Masjid Al-Barkah

Syarah Aqidah Ahlus Sunnah wal Jama'ah

Mengikuti Sunnah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam

By  |  pukul 10:21 am

Terakhir diperbaharui: Jumat, 02 Desember 2022 pukul 8:33 pm

Tautan: https://rodja.id/3na

Mengikuti Sunnah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Syarah Aqidah Ahlus Sunnah wal Jama’ah. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Yazid bin ‘Abdul Qadir Jawas pada Sabtu, 18 Rajab 1443 H / 19 Februari 2022 M.

Kajian sebelumnya: Menegakkan Syari’at Allah Subhanahu wa Ta’ala

Mengikuti Sunnah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam

Menit ke-21:20 Termasuk jalan Ahlus Sunnah wal Jama’ah yaitu mengikuti Sunnah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam secara lahir dan batin dan mengikuti jalannya orang-orang yang terdahulu dari kaum Muhajirin dan Anshar.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَالسَّابِقُونَ الْأَوَّلُونَ مِنَ الْمُهَاجِرِينَ وَالْأَنصَارِ وَالَّذِينَ اتَّبَعُوهُم بِإِحْسَانٍ رَّضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ وَرَضُوا عَنْهُ وَأَعَدَّ لَهُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي تَحْتَهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا أَبَدًا ۚ ذَٰلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ

“Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) di antara orang-orang Muhajirin dan Anshar serta orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridha terhadap mereka dan mereka ridha kepada Allah. Allah menyediakan bagi mereka Surga-Surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Itulah kemenangan yang besar.” (QS. At-Taubah[9]: 100)

Ayat tersebut sebagai hujjah bahwa manhaj para Sahabat Radhiyallahu ‘Anhum adalah benar. Orang yang mengikuti mereka akan mendapatkan keridhaan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala dan disediakan bagi mereka Surga. Mengikuti manhaj mereka adalah wajib atas setiap Mukmin. Kalau mereka tidak mau mengikuti maka mereka akan mendapatkan hukuman dan tidak mendapatkan keridhaan Allah Azza wa Jalla. Hal ini harus diperhatikan.

Baca Juga:
Khalifah Hasan bin Ali bin Abi Thalib

Menit ke-34:07 Mereka mendahulukan firman Allah Subhanahu wa Ta’ala dari semua perkataan manusia yang ada. Mendahulukan petunjuk Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dari petunjuk semua orang. Maka yang demikian inilah, mereka disebut atau dikatakan Ahlul Qur’an dan Sunnah. Mereka juga dikatakan Ahlus Sunnah wal Jama’ah karena mengikuti Sunnah dan para Sahabat.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تُقَدِّمُوا بَيْنَ يَدَيِ اللَّهِ وَرَسُولِهِ ۖ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mendahului Allah dan Rasul-Nya dan bertaqwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Mahamendengar lagi Mahamengetahui.” (QS. Al-Hujurat[49]: 1)

Artinya di sini kita tidak boleh mendahului Allah dan RasulNya, baik dalam bentuk perkataan atau perbuatan. Kata Ibnu Abbas ketika menafsirkan ayat ini, beliau berkata:

لا تقولوا خلاف الكتاب والسنة

“Jangan kalian berkata yang menyalahi Al-Qur’an dan Sunnah.”

Jadi, apa yang dikerjakan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam kita kerjakan, yang tidak dikerjakan jangan kita lakukan. Kalau kita ingin dicintai Allah dan RasulNya, maka ikuti. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

قُلْ إِنْ كُنْتُمْ تُحِبُّونَ اللَّهَ فَاتَّبِعُونِي يُحْبِبْكُمُ اللَّهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ ۗ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ

“Katakanlah: ‘Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku (Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam), niscaya Allah mencintai dan mengampuni dosa-dosamu.’ Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Ali ‘Imran[3]: 31)

Baca Juga:
Tafsir Ali Imran Ayat 50-51 - Kebenaran Risalah Nabi Isa 'Alaihis Salam

Artinya di sini seseorang tidak boleh berbuat bid’ah. Hukumnya haram. Jangan mengadakan sesuatu yang Allah dan RasulNya tidak jelaskan dalam Al-Qur’an dan Sunnah.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download Mp3 Mengikuti Sunnah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam

Jangan lupa untuk membagikan link download kajian tentang “Mengikuti Sunnah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam” ini melalui Facebook, Twitter atau yang lainnya. Jazakumullahu khoiron.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.