Masjid Al-Barkah

Minhaj Al-Firqah an-Najiyah wa ath-Tha'ifah Al-Manshurah

Golongan Yang Selamat Berjihad dengan Lisan, Pena dan Harta

By  |  pukul 9:08 am

Terakhir diperbaharui: Selasa, 01 Agustus 2023 pukul 9:02 am

Tautan: https://rodja.id/3t2

Golongan Yang Selamat Berjihad dengan Lisan, Pena dan Harta adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Minhaj Al-Firqah an-Najiyah wa ath-Tha’ifah Al-Manshurah. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abdullah TaslimM.A. pada Sabtu, 5 Sya’ban 1444 H / 25 Februari 2023 M.

Kajian sebelumnya: Golongan Yang Selamat Mengajak Berpegang Teguh dengan Sunnah

Golongan Yang Selamat Berjihad dengan Lisan, Pena dan Harta

Metode beragama dari golongan yang selamat, mereka selalu menyeru kaum muslimin untuk berpegang teguh dengan sunnah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dan pemahaman para sahabat Radhiyallahu Ta’ala ‘Anhum ajma’in. Karena inilah yang dijamin oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala dan RasulNya sebagai orang-orang yang akan selamat dari fitnah kesesatan di dunia dan selamat dari ancaman adzab Allah Subhanahu wa Ta’ala pada hari kiamat nanti. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَمَن يُشَاقِقِ الرَّسُولَ مِن بَعْدِ مَا تَبَيَّنَ لَهُ الْهُدَىٰ وَيَتَّبِعْ غَيْرَ سَبِيلِ الْمُؤْمِنِينَ نُوَلِّهِ مَا تَوَلَّىٰ وَنُصْلِهِ جَهَنَّمَ ۖ وَسَاءَتْ مَصِيرًا

“Barangsiapa yang menentang Rasul setelah jelas petunjuk di hadapannya, kemudian dia mengikuti jalan selain jalan para sahabat Radhiyallahu ‘Anhum, maka Kami akan palingkan dia ke arah kesesatan yang digandrunginya. Dan Kami akan masukkan dia ke dalam neraka jahanam yang itu merupakan seburuk-buruk tempat kembali.” (QS. An-Nisa'[4]: 115)

Karena mereka mengetahui inilah jalan yang benar. Maka mereka senantiasa mengajak kaum muslimin berpegang teguh dengan sunnah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dan pemahaman para sahabat. Sebagaimana kita tahu mereka mengamalkan pesan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dalam hadits Irbadh bin Sariyah Radhiyallahu ‘Anhu ketika menyebutkan perpecahan umat di akhir zaman, maka Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

Baca Juga:
Larangan Berperang Pada Bulan Haram - Surah Al-Baqarah 217

فَعَلَيْكُمْ بِسُنَّتِي وَسُنَّةِ الخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ المَهْدِيِّيْنَ عَضُّوا عَلَيْهَا بِالنَّوَاجِذِ

“Hendaknya kalian berpegang teguh dengan sunnahku dan sunnahnya para Khulafaur Rasyidin yang selalu mendapatkan petunjuk dari Allah, berpegang teguhlah dengannya dan gigitlah erat-erat dengan gigi gerahammu.”

Lihat juga: Hadits Arbain 28 – Mendengar dan Taat Kepada Penguasa

Ini yang mereka senantiasa serukan kepada kaum muslimin. Dalam semua keadaan berpegang teguh dengan sunnah dan pemahaman para sahabat. Baik dalam keadaan lapang maupun dalam keadaan sempit, baik dalam keadaan menguntungkan atau tidak menguntungkan, baik ketika banyak kaum muslimin yang ikut berpegang teguh dengan sunnah ataupun mereka semua misalnya berpaling, maka golongan yang selamat ini tidak berubah.

لَا يَضُرُّهُمْ مَنْ خَذَلَهُمْ حَتَّى يَأتِيَ أَمْرُ اللهِ

“Tidak akan merugikan mereka orang-orang yang berpaling dari petunjuk mereka sampai datangnya keputusan Allah Subhanahu wa Ta’ala menjelang hari kiamat nanti.” (HR. Muslim)

Sehingga dengan sebab ini Allah menetapkan pertolongan dariNya bagi mereka. Ini sudah kita bahas, bahwa pertolongan dari Allah adalah sejauh mana kaum muslimin berpegang teguh dengan agama mereka. Karena tidak mungkin Allah Subhanahu wa Ta’ala akan menolong hamba yang tidak menolong atau membela/mengamalkan agamaNya. Apa gunanya diturunkan agama yang sempurna dan menjamin kebaikan hidup manusia kalau ternyata agama ini tidak menjadi rujukan dalam semua masalah kita?

Baca Juga:
Pernikahan Yang Paling Baik

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِن تَنصُرُوا اللَّهَ يَنصُرْكُمْ وَيُثَبِّتْ أَقْدَامَكُمْ

“Wahai orang-orang yang beriman, kalau kamu menolong agama Allah, Allah akan menolongmu dan akan meneguhkan kedudukanmu.” (QS. Muhammad[47]: 7)

Lihat juga: Jadilah Pejuang di Jalan Allah

Apa artinya menolong agama Allah? Bukan berarti agama ini lemah lantas perlu kita tolong. Kalau kita tidak menolongnya, maka agama ini akan hilang, tidak demikian. Allah Subhanahu wa Ta’ala yang akan menjaga agamaNya. Adapun pertolongan kita terhadap agama adalah dengan mengikuti syariatNya, mengamalkan perintah-perintahNya, dan menjauhi larangan-laranganNya.

Jadi tidak mungkin turun pertolongan dari Allah kalau kita tidak mendekatkan umat ini kepada petunjuk Allah Subhanahu wa Ta’ala dan petunjuk RasulNya Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, dengan pemahaman para sahabat Radhiyallahu ‘Anhum.

Makanya mereka disebut golongan yang selamat atau golongan yang selalu mendapatkan pertolongan dari Allah dengan sebab mereka berpegang teguh dengan sunnah. Inilah sebab pertolongan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Dalam hadits Shahih yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan yang lainnya, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

وجُعِلَ الذلُّ والصغارُ على مَن خالف أمرِي

“Akan dijadikan kehinaan dan kerendahan (tidak mungkin mendapat pertolongan) bagi orang yang menyelisihi petunjukku.” (HR. Ahmad)

Orang yang ingin mengembalikan kejayaan Islam tapi tidak dengan mengajak umat kembali kepada sunnah, maka mereka tidak akan mendapat kejayaan tersebut selama-lamanya.

Baca Juga:
Tafsir Surat Al-Baqarah Ayat 93 - 96 (Ustadz Badrusalam, Lc.)

Di dalam hadits shahih yang lainnya, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

سَلَّطَ اللَّهُ عَلَيْكُمْ ذُلًّا لَا يَنْزِعُهُ حَتَّى تَرْجِعُوا إِلَى دِينِكُمْ

“Ketika itu Allah akan melimpahkan kehinaan kerendahan kepadamu wahai kaum muslimin, dan Allah tidak akan mencabut kehinaan tersebut sampai kalian kembali kepada agama.” (HR. Abu Dawud)

Lihat juga: Ini Syaratnya Agar Umat Islam Diberikan Kejayaan Oleh Allah

Subhanallah, kembali kepada agama ini solusi dalam semua masalah. Masalah pribadi, keluarga, masyarakat, bahkan semua kaum muslimin, bahkan semua masalah di alam semesta. Cara untuk memperbaikinya kembali kepada agama.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian dan simak penjelasan yang penuh manfaat ini..

Download MP3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian “Golongan Yang Selamat Berjihad dengan Lisan, Pena dan Harta” yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pembuka pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.