Masjid Al-Barkah

Fathul Majid Syarh Kitab At-Tauhid

Janganlah Jadikan Rumah Seperti Kuburan

By  |  pukul 10:06 am

Terakhir diperbaharui: Rabu, 15 Maret 2023 pukul 1:26 pm

Tautan: https://rodja.id/3pu

Janganlah Jadikan Rumah Seperti Kuburan adalah ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan Fathul Majid Syarh Kitab At-Tauhid. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc. pada Rabu, 24 Rajab 1444 H / 15 Februari 2023 M.

Kajian Tentang Janganlah Jadikan Rumah Seperti Kuburan

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

لاَ تَتَّخِذُوْا قَبْرِي عِيْدًا، وَلاَ بُيُوْتَكُمْ قُبُوْرًا، وَصَلُّوْا عَلَيَّ فَإِنَّ تَسْلِيْمَكُمْ يَبْلُغُنِي أَيْنَ كُنْتُمْ.

“Janganlah jadikan kuburanku sebagai ied (tempat yang dikunjungi dalam waktu-waktu yang dirutinkan), dan janganlah jadikan rumah-rumah kalian sebagai kuburan (yaitu tidak menjadikan rumah kosong dari shalat sunnah ataupun bacaan Al-Qur’an), dan bershalawatlah kalian atasku, sesungguhnya salam kalian sampai kepadaku dimanapun kalian berada.” (Diriwayatkan oleh Abu Ya’la)

Perhatikanlah sunnah ini yang keluar dari penduduk kota Madinah, dari ahlul bait Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Mereka memiliki kedekatan nasab dan kedekatan tempat tinggal dengan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Karena mereka lebih berhajat kepada hal itu dibandingkan selain mereka. Dan mereka lebih menjaga untuk Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

Kenapa sampai demikian diberitakan oleh ahlul bait? Karena Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam merupakan orang yang paling dekat kedudukannya dengan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Dan juga paling dekat rumahnya dengan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Mereka-merekalah yang akan menjaga kuburan Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dari penyimpangan-penyimpangan.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari kita download dan simak mp3 kajiannya.

Download mp3 Kajian

Mari turut membagikan hasil rekaman ataupun link ceramah agama “Janganlah Jadikan Rumah Seperti Kuburan” ini melalui jejaring sosial facebook, twitter dan yang lainnya agar orang lain bisa turut mengambil manfaatnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.