Masjid Al-Barkah

Ayat-Ayat Ahkam

Tafsir Ali Imran Ayat 80 – Jangan Berbuat Syirik

By  |  pukul 12:53 pm

Terakhir diperbaharui: Jumat, 09 Juni 2023 pukul 12:53 pm

Tautan: https://rodja.id/3s8

Tafsir Ali Imran Ayat 80 – Jangan Berbuat Syirik adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan Ayat-Ayat Ahkam. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. pada Kamis, 12 Dzulqa’dah 1444 H / 01 Juni 2023 M.

Tafsir Ali Imran Ayat 80 – Jangan Berbuat Syirik

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَلَا يَأْمُرَكُمْ أَن تَتَّخِذُوا الْمَلَائِكَةَ وَالنَّبِيِّينَ أَرْبَابًا ۗ أَيَأْمُرُكُم بِالْكُفْرِ بَعْدَ إِذْ أَنتُم مُّسْلِمُونَ

“Dan dia tidak memerintahkan kepada kalian untuk menjadikan para malaikat dan nabi itu sebagai tuhan-tuhan. Apakah dia memerintahkan kekafiran setelah kalian muslim?” (QS. Ali ‘Imran[3]: 80)

Ayat yang mulia ini ada kaitan dengan ayat yang sebelumnya. Dimana ayat yang sebelumnya Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

مَا كَانَ لِبَشَرٍ أَن يُؤْتِيَهُ اللَّهُ الْكِتَابَ وَالْحُكْمَ وَالنُّبُوَّةَ ثُمَّ يَقُولَ لِلنَّاسِ كُونُوا عِبَادًا لِّي مِن دُونِ اللَّهِ وَلَٰكِن كُونُوا رَبَّانِيِّينَ بِمَا كُنتُمْ تُعَلِّمُونَ الْكِتَابَ وَبِمَا كُنتُمْ تَدْرُسُونَ

“Tidak sekali-kali manusia yang diberikan oleh Allah kitab, hikmah, kenabian, kemudian dia berkata kepada manusia ‘Jadilah kalian penyembah-penyembahku.’ Akan dia berkata: ‘Jadilah kalian Rabbaniyyin (orang-orang yang taat kepada Allah) karena kalian mengajarkan Al-Kitab dan mempelajarinya.'” (QS. Ali ‘Imran[3]: 79)

Ini menerangkan bahwa tugas para rasul dan tugas nabi yang Allah Subhanahu wa Ta’ala utus adalah berdakwah yang mendakwahkan tauhid, bukan malah mengajak orang beribadah kepadanya.

Baca Juga:
Berhati-Hati Dari Dosa Kesyirikan dan Macam-Macam Maksiat

Oleh karena itu kalau ada orang mengaku rasul kemudian memerintahkan orang berbuat syirik, ini berarti palsu.

Yang benar adalah mereka memerintahkan manusia untuk mentauhidkan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Sebagaimana di ayat yang selanjutnya:

“Dan dia juga tidak memerintahkan kepada kalian untuk menjadikan para malaikat dan nabi itu sebagai tuhan-tuhan. Apakah dia memerintahkan kekafiran setelah kalian muslim?” (QS. Ali ‘Imran[3]: 80)

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian “Tafsir Ali Imran Ayat 80 – Jangan Berbuat Syirik” yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pembuka pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.