan tegaknya syariat Islam. Dan menegakkan syariat Islam harus dimulai dari setiap pribadi muslim, memperbaiki diri dan keluarga dengan menuntut ilmu syar’i, melaksanakan amal-amal shalih, menegakkan tauhid, menjauhkan syirik, melaksanakan sunnah, menjauhkan bid’ah dan lainnya.

Menegakkan syariat Islam harus dimulai dengan menegakkan tauhid agar manusia beribadah hanya kepada Allah saja dan tidak berbuat syirik. Allah Subhanahu ta’ala berfirman:

… إِنِ الْحُكْمُ إِلَّا لِلَّهِ ۚ أَمَرَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ…

“Hukum itu hanyalah milik Allah, Allah telah memerintahkan agar kalian tidak beribadah melainkan hanya kepada Allah saja.” (QS. Yusuf[12]: 45)

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download Mp3 Menegakkan Syari’at Allah Subhanahu wa Ta’ala

Jangan lupa untuk membagikan link download kajian tentang “Menegakkan Syari’at Allah Subhanahu wa Ta’ala” ini melalui Facebook, Twitter atau yang lainnya. Jazakumullahu khoiron.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Baca Juga:
Tafsir Surat An-Nazi'at - Bagian ke-1 - Kitab Tafsir Al-Muyassar (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.