Masjid Al-Barkah

Mukhtashar Shahih Muslim

Keluarnya Dosa Bersama Air Wudhu

By  |  pukul 9:12 am

Terakhir diperbaharui: Kamis, 16 Maret 2023 pukul 10:06 am

Tautan: https://rodja.id/3px

Keluarnya Dosa Bersama Air Wudhu merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Mukhtashar Shahih Muslim yang disampaikan oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Ahad, 28 Rajab 1444 H / 19 Februari 2023 M.

Kajian sebelumnya: Kulit Yang Disamak

Kajian Hadits Tentang Keluarnya Dosa Bersama Air Wudhu

Kajian kita sampai pada bab خروج الخطايا مع الوضوء (Bab keluarnya dosa bersama air wudhu).

Hadits 121:

عن أبي هريرة – رضي الله عنه – أن رسولَ الله صلى الله عليه وسلم قال إذا تَوَضَّأَ العَبْدُ المُسْلِمُ أَو المُؤمِنُ فَغَسَلَ وَجْهَهُ خَرَجَ مِنْ وَجْهِهِ كُلُّ خَطِيئَةٍ نَظَرَ إِلَيْهَا بِعَيْنِهِ مَعَ المَاءِ أَو مَعَ آخِرِ قَطْرِ المَاءِ فإذا غَسَلَ يَدَيْهِ خَرَجَ مِن يَدَيْهِ كُلُّ خَطِيئَةٍ كَانَ بَطَشَتْهَا يَدَاهُ مَعَ المَاءِ أو مَعَ آخِرِ قَطْرِ المَاءِ فإذا غَسَلَ رِجْلَيْهِ خَرَجَتْ كُلُّ خَطِيئَةٍ مَشَتْهَا رِجْلَاهُ مَعَ المَاءِ أو مَعَ آخِرِ قَطْرِ المَاءِ حَتَّى يَخْرُجَ نَقِيَّا مِنَ الذُّنُوبِ.

Dari Abu Hurairah -semoga Allah meridhainya- bahwasannya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: “Apabila seorang hamba Muslim berwudhu atau Mukmin lalu ia mencuci wajahnya, akan keluarlah dari wajahnya itu semua kesalahan yang dilakukan oleh matanya bersama air atau bersama tetesan-tetesan terakhir dari air wudhu. Apabila ia mencuci dua tangannya, maka akan keluarlah dari dua tangannya semua kesalahan yang dilakukan oleh kedua tangannya tersebut bersama air atau bersama tetesan terakhir dari wudhunya. Dan apabila ia mencuci dua kakinya, akan keluarlah semua kesalahan yang dilakukan oleh kakinya bersama air atau bersama tetesan terakhir dari air wudhu sehingga ia selesai dari wudhu dalam keadaan bersih dari dosa.” (HR. Muslim)

Baca Juga:
Dosa Besar Ketiga Puluh Empat dan Ketiga Puluh Lima: Khianat dan Belajar Ilmu Agama dengan Tujuan Dunia serta Menyembunyikan Ilmu - Kitab Al-Kabair (Syaikh Prof. Dr. 'Abdur Razzaq Al-Badr)

Keutamaan berwudhu

Hadits ini menunjukkan keutamaan wudhu. Dan bahwasanya berwudhu itu menggugurkan dosa-dosa kecil (bukan dosa besar). Karena kata para ulama dosa besar itu harus dengan taubat. Adapun yang digugurkan oleh amalan shalih itu adalah dosa-dosa kecil, kecuali bila ada dalil yang menunjukkan bahwa yang digugurkan itu adalah dosa besar.

Penggugur dosa

Di antara dosa ada yang bisa digugurkan oleh amalan shalih. Ada juga dosa yang tidak bisa digugurkan oleh amal shalih, tapi digugurkan dengan ujian yang sangat berat seperti penyakit atau bencana. Ada juga dosa yang ternyata bencana pun tidak bisa menggugurkan, tapi yang bisa menggugurkan adalah api neraka. Ada juga dosa yang bahkan api neraka pun tidak bisa menggugurkannya, yaitu dosa syirik. Maka pelakunya kekal dalam neraka jahanam.

Di dalam hadits ini disebutkan bahwa dosa itu keluarnya bersama air atau tetesan terakhir dari air wudhu. Apakah berarti ini menunjukkan bahwa tidak disyariatkan untuk menyeka wajah atau tangan dengan kain setelah selesai wudhu? Jawabnya tidak. Karena yang dimaksud dengan akhir tetesan itu saat berwudhu. Adapun setelah selesai berwudhu maka telah ada riwayat yang menunjukkan bahwa Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menyekanya.

Syaikh Albani mengatakan ada satu riwayat yang hasan bahwa Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam memiliki secarik kain yang beliau gunakan untuk menyeka air wudhunya tersebut. Maka itu menunjukkan boleh. Kalau misalnya kita tidak seka pun tidak masalah. Itu hukumnya mubah-mubah saja.

Baca Juga:
Dosa Besar Ketiga Puluh Delapan dan Ketiga Puluh Sembilan: Menguping Pembicaraan Rahasia dan Tukang Laknat - Kitab Al-Kabair (Syaikh Prof. Dr. 'Abdur Razzaq Al-Badr)

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download mp3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian “Keluarnya Dosa Bersama Air Wudhu” yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.