Masjid Al-Barkah

Al-Adabul Mufrad

Sebagian dari Penjelasan adalah Sihir

By  |  pukul 9:08 am

Terakhir diperbaharui: Senin, 26 Juni 2023 pukul 10:11 am

Tautan: https://rodja.id/3rg

Sebagian dari Penjelasan adalah Sihir adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Al-Adabul Mufrad. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A. pada Senin, 17 Syawwal 1444 H / 08 Mei 2023 M.

Kajian Islam Tentang Sebagian dari Penjelasan adalah Sihir

Al-Imam Bukhari mengatakan:

حَدَّثَنَا عَارِمٌ قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو عَوَانَةَ، عَنْ سِمَاكٍ، عَنْ عِكْرِمَةَ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، أَنَّ رَجُلًا – أَوْ أَعْرَابِيًّا – أَتَى النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَتَكَلَّمَ بِكَلَامٍ بَيِّنٍ، فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «إِنَّ مِنَ الْبَيَانِ سِحْرًا، وَإِنَّ مِنَ الشِّعْرِ حِكْمَةً»

Abdullah bin Abbas Radhiyallahu ‘Anhuma menceritakan bahwasanya ada seorang Arab Badui yang dia datang menjumpai Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam lalu berbicara dengan Nabi dengan pembicaraan yang sangat jelas dan lugas. Lalu Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mengatakan: “Sesungguhnya penjelasan yang baik itu termasuk dari sihir. Dan sesungguhnya di antara syi’ir itu mengandung hikmah.”

Allah ‘Azza wa Jalla memberikan kepada manusia kemampuan untuk berbicara mengungkapkan apa yang di dirinya. Ini sebuah karunia yang Allah tidak berikan kepada binatang. Kita melihat ada burung, ayam, monyet, atau yang lain-lainnya, mereka tidak bisa memberikan penjelasan.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

الرَّحْمَٰنُ ‎﴿١﴾‏ عَلَّمَ الْقُرْآنَ ‎﴿٢﴾‏ خَلَقَ الْإِنسَانَ ‎﴿٣﴾‏ عَلَّمَهُ الْبَيَانَ ‎﴿٤﴾

“Ar-Rahman, Dia-lah Allah yang mengajarkan Al-Qur’an, Dia yang menciptakan manusia, Allah mengajarkan kepadanya al-bayan (penjelasan tentang apa yang ada di dalam dirinya).” (QS. Ar-Rahman[55]: 1-4)

Ini menunjukkan bahwa manusia benar-benar istimewa. Manusia tidak sama dengan makhluk yang lainnya. Allah ajarkan tata cara mengungkapkan dan menjelaskan tentang apa yang ada pada dirinya. Itu hanya ada pada manusia.

Dan Nabi menjelaskan ketika orang Badui ini mengungkapkan apa yang ada pada dirinya dengan penjelasan yang begitu lugas, keterangan yang begitu jelas, beliau mengatakan: “Sesungguhnya penjelasan yang baik itu termasuk dari sihir.” Artinya orang yang mendengarkan itu bisa benar-benar terhipnotis. Sehingga pendengar menyimak dengan benar, nyaman, fokus dan konsentrasi, lalu dia terpengaruh dengan ucapan orang ini.

Para ulama berbeda pendapat tentang pernyataan Rasul Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam “Sesungguhnya di antara penjelasan itu adalah sihir” apakah ini pujian atau celaan? Kalau penjelasannya membuat orang menerima kebatilan sebagai sebuah kebenaran, menjadikan yang salah terlihat benar, maka ini termasuk sihir yang tercela. Tapi kalau seseorang memberikan penjelasan yang membuat orang yang tidak paham menjadi paham, maka ini menjadi pujian untuk penjelasan tadi.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian dan simak pembahasan yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian tentang “Sebagian dari Penjelasan adalah Sihir” yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga menjadi pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.