Masjid Al-Barkah

Khutbah Jumat

Khutbah Jumat Singkat Tentang Gempa

By  |  pukul 4:52 pm

Terakhir diperbaharui: Rabu, 30 November 2022 pukul 2:46 pm

Tautan: https://rodja.id/3n9

Khutbah Jumat Singkat Tentang Gempa ini merupakan rekaman khutbah Jum’at yang disampaikan oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. di Masjid Al-Barkah, Komplek Rodja, Kp. Tengah, Cileungsi, Bogor, pada Jum’at, 1 Jumadil Awwal 1444 H / 25 November 2022 M.

Khutbah Pertama: Khutbah Jumat Singkat Tentang Gempa

Sesungguhnya musibah dan bencana, semua akibat daripada dosa-dosa manusia. Tidak ada satupun musibah yang terjadi kecuali semua itu akibat perbuatan-perbuatan kita. Allah berfirman:

وَمَا أَصَابَكُم مِّن مُّصِيبَةٍ فَبِمَا كَسَبَتْ أَيْدِيكُمْ وَيَعْفُو عَن كَثِيرٍ

“Tidak ada satupun musibah yang menimpa kalian kecuali akibat daripada dosa-dosa kalian juga.” (QS. Asy-Syura[42]: 30)

Sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta’ala menceritakan dalam Al-Qur’an bagaimana Allah menimpakan adzabNya kepada kaum-kaum yang mereka mengingkari Allah, mereka mempersembahkan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Bagaimana Allah timpakan kepada kaumnya Nabi Nuh, Allah timpakan kepada ‘Ad kaumnya Nabi Hud. Demikian pula kaum-kaum setelahnya, akibat mereka mempersekutukan Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Maka saudaraku.. Ini sebagai sebuah peringatan kepada kita. Ketika kita merasakan kemarin bagaimana dahsyatnya gempa yang menimpa kita. Saudara-saudara kita di Cianjur sana sekarang sedang menderita, itu semuanya bukan karena Allah dzalim, dan Allah tidak pernah mendzalimi hambaNya. Allah berfirman:

Baca Juga:
Biografi Singkat Ibnu Khuzaimah

وَلا يَظْلِمُ رَبُّكَ أَحَدًا

“Rabbmu tidak pernah mendzalimi siapapun.” (QS. Al-Kahfi[18]: 49)

Akan tetapi kita yang dzalim, kita yang pastinya berbuat banyak dosa kepada Allah ‘Azza wa Jalla. Maka Allah peringatkan kita agar kembali kepada Allah, agar kita senantiasa mentauhidkan Allah, agar kita senantiasa sadar bahwa kita adalah hamba Allah yang lemah, yang fakir dan membutuhkan karunia Allah Subhanahu wa Ta’ala. Agar hilang kesombongan di hati-hati kita. Sehebat apapun kita, sekaya apapun kita, setinggi apapun derajat dan kedudukan kita, kita kecil di mata Allah ‘Azza wa Jalla.

Subhanallah.. Dengan adanya bencana ini, saudaraku.. Ini merupakan peringatan untuk kita agar kembali kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Kalau kita tidak kembali dengan peringatan ini, lalu dengan apalagi kita akan kembali? Belum kah saatnya kita kembali kepada Allah?

Jangan sampai kita seperti orang-orang ahli kitab sebelum kita. Panjang waktu kepada mereka, namun semakin keras hati mereka. Peringatan-peringatan Allah lagi mempan di hati mereka. Kita tidak ingin seperti itu.

Subhanallah, saudaraku.. Gempa yang kemarin terjadi menjadikan hati-hati orang yang beriman takut kepada Allah. Dan itu mengingatkan bahwasanya betapa kerasnya adzab Allah apabila kita tidak mau menaatiNya, apabila kita tidak mau meninggalkan maksiat-maksiat kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Saudaraku.. Bagi mereka yang hatinya keras, mereka menganggap gempa itu hanyalah fenomena alam. Mereka tak pernah menghubungkan dengan Allah pencipta langit dan bumi. Seakan-akan bumi ini berguncang tanpa izin Allah. Mereka menganggap ini hanya fenomena alam. Tidak, demi Allah.. Sesungguhnya tidak mungkin terjadi gempa kecuali dengan perintah dan izin dari Allah ‘Azza wa Jalla. Semua atas perintah dan izin dari Allah Subhanahu wa Ta’ala. Tidak mungkin yang ada di bumi dan di langit bisa melakukan sesuatu tanpa izin Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Baca Juga:
Talbis Iblis Atas Ahli Puasa

Namun tentunya, saudaraku.. Allah tidak pernah dzalim kepada orang-orang yang beriman. Musibah-musibah dan bencana-bencana yang menimpa itu bagi orang yang beriman dan beramal shalih itu adalah penghapus dosa-dosa mereka. Karena umat Islam ini adalah umat yang dirahmati oleh Allah. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

أمتي هذه أمةٌ مرحومةٌ ، ليس عليْها عذابٌ في الآخرةِ ، عذابُها في الدُّنيا ، الفتنُ ، والزلازلُ ، والقتلُ

“Umatku adalah umat yang dirahmati oleh Allah, mereka tidak ada adzab di akherat. Akan tetapi adzab mereka di dunia saja dengan fitnah, gempa bumi, dan dibunuh.” (HR Abu Dawud)

Saudaraku.. Ternyata bagi umat Islam ini adalah kasih sayang Allah. Allah ingin peringatkan mereka dengan adanya gempa, Allah pun ingin mengampuni dosa-dosa mereka yang senantiasa bertakwa, beriman dan beramal shalih dan kembali kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Saudaraku.. Sesungguhnya orang-orang yang beriman kepada Allah, dengan adanya kejadian-kejadian seperti ini, dia akan segera dan kembali kepada Allah, dia bertaubat kepada Allah, dia memohon ampun kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dia tidak ingin diadzab dalam kehidupan akhirat. Bagaimana adzab Allah yang sangat keras di dalam kehidupan dunia ini saja, kita tidak mampu untuk menahannya, bagaimana dengan adzabNya nanti dalam kehidupan akhirat?

Khutbah Kedua: Khutbah Jumat Singkat Tentang Gempa

Sesungguhnya gempa yang terjadi memberikan peringatan kepada kita, tentang akibat buruk perbuatan maksiat. Maksiat mencabut keberkahan, mendatangkan kemurkaan, menjadikan seorang hamba jauh dari Allah Subhanahu wa Ta’ala, mendatangkan berbagai macam adzab dari Allah.

Baca Juga:
Mewaspadai Fitnah dan Tipudaya Iblis

Namun tentunya, saudaraku.. Sanksi Allah yang terlihat lebih ringan dibandingkan sanksi yang tidak terlihat. Terkadang Allah memberikan sanksi kepada kita dengan sesuatu yang kita tidak rasakan. Ketika kita berbuat maksiat kepada Allah, dicabut kekhusyukan dari hati kita, dijadikan kita berat untuk melangkahkan kaki kita ke masjid, dijadikan kita tidak suka mengingat Allah Subhanahu wa Ta’ala karena Allah pun tidak suka kepada kita. Saudaraku, ini lebih berat dibandingkan sanksi yang terasa dan kita lihat.

Maka ketika kita merasakan hal itu, saat shalat kita tidak bisa khusyuk, saat berdzikir kita pun tidak merasa tentram, saat membaca Al-Qur’an kita pun tidak merasa tenang, demi Allah itu musibah yang lebih besar daripada gempa.

Maka kewajiban kita, saudaraku.. Setiap kita berusaha berpikir tentang kehidupan di dunia, karena kita tidak akan pernah selamanya dalam kehidupan dunia ini.

Download mp3 Khutbah Jumat

Jangan lupa untuk ikut membagikan link download “Khutbah Jumat Singkat Tentang Gempa” ini kepada saudara Muslimin kita baik itu melalui Facebook, Twitter, atau yang lainnya. Semoga menjadi pembukan pintu kebaikan bagi kita semua.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.