Masjid Al-Barkah

Minhaj Al-Firqah an-Najiyah wa ath-Tha'ifah Al-Manshurah

Golongan Yang Selamat Mengajak Berpegang Teguh dengan Sunnah

By  |  pukul 10:04 am

Terakhir diperbaharui: Rabu, 15 Maret 2023 pukul 1:50 pm

Tautan: https://rodja.id/3q5

Golongan Yang Selamat Mengajak Berpegang Teguh dengan Sunnah adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Minhaj Al-Firqah an-Najiyah wa ath-Tha’ifah Al-Manshurah. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abdullah TaslimM.A. pada Sabtu, 5 Sya’ban 1444 H / 25 Februari 2023 M.

Kajian sebelumnya: Golongan Yang Selamat Senantiasa Menghidupkan Sunnah

Golongan Yang Selamat Mengajak Berpegang Teguh dengan Sunnah

Golongan yang selamat selalu mengajak kaum muslimin agar mereka senantiasa berpegang teguh dengan sunnah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dan petunjuk para sahabatnya Radhiyallahu ‘Anhum Ajma’in, sehingga Allah Subhanahu wa Ta’ala menurunkan pertolongan kepada mereka. Di akhirat nanti mereka akan masuk surga dengan karunia dari Allah Subhanahu wa Ta’ala, kemudian juga dengan sebab syafaat dari Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

Inilah golongan yang selamat. Mereka selalu mengajak kaum muslimin untuk berpegang teguh dengan sunnah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dan sunnah para sahabat Radhiyallahu ‘Anhum Ajma’in.

Sunnah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dan para sahabat inilah yang dijamin bagi orang-orang yang berpegang teguh dengannya dia akan selamat. Selamat dari fitnah (syubhat maupun syahwat) di dunia, hal-hal yang menyimpangkan dari jalan Allah Subhanahu wa Ta’ala yang lurus, dan selamat dari ancaman adzab Allah Subhanahu wa Ta’ala di akhirat nanti. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

Baca Juga:
Pakaian Adalah Nikmat Dari Allah

وَمَن يُشَاقِقِ الرَّسُولَ مِن بَعْدِ مَا تَبَيَّنَ لَهُ الْهُدَىٰ وَيَتَّبِعْ غَيْرَ سَبِيلِ الْمُؤْمِنِينَ نُوَلِّهِ مَا تَوَلَّىٰ وَنُصْلِهِ جَهَنَّمَ ۖ وَسَاءَتْ مَصِيرًا

“Barangsiapa yang menentang Rasul (yakni berpaling dari petunjuk Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam) setelah jelas petunjuk baginya, kemudian dia mengikuti selain jalannya kaum mukminin (para sahabat), maka Kami akan palingkan dia ke arah kesesatan yang dia cenderung kepadanya kemudian Kami akan masukkan dia ke dalam neraka jahanam yang itu merupakan seburuk-buruk tempat kembali.” (QS. An-Nisa'[4]: 15)

Inilah yang menyebabkan seseorang celaka dunia dan akhirat. Ketika di dunia dia memilih meninggalkan berpegang teguh dengan sunnah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dan para sahabat, maka Allah akan palingkan dia.

… فَلَمَّا زَاغُوا أَزَاغَ اللَّهُ قُلُوبَهُمْ…

“Ketika mereka berpaling maka sekalian Allah Subhanahu wa Ta’ala palingkan hati-hati mereka.” (QS. As-Saff[61]: 5)

Makanya berpegang teguh dengan sunnah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dan para sahabat ini merupakan sebab turunnya pertolongan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala. Allah menjanjikan pertolongan di dalam beberapa ayat Al-Qur’an. Allah Subhanahu wa Ta’ala jelas menegaskan:

…وَكَانَ حَقًّا عَلَيْنَا نَصْرُ الْمُؤْمِنِينَ

“Bahwa haq bagi Kami (Allah Subhanahu wa Ta’ala mewajibkan bagi diriNya) untuk menolong orang-orang yang beriman.” (QS. Ar-Rum[30]: 47)

Di sini Allah gandengkan pertolongan dengan iman yang benar. Dan iman yang benar tidak lain adalah dengan mengikuti petunjuk Allah Subhanahu wa Ta’ala yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam yang kemudian dipraktekkan dengan sempurna setelah itu oleh para sahabat Radhiyallahu ‘Anhum Ajma’in. Makanya kata beliau “Dengan sebab inilah pertolongan Allah diturunkan kepada mereka.”

Baca Juga:
Beriman Kepada Takdir

Para sahabat Radhiyallahu ‘Anhum Ajma’in yang paling sempurna dalam mempraktekkan, maka Allah Subhanahu wa Ta’ala bukakan negeri-negeri di zaman mereka sedemikian luas. Ini bukti pertolongan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala akan turun ketika kaum muslimin menegakkan agama Allah Subhanahu wa Ta’ala sebagaimana yang Allah sebutkan dalam firmanNya:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِن تَنصُرُوا اللَّهَ يَنصُرْكُمْ وَيُثَبِّتْ أَقْدَامَكُمْ

“Wahai orang-orang yang beriman, jika kamu menolong (agama) Allah, maka Allah akan menolongmu dan akan meneguhkan kedudukanmu.” (QS. Muhammad[47]: 7)

Apa artinya menolong Allah atau menolong agama Allah? Allah Subhanahu wa Ta’ala Maha Kuat dan Maha Perkasa, tidak butuh ditolong. Agama Allah pun Allah sendiri yang akan menjaganya. Allah Subhanahu wa Ta’ala pasti menolong agamaNya, itu tidak perlu kita khawatirkan. Yang kita khawatirkan apakah kita termasuk yang ditolong atau tidak? Maka Allah Subhanahu wa Ta’ala menyebutkan di ayat tadi syarat untuk mendapatkan pertolongan dari Allah.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian dan simak penjelasan yang penuh manfaat ini..

Download MP3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian “Golongan Yang Selamat Mengajak Berpegang Teguh dengan Sunnah” yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pembuka pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Baca Juga:
Bersihnya Hati

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.