Masjid Al-Barkah

Talbis Iblis

Hukum Bertepuk Tangan Ketika Merasa Senang

By  |  pukul 10:06 am

Terakhir diperbaharui: Senin, 10 April 2023 pukul 10:01 am

Tautan: https://rodja.id/3r2

Hukum Bertepuk Tangan Ketika Merasa Senang ini adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Talbis Iblis. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ihsan Al-Atsaary pada Senin, 5 Ramadhan 1444 H / 27 Maret 2023 M.

Kajian Tentang Hukum Bertepuk Tangan Ketika Merasa Senang

Satu kebiasaan yang dilakukan oleh kaum sufi dalam mengekspresikan rasa gembira karena mendengar qasidah/nyanyian yaitu mereka mengiringinya dengan tepukan tangan.

Abu Ali bin Al-Katib menceritakan bahwa Ibnu Banan terbiasa mengalami wajd, sedangkan Abu Sa’id Al-Kharraz terbiasa bertepuk tangan untuknya.

Ibnul Jauzi mengatakan: Padahal tepuk tangan merupakan kemungkaran yang menyenangkan yang bisa mengeluarkan pelakunya dari batas-batas kewajaran. Perbuatan seperti ini tidak mungkin dilakukan oleh orang-orang yang berakal, dan pelakunya pun menyerupai orang-orang musyrik yang biasa bertepuk tangan di Baitullah. Perbuatan mereka ini dicela oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala:

وَمَا كَانَ صَلَاتُهُمْ عِنْدَ الْبَيْتِ إِلَّا مُكَاءً وَتَصْدِيَةً…

“Dan ibadah mereka di sekitar Baitullah tidak lain hanyalah siulan dan tepukan tangan…” (QS. Al-Anfal[8]: 35)

Bertepuk tangan juga menyerupai perbuatan yang biasa dilakukan oleh kaum wanita. Maka orang yang berakal niscaya enggan melakukan sesuatu yang bisa mengeluarkannya dari kewibawaan kepada tindakan yang memalukan dan menjadi kebiasaan orang-orang kafir dan kaum wanita.

Kebiasaan tepuk tangan merupakan salah satu kebiasaan yang buruk dan tidak pantas, ini menjatuhkan kehormatan di kalangan Salaf dahulu. Tepuk tangan merupakan bentuk tasyabbuh dengan orang-orang musyrik dan kaum wanita. Maka tidak selayaknya ini dilakukan.

Baca Juga:
Buah Ilmu (Ustadz Abu Ya'la Kurnaedi, Lc.)

Anak-anak jangan dilatih dan dibiasakan tepuk tangan. Karena itu bukan kebiasaan yang baik. Itu adalah kebiasaan orang-orang di luar Islam yang tidak patut ditiru oleh kaum muslimin.

Salah satu di antara talbis iblis terhadap kaum sufi adalah mereka mengekspresikan kegembiraan/ketakjuban terhadap sesuatu yang mereka lihat dan dengar, maka mereka bertepuk tangan. Apalagi tepukan tangan ini mengiringi ibadah dzikir yang dilakukan, ini tentunya sangat tidak layak. Apalagi misalnya dilakukan di masjid atau di majelis ilmu. Maka kita menjauhi hal-hal seperti itu.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian dan simak pembahasan yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian “Hukum Bertepuk Tangan Ketika Merasa Senang” yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga menjadi pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.