Masjid Al-Barkah

Fathul Majid Syarh Kitab At-Tauhid

Penjagaan Nabi Pada Sisi-Sisi Tauhid

By  |  pukul 10:23 am

Terakhir diperbaharui: Senin, 27 Februari 2023 pukul 9:56 am

Tautan: https://rodja.id/3pj

Penjagaan Nabi Pada Sisi-Sisi Tauhid dan Bagaimana Nabi Menutup Segala Jalan Menuju Kesyirikan adalah ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan Fathul Majid Syarh Kitab At-Tauhid. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc. pada Rabu, 17 Rajab 1444 H / 8 Februari 2023 M.

Kajian Tentang Penjagaan Nabi Pada Sisi-Sisi Tauhid

Kita sampai pada بَابُ: مَا جَاءَ فِي حِمَايَةِ الْمُصْطَفَى صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ جَنَابَ التَّوْحِيْدِ وَسَدِّهِ كُلَّ طَرِيْقٍ يُوْصِلُ إِلَى الشِّرْكِ (Tindakan Al-Mustafa untuk melindungi tauhid dan menutup setiap jalan menuju kesyirikan).

Bab ini membahas sikap-sikap dan ucapan-ucapan Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dalam perihal menjaga tauhid dari segala yang mengurangi tauhid dan dari segala yang merusak tauhid. Kemudian ini juga merupakan upaya agar seseorang tidak masuk ke dalam pintu kesyirikan.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

لَقَدْ جَاءَكُمْ رَسُولٌ مِّنْ أَنفُسِكُمْ عَزِيزٌ عَلَيْهِ مَا عَنِتُّمْ حَرِيصٌ عَلَيْكُم بِالْمُؤْمِنِينَ رَءُوفٌ رَّحِيمٌ

“Sesungguhnya telah datang kepadamu seorang Rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaanmu, sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang mukmin.” (QS. At-Taubah[9]: 128)

Allah Subhanahu wa Ta’ala menyebutkan sebagai bentuk pemberian nikmat atas orang-orang beriman dengan pengutusan kepada mereka Rasul dari jenis mereka, yaitu manusia dan sesuai dengan bahasa mereka. Sebagaimana dikatakan oleh Nabi Ibrahim ‘Alaihis Salam:

رَبَّنَا وَابْعَثْ فِيهِمْ رَسُولًا مِّنْهُمْ …

“Wahai Rabb kami, utuslah di tengah-tengah mereka Rasul dari mereka…” (QS. Al-Baqarah[2]: 129)

Sebagaimana juga firman Allah:

لَقَدْ مَنَّ اللَّهُ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ إِذْ بَعَثَ فِيهِمْ رَسُولًا مِّنْ أَنفُسِهِمْ…

“Dan sungguh Allah telah memberikan nikmat atas orang-orang yang beriman ketika Allah Subhanahu wa Ta’ala mengutus di tengah-tengah mereka seorang Rasul dari diri mereka…”  (QS. Ali ‘Imran[3]: 167)

Kemudian Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman: “Berat terasa oleh beliau apa yang kalian rasakan.” Yaitu merasa berat oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam apa yang menyulitkan umatnya. Oleh sebab itulah telah terdapat di dalam hadits yang diriwayatkan dari beberapa jalan dari Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, bahwasanya beliau bersabda:

بُعثتُ بالحنيفيَّةِ السَّمحةِ

“Aku diutus dengan ajaran yang lurus dan mudah.” (HR. Ahmad)

Dan di dalam hadits yang shahih, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

إِنَّ هَذَا الدِّينَ يُسْرٌ

“Sesungguhnya agama ini adalah mudah.” (HR. Bukhari)

Syariat Islam seluruhnya mudah, ringan dan sempurna.

Kemudian Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman: “Sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu.” Maksudnya yaitu semangat/gigih atas hidayah kalian dan sampainya manfaat duniawi bahkan ukhrawi kepada kalian.

Dari Abu Dzar Radhiyallahu ‘Anhu, ia berkata:

تَرَكْنَا رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، وَمَا طَائِرٌ يُقَلِّبُ جَنَاحَيْهِ فِي الْهَوَاءِ ، إِلا وَهُوَ يُذَكِّرُنَا مِنْهُ عِلْمًا

“Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam telah meninggalkan kita, dan tidaklah ada burung yang mengepakkan sayapnya di udara kecuali beliau menyebutkan untuk kita ilmu darinya.”

Abu Dzar berkata lagi, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

مَا بَقِيَ شَيْءٌ يُقَرِّبُ مِنَ الْجَنَّةِ ، ويُبَاعِدُ مِنَ النَّارِ ، إِلا وَقَدْ بُيِّنَ لَكُمْ

“Tidak ada sesuatu yang mendekatkan kalian ke surga dan menjauhkan kalian dari api neraka kecuali aku telah jelaskan bagi kalian.” (HR. Imam Ath-Thabrani)

Itu yang dimaksud Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam sangat gigih, sehingga semuanya sudah dijelaskan terhadap umatnya.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari kita download dan simak mp3 kajiannya.

Download mp3 Kajian

Mari turut membagikan hasil rekaman ataupun link ceramah agama “Penjagaan Nabi Pada Sisi-Sisi Tauhid” ini melalui jejaring sosial facebook, twitter dan yang lainnya agar orang lain bisa turut mengambil manfaatnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.