Masjid Al-Barkah

Fiqih Do'a dan Dzikir

Membaca Basmalah Saat Masuk Rumah

By  |  pukul 10:29 am

Terakhir diperbaharui: Rabu, 13 September 2023 pukul 10:30 am

Tautan: https://rodja.id/55w

Membaca Basmalah Saat Masuk Rumah merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Fiqih Doa dan Dzikir yang disampaikan oleh Ustadz Abdullah Zaen, M.A. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Senin, 25 Safar 1445 H / 11 September 2023 M.

Lihat sebelumnya: Doa Keluar Rumah Agar Tidak Tersesat

Kajian Tentang Membaca Basmalah Saat Masuk Rumah

Kenapa kita perlu baca doa masuk rumah? Kalau doa keluar rumah wajar, karena di luar rumah akan bertemu orang banyak yang kita tidak kenal. Kalau masuk rumah akan bertemu dengan orang-orang yang kita kenal, bahkan orang-orang yang kita sayangi? Kenapa kita tetap baca doa? Salah satu alasannya adalah demi mensyukuri nikmat kita bisa tinggal di rumah. Walaupun rumah tersebut adalah rumah kontrakan, atau masih numpang. Apalagi kalau rumah itu milik kita.

Kenapa banyak di antara kita yang sudah punya rumah sendiri, walaupun sederhana, tapi banyak mengeluh dna kurang bersyukur? Karena kita tidak melihat orang yang di bawah kita.

Walaupun rumah yang kita tinggali itu adalah kontrakan, atau masih numpang, yakinlah masih ada yang lebih susah dibandingkan kita. Yaitu orang-orang yang tidak bisa ngontrak dan tidak bisa numpang.

Jadi, walaupun rumah kita masih ngontrak atau numpang, tetap bersyukur. Karena banyak orang yang tinggal di emperan toko, di kolong jembatan, bahkan kemana-mana membawa gerobak.

Ketika kita merasa bahwa ada kekurangan di dalam tempat tinggal, maka yakinlah bahwa masih banyak yang lebih susah dan sengsara. Kita bisa tinggal di dalam rumah merupakan nikmat, dan setiap nikmat itu wajib disyukuri.

Salah satu cara untuk mensyukuri nikmat punya tempat tinggal adalah dengan mengamalkan tuntunan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam saat masuk rumah. Di antara tuntunan yang diajarkan oleh Nabi kita Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam apabila masuk rumah adalah dengan membaca doa:

بِسْمِ اللهِ

Ketika kita baca “Basmalah,” maka kita akan mendapatkan keuntungan yang luar biasa. Dan ketika tidak membaca “Basmalah” saat masuk rumah, kita akan mendapatkan kerugian yang luar biasa, padahal sangat mudah untuk mengucapkannya. Hanya dengan kalimat sepotong ini, “Bismillah,” kita akan mendapatkan keistimewaan. Dan keistimewaan ini akan mempengaruhi kebahagiaan kita di dunia dan di akhirat.

Dalil landasan

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

«إِذَا دَخَلَ الرَّجُلُ بَيْتَهُ فَذَكَرَ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ وَعِنْدَ طَعَامِهِ، قَالَ الشَّيْطَانُ: “لَا مَبِيتَ لَكُمْ وَلَا عَشَاءَ”، وَإِذَا دَخَلَ فَلَمْ يَذْكُرْ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ: “أَدْرَكْتُمْ الْمَبِيتَ” وَإِذَا لَمْ يَذْكُرْ اللَّهَ عِنْدَ طَعَامِهِ قَالَ: “أَدْرَكْتُمْ الْمَبِيتَ وَالْعَشَاءَ»

“Bila seseorang memasuki rumahnya dan berdzikir kepada Allah (dengan membaca basmalah) saat masuk dan makan; maka setan akan berkata, ‘Kalian tidak mendapatkan tempat menginap dan makanan (di rumah ini).’

Namun jika ia masuk lalu tidak membaca basmalah, setan akan berkata, ‘Kalian menemukan tempat menginap’. Bila ia tidak membaca basmalah sebelum makan; niscaya setan akan berkata, “Kalian mendapatkan tempat menginap dan makanan”. (HR. Muslim)

Renungan Kandungan

Hadits di atas menjelaskan manfaat membaca basmalah saat masuk rumah serta sebelum makan dan minum. Yaitu mendapat perlindungan Allah dari kejahatan setan. Sebab setan selalu menguntit manusia dalam setiap aktivitasnya. Bila ia berdzikir mengingat Allah, maka setan akan mundur dan menjauhinya. Sehingga manusia terjaga dari makar setan dan tipudayanya.

Setan itu memiliki siasat untuk maju dan mundur. Dia akan maju manakala kita lalai dari berdzikir. Sebaliknya dia bakal mundur, manakala kita menyerangnya dengan dzikrullah. Jika kita menginginkan agar setan selalu mundur, maka kita pun harus senantiasa memukulnya terus dengan dzikir.

“Dzikir merupakan cemeti untuk mencambuk setan. Sebagaimana para penjahat dibuat jera dengan pukulan cemeti, kayu atau besi. Dzikrullah akan memukul dan menyakiti setan, persis seperti cemeti akan menyakiti orang yang disabet dengannya. Karena itulah setannya orang yang beriman berbadan kurus, lemah dan ceking. Sebab selalu disiksa dengan dzikir dan ketaatan pada Allah … Kebalikannya, setan yang bersama orang fasik, hidup dalam keenakan, sehingga dia kuat dan sombong.

Barang siapa yang tidak pernah menyiksa setannya di dunia ini dengan dzikrullah, tauhid, istighfar dan ketaatan pada Allah, ia bakal ‘disiksa’ oleh setannya di neraka. Hanya ada dua pilihan: manusia menyiksa setannya, atau ia disiksa oleh setannya”. Bada’i’ at-Tafsir (V/449-450).

Allah ta’ala berfirman,

“‌وَمَنْ ‌يَعْشُ ‌عَنْ ذِكْرِ الرَّحْمَنِ نُقَيِّضْ لَهُ شَيْطَانًا فَهُوَ لَهُ قَرِينٌ”

“Barangsiapa yang enggan mengingat Allah; niscaya Kami akan membiarkan setan (menyesatkannya) dan menjadi teman karibnya”. (QS. Az-Zukhruf[43]: 36)

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download mp3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian “Membaca Basmalah Saat Masuk Rumah” ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga menjadi pembuka pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.