Masjid Al-Barkah

Al-Adabul Mufrad

Bait-Bait Syair Yang Bermanfaat

By  |  pukul 10:30 am

Terakhir diperbaharui: Rabu, 05 April 2023 pukul 8:32 am

Tautan: https://rodja.id/3qp

Bait-Bait Syair Yang Bermanfaat adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Al-Adabul Mufrad. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A. pada Senin, 7 Sya’ban 1444 H / 27 Februari 2023 M.

Kajian Islam Tentang Bait-Bait Syair Yang Bermanfaat

Al-Imam Bukhari mengatakan:

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ سَلَّامٍ قَالَ: حَدَّثَنَا عَبْدَةُ قَالَ: أَخْبَرَنَا هِشَامُ بْنُ عُرْوَةَ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا قَالَتِ: اسْتَأْذَنَ حَسَّانُ بْنُ ثَابِتٍ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي هِجَاءِ الْمُشْرِكِينَ، فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «فَكَيْفَ بِنِسْبَتِي؟» فَقَالَ: لَأَسُلَّنَّكَ مِنْهُمْ كَمَا تُسَلُّ الشَّعْرَةُ مِنَ الْعَجِينِ

Telah mengajarkan kepada kami Muhammad bin Salam, dia berkata: telah mengajarkan kepada kami Abdah, dia berkata: telah mengajarkan kepada kami Hisyam bin Urwah, dari ayahnya (Urwah bin Zubair), dari Aisyah Radhiyallahu ‘Anha, Aisyah berkata bahwasanya Hasan bin Tsabit meminta izin kepada Rasul Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam untuk mencela orang-orang musyrikin dengan bait-bait syair.

Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bertanya: “Bagaimana dengan nasabku?” Maka Hasan berkata: “Aku akan mencabutmu dari mereka (agar selamat dari celaan yang aku buat) sebagaimana diambilnya rambut dari adonan.” (HR. Bukhari)

Pada masa itu syair merupakan media yang paling hebat dan paling mudah dihafal. Karena mudah dihafal, sehingga akan mudah untuk tersebar di kalangan masyarakat.

Orang-orang musyrikin seringkali mencela Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Dan Nabi memiliki beberapa penyair, di antaranya Hasan bin Tsabit. Disebutkan ketika kaum musyrikin memaki Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dan kaum muslimin dengan bait-bait syair, Nabi memanggil Abdullah bin Rawahah untuk mencela mereka. Tapi sepertinya hasilnya kurang maksimal. Maka kemudian Rasul Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam memanggil Hasan bin Tsabit. Kemudian Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mengatakan kepada Hasan: “Silahkan engkau cela mereka dengan syair-syair itu dan Jibril akan menguatkanmu.”

Pertanyaan Nabi “Bagaimana dengan nasabku?” ini maksudnya adalah bahwa Nabi adalah orang Quraisy. Sehingga kalau Hasan mencela suku Quraisy secara umum, mau tidak mau Nabi juga termasuk yang dicela. Maka harus berhati-hati.

Dan disebutkan dalam beberapa atsar ketika Hasan bin Tsabit diminta memaki orang-orang musyrikin, maka Hasan mengeluarkan lidahnya sehingga seperti ular.

Berbicara tentang hikmah, ternyata ada bait-bait syair yang bermanfaat. Bahkan kalau orang dicela dengan syair, biasanya mereka menjadi malu dan down. Dimana awalnya mereka semangat. Hal ini karena dibongkar kesalahan-kesalahan dan keburukan-keburukan mereka. Mungkin sebagian mereka bangga dengan dirinya, setelah dicela oleh Hasan, mereka pun diam.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian dan simak pembahasan yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian tentang “Bait-Bait Syair Yang Bermanfaat” yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga menjadi pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.